Kinerja 2023 Moncer, ASDP Setor Dividen ke Negara Rp 31 Miliar

ASDP sebagai salah satu BUMN sektor logistik yang berkontribusi dalam total dividen BUMN senilai Rp 85,52 triliun.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 23 Jul 2024, 15:45 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 15:45 WIB
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sukses melayani sekitar 45,6 juta penumpang kapal ferry sepanjang tahun 2023 di 37 pelabuhan yang dikeloa ASDP, dari Sabang sampai Merauke.
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sukses melayani sekitar 45,6 juta penumpang kapal ferry sepanjang tahun 2023 di 37 pelabuhan yang dikeloa ASDP, dari Sabang sampai Merauke. (Dok. ASDP)

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan nasional dengan menyumbang dividen sebesar Rp 31 miliar untuk tahun buku 2023.

Pencapaian ini menjadikan ASDP sebagai salah satu BUMN sektor logistik yang berkontribusi dalam total dividen BUMN senilai Rp 85,52 triliun.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengapresiasi kerja keras seluruh insan BUMN atas kontribusi positifnya bagi negara. “Dividen ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Kinerja gemilang ASDP Indonesia Ferry ini diraih melalui berbagai strategi efisiensi dan peningkatan operasional, termasuk:

  • Optimalisasi Layanan: ASDP telah melayani sekitar 290 rute penyeberangan di Tanah Air, dengan 70% di antaranya merupakan rute angkutan perintis yang menghubungkan daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP). Hal ini menunjukkan komitmen ASDP untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat di seluruh pelosok negeri.
  • Inovasi Digital: Transformasi digital, termasuk sistem pemesanan tiket online dan manajemen operasional berbasis teknologi, telah membantu dalam peningkatan efisiensi dan optimalisasi layanan.
  • Peningkatan Pendapatan: ASDP berhasil membukukan pendapatan Rp 5,032 triliun dan laba bersih Rp 637 miliar pada tahun 2023. Nilai laba ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah ASDP dan menunjukkan pertumbuhan 9% dibandingkan tahun 2022.

“Pencapaian ini adalah bukti bahwa strategi kami dalam meningkatkan layanan dan operasional telah berjalan,” kata Shelvy Arifin, Corporate Secretary ASDP, Selasa (23/7/2024).

"Kami akan terus berupaya menjaga dan meningkatkan kinerja keuangan kami, serta memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa penyeberangan,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Layanan ASDP?

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung kembali perhelatan MXGP
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung kembali perhelatan MXGP Seri ke-2 pada 6-7 Juli 2024 mendatang yang siap mengoperasikan 23 unit kapal dari Pelabuhan Padangbai-Bali ke Pelabuhan Lembar-Lombok. (Dok. ASDP)

Kontribusi ASDP ini tak hanya dalam bentuk dividen, tetapi juga melalui berbagai program dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti:

  • Membuka Peluang Ekonomi: ASDP membuka peluang ekonomi bagi daerah-daerah terpencil dengan meningkatkan konektivitas melalui penyeberangan.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat: ASDP menyediakan layanan penyeberangan yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.
  • Mendukung Ketahanan Pangan: ASDP memfasilitasi distribusi bahan pangan pokok ke berbagai daerah, sehingga membantu menjaga ketahanan pangan nasional.
  • Dengan berbagai pencapaian dan kontribusinya, ASDP telah menunjukkan komitmennya untuk menjadi BUMN yang unggul dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kinerja moncer ASDP ini menjadi bukti nyata bahwa BUMN mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya