Jurusan Kuliah yang Berpotensi Lulus Seleksi CPNS, Apa Saja?

Pemerintah telah mengumumkan pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024. Pendaftaran CPNS 2024 ini bisa diakses melalui link nantinya bisa dilakukan melalui link sscasn.bkn.go.id. Lantas apa saja lulusan kuliah yang memiliki potensi besar lulus CPNS?

oleh Septian Deny diperbarui 26 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 12:00 WIB
Pelamar seleksi CASN atau CPNS 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan administrasi akan melanjutkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS mulai 09 November 2023. Dok BKN
Pemerintah telah mengumumkan pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024. Pendaftaran CPNS 2024 ini bisa diakses melalui link nantinya bisa dilakukan melalui link sscasn.bkn.go.id. Lantas apa saja lulusan kuliah yang memiliki potensi besar lulus CPNS? Dok BKN

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah mengumumkan pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024. Pendaftaran CPNS 2024 ini bisa diakses melalui link nantinya bisa dilakukan melalui link sscasn.bkn.go.id.

Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN mulai tanggal 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB sampai dengan 06 September 2024.

Adapun informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi.

Lantas apa saja lulusan kuliah yang memiliki potensi besar lulus CPNS? Berikut ulasannya:

1. Kesehatan

Jurusan kesehatan seperti kedokteran atau perawat memiliki peluang besar dalam seleksi CPNS. Formasi untuk jurusan ini biasanya tersedia di kementerian kesehatan serta pemerintah daerah.

2. Pendidikan

Lulusan dari berbagai jurusan Pendidikan memiliki peluang tinggi untuk lolos CASN. Tahun ini, pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS part time melalui seleksi juga akan dilakukan.

3. Teknologi Informasi

Pemerintah Indonesia kini sedang gencar mengembangkan dunia digital. Oleh karena itu, lulusan dari jurusan Teknologi Informasi sangat dibutuhkan. Jurusan ini diperkirakan akan memiliki banyak formasi dalam seleksi CPNS.

4. Hukum Lulusan S1

Hukum sangat dicari dalam rekrutmen CPNS, terutama karena Kejaksaan Agung RI sedang kekurangan tenaga Jaksa dan banyak jaksa yang sudah memasuki usia pensiun.

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Digitalisasi tidak hanya terkait dengan programming, tetapi juga branding dan marketing. Lulusan DKV atau graphic design sangat dibutuhkan untuk membuat konten menarik yang akan disebarkan di media sosial dan website. Tidak heran jika lulusan ini berpotensi lulus CPNS.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jurusan Selanjutnya

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

6. Ilmu Politik dan Pemerintahan

Jurusan ini sering kali memiliki formasi di Mahkamah Agung, BPPU, hingga BAPPEDA, sehingga peluangnya cukup besar dalam seleksi CPNS.

6. Cyber Security Lulusan S1 Cyber Security memiliki peluang besar tahun ini, mengingat meningkatnya kejahatan di dunia digital. Keahlian mereka sangat dibutuhkan untuk melindungi data-data penting suatu lembaga.

8. Bahasa Inggris Lulusan jurusan Bahasa Inggris memiliki banyak peluang untuk mendaftar di Kementerian Luar Negeri atau Kejaksaan Agung RI, menjadikannya salah satu jurusan kuliah yang cepat menjadi PNS.

 

 


Jurusan Lain

Melihat Tes SKD CPNS di Jakarta
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

9. Matematika dan Statistika Lulusan

Matematika dan Statistika sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun swasta yang sedang melakukan digitalisasi. Mereka bisa berperan sebagai data analyst yang tugasnya mengumpulkan, menganalisis, serta menyajikan data.

10. Ilmu Komputer

Seperti Teknologi Informasi, jurusan Ilmu Komputer juga akan banyak dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS dan PPPK. Pemerintah diprediksi akan melakukan banyak manuver data ke bagian teknologi.

Bagi Anda yang berasal dari jurusan-jurusan tersebut, ini adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan diri dan memanfaatkan peluang emas dalam seleksi CPNS..

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya