Sederet Jabatan Mentereng Bahlil Lahadalia Sebelum Ditunjuk Jokowi jadi Menteri ESDM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil menggantikan posisi Arifin Tasrif.

oleh Septian Deny diperbarui 19 Agu 2024, 13:15 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2024, 13:15 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dalam Konferensi Pers Kebijakan dan Implementasi Hilirisasi sebagai Bentuk Kedaulatan Negara, Jumat (30/6/2023). (Tira/Liputan6.com)
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dalam Konferensi Pers Kebijakan dan Implementasi Hilirisasi sebagai Bentuk Kedaulatan Negara, Jumat (30/6/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil menggantikan posisi Arifin Tasrif. (Tira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahlil menggantikan posisi Arifin Tasrif. 

Prosesi pengambilan sumpah Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Bahlil Lahadalia memulai kariernya di dunia usaha dengan mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan transportasi. Berawal dari nol, ia berhasil mengembangkan bisnisnya hingga menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Keberhasilannya ini tidak lepas dari kerja keras dan ketekunan yang ia tunjukkan sejak muda.

Melansir situs Kementerian Investasi/BKPM, sebelum diangkat menjadi anggota kabinet, Bahlil memiliki catatan profesional yang panjang. Pada 2003, namanya tercatat dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat.

Berikut Sederet Jabatan Bahlil Lahadalia

  • Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ke-16 (12 Februari 2015 – 23 Oktober 2019)
  • Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ke-19 (23 Oktober 2019 – 19 Agustus 2024)
  • Menteri Investasi Indonesia ke-4 (28 April 2021 – 19 Agustus 2024)
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia ke-19 (Mulai menjabat 19 Agustus 2024)

Profil Bahlil Lahadalia

Melansir situs Kementerian Investasi/BKPM, sebelum diangkat menjadi anggota kabinet, Bahlil memiliki catatan profesional yang panjang. Pada 2003, namanya tercatat dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat. 

Setelah memiliki berbagai pengalaman dalam organisasi dan memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi, Bahlil memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan sendiri. Inilah awal kesuksesan pria Papua ini.

Melihat begitu banyaknya sumber daya alam yang melimpah di tanah Papua, Bahlil Lahadalia membuka peluang untuk membuka usaha. Kini ia memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai perusahaan induk.

Adapun, melansir dari situs Majelis Wali Amanat, Universitas Hasanuddin, pria kelahiran 7 Agustus 1976 itu mengenyam pendidikan di Maluku, dari SD N 1 Seram Timur hingga SMP N 1 Seram Timur sebelum pindah ke Fakfak, (tempat ayahnya berasal) untuk melanjutkan ke SMA YAPIS Fakfak. 

Ayah Bahlil memutuskan untuk belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay di Jayapura, sebuah perguruan tinggi swasta lokal. Selama menjadi mahasiswa, ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam di Papua, hingga akhirnya menjabat sebagai Bendahara Umum Pimpinan Nasional Himpunan Mahasiswa Islam.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahlil Bakal Daftar Jadi Calon Ketua Umum Partai Golkar Senin Malam 19 Agustus 2024

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Media Center Pro Pemerintah di Jalan Diponegoro No 15A, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023). Bahlil mengungkapkan mengenai rencana pembukaan kembali TikTok Shop. (Tira/Liputan6.com)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Media Center Pro Pemerintah di Jalan Diponegoro No 15A, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023). Bahlil mengungkapkan mengenai rencana pembukaan kembali TikTok Shop. (Tira/Liputan6.com)

Sebelumnya, Politikus Golkar Bahlil Lahadalia mengaku akan akan mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum Partai Golkar hari ini, Senin (19/8/2024).

Hal itu disampaikan Bahlil Lahadalia usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Entar malam, daftar dong!,"kata Bahlil di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8/2024).

Saat disinggung awak media apakah dirinya yakin akan menjadi Ketua Umum Partai Golkar selanjutnya, Bahlil Lahadalia menjawab hanya Tuhan yang tahu soal itu.

"Wallahu a'lam bishawab (Allah yang Maha Mengetahui)," jelas Bahlil.

Sedikit menyinggung soal dukungan DPD yang sudah mendukungnya, Bahlil enggan menjawab.

Diketahui, pada hari ini, Senin (19/8/2024), Partai Golkar mempersilakan bagi para kadernya untuk mendaftar sebagai Calon Ketua Umum pengganti Airlangga Hartarto yang mundur sejak 10 Agustus 2024.

Usai mundur, sementara waktu kursi kepemimpinan Golkar dipegang oleh Agus Gumiwang sebagai Pelaksana Tugas atau Plt Ketua Umum.

Nantinya, pemilihan Ketua Umum Partai Golkar yang baru akan dilaksanakan pada Selasa 20 Agustus 2024. Sosok terpilih akan dikukuhkan pada keesokan harinya, Rabu 21 Agustus 2024.

Sebelumnya, Rapat Pleno Partai Golkar yang berlangsung Selasa 13 Agustus 2024 di DPP Golkar, Jakarta, telah memutuskan pengganti sementara Airlangga Hartarto, yang memutuskan mundur dari jabatan sebagai ketua umum.

Hasilnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) disepakati secara musyawarah mufakat oleh para peserta rapat yang terdiri dari seluruh perwakilan DPD Partai Golkar seluruh Indonesia.

"Rapat Pleno sudah mensahkan Plt ketua umum Pak Agus Gumiwang," kata Meutya Hafid selaku Ketua DPP Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2024.

 


Detik-Detik Serah Terima Jabatan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Arifin Tasrif

Prosesi serah terima jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) antara Arifin Tasrif dan Bahlil Lahadalia dilakukan di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Arief RH)
Prosesi serah terima jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) antara Arifin Tasrif dan Bahlil Lahadalia dilakukan di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Foto: Liputan6.com/Arief RH)

Prosesi serah terima jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) dilakukan di Kementerian ESDM, Jakarta. Pada momen ini, dilakukan penyerahan jabatan dari Arifin Tasrif ke Bahlil Lahadalia.

Pelantikan Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM telah dilakukan di Istana Negara, Senin 19 Agustus 2024 pagi tadi. Prosesi serah terima jabatan dari Arifin Tasrif ke Bahlil Lahadalia dimulai sekitar pukul 11.05 WIB di Gedung Sarulla, Kementerian ESDM, Jakarta. 

Arifin dan Bahlil terlihat masuk ke ruangan sertijab Menteri ESDM secara bersamaan. Arifin maupun Bahlil terlihat mengenakan setelan jas resmi berwarna hitam. Keduanya sama-sama menghiasi pakaiannya dengan dasi berwarna merah.

"Selamat kepada Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM dan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian ESDM," kata Arifin Tasrif dalam sambutannya, Senin (19/8/2024).

Ada sejumlah mantan Menteri ESDM yang juga hadir. Termasuk Ignasius Jonan, Sudirman Said hingga Mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Susilo Siswoutomo.

Beberapa lembaga terkait juga terlihat menghadiri sertijab Menteri ESDM. Yakni, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas. Tak lupa, sejumlah direksi BUMN sektor ESDM juga turut hadir di ruangan yang sama.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet hari ini, Senin, 19 Agustus 2024. Ada beberapa Menteri yang diganti, tetapi ada Menteri yang posisinya akan digeser. 

Sejumlah nama yang kencang dalam isu perombakan kabinet ini adalah Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrin diganti Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi. Sedangkan, posisi Menteri Investasi dikabarkan akan diisi oleh Rosan Roeslani. Bahlil dilantik menjadi Menteri Investasi Indonesia pada 28 April 2021. 

 

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya