Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Saat ini, gaji menjadi pertimbangan utama bagi pencari kerja atau jobseeker dalam melamar pekerjaan. Menyusul, kian tingginya standar hidup yang ada di masyarakat. Ini daftar 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia

oleh Septian Deny diperbarui 22 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 07:00 WIB
FOTO: Kurangi PHK, Pemerintah Beri Kelonggaran Pegawai di Bawah 45 Tahun
Pegawai pulang kerja berjalan di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, gaji menjadi pertimbangan utama bagi pencari kerja atau jobseeker dalam melamar pekerjaan. Menyusul, kian tingginya standar hidup yang ada di masyarakat.

Meski demikian, tidak semua pekerjaan menawarkan gaji tinggi bagi karyawannya. Terutama bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Lantas profesi apa yang memiliki gaji tinggi bagi pegawainya? Ini daftar 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia:

1. Suite (Corporate Suite)

Melansir laman ocbc.id, pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia di urutan pertama adalah level corporate suite, atau orang-orang dengan gelar Chief/Director. Berdasarkan data terbaru tahun 2021, gaji CEO di Indonesia bisa mencapai Rp130 juta hingga Rp250 juta per bulan.

"Akan tetapi, gaji sebesar ini hanya dapat diperoleh Chief dengan perusahaan yang sudah level unicorn atau di atasnya," tulis OCBC dilansir Senin (22/7/2024).

2. Manajer Perbankan

Pekerjaan dengan gaji tinggi selanjutnya adalah manajer perbankan, mulai dari tahap Regional, Senior, hingga General Manager (GM). Sebagai contoh, gaji seorang manajer perbankan bisa mencapai Rp 25 juta sampai Rp 40 juta. 

Sementara itu, di level regional, gaji manajer perbankan bisa mencapai Rp 80 juta hingga Rp 150 juta.

3. Ahli Pertambangan dan Perminyakan

Industri pertambangan dan perminyakan masih dalam kelompok atas profesi dengan gaji yang tinggi di Indonesia. Bahkan, pekerja di sektor tersebut berhak mendapatkan gaji besar meski levelnya masih pekerja teknis.

Berdasarkan survey terbaru di tahun 2021, gaji pekerja posisi teknis tambang sudah mencapai Rp13 juta - Rp15 juta per bulan. Sementara untuk posisi di atas level tersebut sudah mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Head Manajer Konstruksi

Suasana Jam Pulang Kantor Pekerja di Jakarta
Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikutnya ialah Head Manager di bidang konstruksi. Sebagai contoh, seorang Head Manager konstruksi bisa memperoleh gaji Rp80 juta sampai Rp250 juta per bulannya dengan pengalaman 10 sampai 15 tahun.

Menariknya, besaran gaji yang diperoleh tersebut belum menghitung komisi-komisi dari proyek yang berhasil dimenangkan perusahaan. Tak salah, jika minat Gen Z cukup tinggi untuk bekerja di sektor properti.

 

 


5.Head Manajer Finansial (Merangkap Investor Perusahaan)

Pemprov DKI Akan Dukung Pencabutan Status Pandemi Covid-19
Aktivitas pekerja saat jam pulang kantor di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bakal mendukung pemerintah pusat jika hendak mencabut satus pandemi Covid-19 menjadi endemi dan akan menyesuaikan program-program penunjang kebijakan tersebut. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menjadi manajer sekaligus investor finansial perusahaan adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi dan menantang. Apabila keputusan investasi dan penganggaran yang diambilnya sesuai, maka seorang manajer keuangan akan memperoleh bonus berlipat ganda. 

Akan tetapi, saat keputusannya meleset, manajer keuangan berisiko kehilangan pekerjaannya. Saat ini, gaji seorang manajer keuangan perusahaan ada di kisaran Rp10 juta hingga Rp80 juta.

Sebagai catatan, gaji tersebut di laut bonus dan tunjangan saat memenuhi target perusahaan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya