Kekayaan Crazy Rich China Merosot Rp 211,9 Triliun

Kekayaan Zhong Shanshan kini berada di angka USD 54,8 miliar atau Rp.893,5 triliun.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 31 Jul 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Zhong Shanshan berisiko kehilangan posisi sebagai orang terkaya di China yang telah dipegangnya selama hampir tiga tahun, dengan kekayaannya yang paling merosot di antara para miliarder di seluruh dunia.

Melansir The Sydney Morning Herald, Rabu (31/7/2024) kekayaan Zhong Shanshan, yang dikenal sebagai bos perusahaan air minum Nongfu Spring Co di China telah merosot hingga USD 13 miliar atau sekitar Rp 211,9 triliun.

Kekayaan Zhong Shanshan kini berada di angka USD 54,8 miliar atau Rp.893,5 triliun, menurut Bloomberg Billionaires Index.

karena persaingan yang semakin ketat dan berbagai kemalangan yang melanda raksasa air minum dalam kemasan yang didirikannya.

Potensi pergantian kepemimpinan mencerminkan ekonomi konsumen yang semakin rumit untuk dinavigasi oleh bisnis, karena ekonomi China melambat dan persaingan dari merek-merek baru semakin ketat.

Dilaporkan, Nongfu Spring tengah mengalami persaingan yang cukup ketat di pasar air minum. Perusahaan yang terdaftar di Hong Kong itu juga dihadapi dengan perubahan sikap konsumen China yang menyerukan isu kesehatan.

Hal ini menyebabkan harga sahamnya anjlok hampir 20 persen sejak 1 Februari 2024, dibandingkan dengan kenaikan sekitar 6 persen untuk PDD, dengan produk-produknya yang sangat murah dan transaksi yang agresif.

"Masalah-masalah terkini dengan pengawas konsumen Hong Kong mengenai kualitas produk, meningkatnya persaingan di sektor tersebut di tengah menurunnya belanja konsumen, dan boikot awal tahun ini karena kekhawatiran atas praktik bisnis kemungkinan besar telah berkontribusi terhadap kekhawatiran ini," kata analis konsumen Bloomberg Intelligence, Ada Li.

Sebagian besar kekayaan Zhong Shanshan berasal dari saham di perusahaan minuman dan bisnis farmasi di China bernama Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Orang Terkaya Thailand Keluar dari Bisnis Real Estat

Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Perusahaan yang didirikan miliarder Thailand, Charoen Sirivadhanabhakdi, Thai Beverage (ThaiBev) mengungkapkan akan keluar dari bisnis real estat. 

Langkah tersebut dengan melepas seluruh sahamnya di Frasers Property yang berbasis di Singapura ke TCC Assets berdasarkan perjanjian pertukaran saham.

"Menyederhanakan fokus perusahaan terhadap bisnis minuman dan makanan dengan keluar dari bisnis properti dan meningkatkan eksposurnya terhadap minuman non-alkohol dan produk susu dapat menghasilkan potensi pemeringkatan ulang yang sejalan dengan perusahaan," Kata ThaiBev dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Marketscreener, Kamis (18/7/2024).

Perusahaan minuman yang dikendalikan salah satu orang terkaya di Thailand Charoen Sirivadhanabhakdi, mengatakan unitnya InterBev Investment akan mengalihkan 28,78% saham di Frasers Property ke TCC Assets yang berbasis di Thailand, yang sebagai imbalannya akan mengalihkan 41,30% kepemilikan saham di konglomerat Fraser dan Neave ke InterBev.

 


Pertukaran Saham

Pasar Saham di Asia Turun Imbas Wabah Virus Corona
Seorang pria melihat layar monitor yang menunjukkan indeks bursa saham Nikkei 225 Jepang dan lainnya di sebuah perusahaan sekuritas di Tokyo, Senin (10/2/2020). Pasar saham Asia turun pada Senin setelah China melaporkan kenaikan dalam kasus wabah virus corona. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pertukaran saham tersebut melibatkan saham senilai USD 1,60 miliar atau sekitar Rp.25,8 triliun menurut perhitungan Reuters.

Perusahaan ini akan menilai saham Frasers Property seharga SGD 1,89 masing-masing dan saham Fraser dan Neave masing-masing seharga SGD 3,55.

ThaiBev bertujuan untuk memperkuat segmen minuman non-alkohol dan Fraser dan Neave menargetkan untuk memperkuat merek minuman dan makanannya di Asia Tenggara melalui pertukaran saham.

Menurut Forbes, Charoen Sirivadhanabhakdi berada di urutan ketiga dalam daftar orang terkaya di Thailand tahun 2024. Sang miliarder dilaporkan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 10,9 miliar atau setara Rp.176,3 triliun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya