Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka Agustus, Siap-Siap!

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas mengungkap pengumuman rekrutmen CPNS akan dibuka Agustus 2024, bulan depan. Dia mengatakan waktu tersebut mundur lantaran menunggu kelengkapan usulan formasi.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 29 Jul 2024, 15:22 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 15:22 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas mengungkap pengumuman rekrutmen CPNS akan dibuka Agustus 2024
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas mengungkap pengumuman rekrutmen CPNS akan dibuka Agustus 2024, bulan depan. Dia mengatakan waktu tersebut mundur lantaran menunggu kelengkapan usulan formasi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas mengungkap pengumuman rekrutmen CPNS 2024 akan dibuka Agustus 2024, bulan depan. Dia mengatakan waktu tersebut mundur lantaran menunggu kelengkapan usulan formasi.

Dia bilang proses verifikasi formasi CPNS sudah mencapai 97 persen. Hanya saja masih tercatat beberapa kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah yang belum mengirimkan usulan formasinya.

 

"Nah ini PNS sudah selesai verifikasinya sudah 97 persen yang CPNS, sehingga ini dalam waktu dekat segera akan diumumkan sekitar Agustus untuk rekrutmen CPNS," ungkap Azwar Anas, ditemui di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Jakarta, Senin (29/7/2024).

"Kenapa ini mundur? Kami masih menunggu ada K/L dan pemerintah daerah yang belum mengusulkan, maka kita tunggu mereka," sambungnya.

Menpan Anas menyampaikan, masih ada beberapa pihak tadi yang belum melengkapi usulan formasinya. Namun, dia tidak merinci K/L atau Pemda mana saja yang belum menyelesaikan proses tersebut.

"Saya harus cek, karena minggu lalu masih ada Kementerian belum mengirim formasi ke kami. Jadi kenapa ini agak terlambat karena ada beberapa kabupaten kota masih kita kejar supaya mengusulkan formasi ke kami, jangan sampai setelah ujian baru ribut," paparnya.

Masih Ada Verifikasi

Dia menegaskan, setelah proses usulan formasi CPNS tadi, masih ada verifikasi yang dilakukan. Ini untuk memastikan formasi yang diusulkan sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah.

"Setelah mengusulkan pun akan kita verifikasi formasinya sesuai dengan target nasional gak. Misalnya, kita kan minta ada auditor, ternyata mereka gak mengusulkan auditor, yang diusulkan tenaga teknis. Nah padahal tenaga teknis itu sudah ktia kurangi karena nanti terdisrupsi oleh digital misalnya," ungkapnya.

Menpan Anas mengakui masih ada temuan usulan formasi CPNS yang belum sesuai dengan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Sehingga dari situlah yang kita perlu verifikasi kadang yang diusulkan pemerintah daerah atau K/L belum sesuai dengan arahan presiden, sesuai dengan target prioritas kita," urai Anas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendaftaran CPNS 2024: Ini Syarat, Dokumen yang Disiapkan dan Cara Daftar

Ujian SKB CPNS Surabaya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Sebelumnya, Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2024 yang seharusnya dibuka pada Juni atau Juli 2024 masih belum memiliki kepastian terbaru.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rini Widyantini, menjelaskan bahwa persiapan pendaftaran CPNS 2024 membutuhkan proses yang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Formasi-formasi CASN yang diajukan oleh setiap kementerian/lembaga telah dikirim ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sedang dievaluasi untuk memastikan kesesuaiannya dengan alokasi yang telah ditetapkan.

Rini menyebut bahwa BKN saat ini sedang memvalidasi data-data tersebut agar sesuai dengan data Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada. Rini menegaskan bahwa penetapan rekrutmen akan dilakukan setelah data tersebut telah valid.

Saat ini, terdapat sebanyak 1,28 juta formasi CASN 2024 yang telah diajukan. Jumlah tersebut terdiri dari 427.850 formasi dari 75 kementerian dan lembaga, serta 862.174 formasi dari 524 pemerintah daerah.

Jumlah tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional yang mencapai 2,3 juta secara bertahap. ASN yang dimaksud dalam rekrutmen ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu CPNS 2024 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah terdaftar di database BKN.

Rini menjelaskan bahwa pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2024 masih memerlukan penetapan final dari seluruh kementerian/lembaga yang membuka formasi dalam rekrutmen tahun ini. Kementerian PANRB menargetkan agar penetapan seluruh 1,28 juta formasi tersebut dapat selesai pada akhir bulan ini, sehingga seleksi CPNS dapat dilaksanakan pada bulan Juli 2024.

Rini juga membuka kemungkinan untuk melaksanakan proses perekrutan tiga kali dalam setahun, sesuai dengan janji Menteri PANRB sebelumnya. Meskipun demikian, Rini mengungkapkan bahwa saat ini masih menunggu penetapan dari Menteri PANRB untuk mengetahui tanggal pasti pembukaan rekrutmen.


Kapan Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka?

800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Peserta mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pada awalnya, rencananya seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dibuka pada bulan Juni atau Juli 2024. Jumlah formasi CPNS yang telah disetujui untuk tahun 2024 mencapai 1.289.824, dengan 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 untuk instansi daerah. Menariknya, ini juga termasuk penempatan talenta digital yang akan bekerja di Institut Kepemimpinan Nasional (IKN) dan pemerintah daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS 2024 direncanakan akan dimulai pada bulan Juni atau Juli. Hal ini tentu menjadi kabar yang menarik bagi para calon peserta seleksi yang telah menantikan kesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari aparatur sipil negara.


Apa Saja Syarat Mendaftar CASN 2024?

Pelamar seleksi CASN atau CPNS 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan administrasi akan melanjutkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS mulai 09 November 2023. Dok BKN
Pelamar seleksi CASN atau CPNS 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan administrasi akan melanjutkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS mulai 09 November 2023. Dok BKN

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya harus dipenuhi oleh peserta CASN:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Kartu Keluarga (KK).

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

4. Ijazah.

5. Transkrip Nilai.

6. Pas Foto.

7. Swafoto atau Selfie.

8. Dokumen lain yang sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar. 


Link dan Cara Daftar CPNS

Ujian SKB CPNS Surabaya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Pendaftaran CPNS dan PPPK biasanya bisa dilakukan melalui situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn.bkn.go.id. Lebih jelasnya lagi berikut ini adalah cara mendaftar CPNS:

1. Masuk ke situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn.bkn.go.id.

2. Buatlah aku dengan menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

3. Setelah itu lakukan login dengan menggunakan NIK sebagai usernamenya dan password yang telah didaftarkan.

4. Kemudian isi biodata dengan lengkap dan akurat.

5. Pilih jenis seleksi formasi instansi serta jabatan yang sesuai dengan pendidikan.

6. Lengkapi dengan benar dan jelas data terkait pendidikan.

7. Unggah dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

8. Selanjutnya cek kembali kelengkapan data dan dokumen yang diunggah.

9. Cek kartu informasi hingga kartu pendaftaran.

10. Kemudian verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar tersebut.

11. Jika dokumen berhasil di verifikasi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan dinyatakan lulus dan pelamar bisa mencetak kartu ujian di akun SSCASN.

  

Infografis Syarat Pendaftaran CPNS 2021. Dok Twitter resmi @kempanrb
Infografis Syarat Pendaftaran CPNS 2021. Dok Twitter resmi @kempanrb
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya