Tak Semua Ojol Ikut Demo Hari Ini, Sebagian Driver Tetap Ambil Orderan

Beberapa kelompok rekan-rekan ojek online (ojol) dan kurir lokal Jabodetabek melakukan aksi damai pada hari ini Kamis 29 Agustus 2024.

oleh Septian Deny diperbarui 29 Agu 2024, 17:45 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 17:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi demo Ojol di Depan Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, (Foto : Titoisnau)

 

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Roda Dua Nasional Garda Indonesia, menyebut beberapa kelompok rekan-rekan ojek online (ojol) dan kurir lokal Jabodetabek melakukan aksi damai pada hari ini Kamis 29 Agustus 2024. Aksi demo damai para ojol dan kurir agar tuntutan yang akan diutarakan baik kepada perusahaan aplikasi maupun kepada pihak Pemerintah didengar.

Namun di tengah ajakan untuk mematikan aplikasi untuk aksi unjuk rasa dari para pengemudi ojol dan kurir yang dilaksanakan pada hari ini di area Medan Merdeka, Jakarta, ternyata banyak komunitas driver yang enggan menuruti imbauan tersebut.

Salah satunya adalah komunitas ojol yang berada di Depok, Jawa Barat, yang tergabung dalam Grab Depok Bersatu (GDB), memastikan akan tetap bekerja seperti biasa, tidak mematikan aplikasi, agar penumpang tidak dirugikan.

Ketua GDB Firmansyah yang akrab disapa Cang Ite, menyatakan bahwa mereka menghargai tuntutan sejumlah driver, namun ia memastikan seluruh anggota di di bawah GDB yang terdiri dari 24 komunitas, dengan total anggota lebih dari 1500 orang, tetap on bid, mengambil pesanan dari pelanggan setia ojol.

"Kami komunitas ojek online Grab Depok Bersatu menyatakan sikap untuk tetap On Bid," tegas Cang Ite, Kamis (29/8/2024).

Menurut dia, setiap pilihan, perlu dihargai karena masing-masing ojol, memiliki kebutuhan berbeda-beda, misal kebutuhan ekonomi keluarga dan juga bagian dari pekerjaan yang harus dituntaskan.

Di sisi lain, ia juga mengkritisi, ketika ada tuntutan demo, justru ada provokasi sweeping dan bom orderan fiktif, yang ujungnya merugikan driver.

"Kami percaya kalau demokrasi itu saling menghargai perbedaan pendapat, jadi hargai juga dong driver yang masih mencari nafkah untuk keluarga. Sampai hari ini, penghasilan kami masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan Keluarga. Komunitas kami tidak mendukung adanya demo disertai dengan tindakan sweeping dan bom fiktif, kami tetap OnBid untuk Keluarga Kami," tegasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tetap Ambil Orderan

Pengemudi Ojol Demo di Patung Kuda Tuntut Payung Hukum
Mereka menuntut pemerintah memberikan regulasi dan payung hukum untuk profesi pengemudi ojek online. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komunitas yang tergabung dalam Korwil Jakarta Utara juga menyatakan sikap untuk tetap ambil orderan pada hari ini. Mansyur yang merupakan ketua komunitas menyebutkan bahwa ia dan anggotanya tetap akan fokus melayani masyarakat.

“Kami tetap menghargai keputusan teman-teman seperjuangan untuk ikut demo ke Patung Kuda hari ini, namun khusus komunitas Korwil Jakarta Utara dan URC Jakarta Utara akan tetap onbid seperti biasa untuk penuhi kebutuhan keluarga masing-masing. Kami harap teman-teman yang turun ke jalan juga tetap bisa hargai keputusan ini dan tidak melakukan sweeping atau tindakan yang akan merugikan sesama ojol," ungkap dia.

Sejatinya, banyak komunitas ojol lain juga memiliki sikap senada, untuk tetap on bid alias melayani konsumen masyarakat pengguna ojol.

isal, Front Driver Online Tolak Aplikator Nakal (Frontal) Jawa Timur memastikan bahwa tidak ada aksi unjuk rasa turun ke jalan pada hari ini, Kamis (29/8). Hal ini ditegaskan oleh Daniel Lukas Rorong, Ketua Frontal yang menyampaikan bahwa, rekan-rekan ojek online maupun taksi online di Jawa Timur tetap beroperasi memberikan layanan terbaiknya.

“Iya, benar. Tak ada aksi unjuk rasa turun ke jalan pada hari ini," ucapnya.

 


Tak Ikut Demo

Demo Ojol
Unjuk rasa yang digelar oleh pengemudi ojek online (ojol) di Patung Kuda, Jakarta Pusat, memanas pada Kamis (29/8/2024). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi).

Sementara itu, dua komunitas di Jawa Barat yakni Generasi Online Independen Bandung (GOIB) dan Pengemudi Online Satu Komando Jawa Barat (POSKO Jabar) juga menyebutkan tidak akan berpartisipasi dalam demo di Jakarta maupun mengadakan demo di Bandung. Semua anggota akan beraktivitas seperti biasa sebagaimana disebutkan dalam surat edaran yang diterbitkan keduanya.

"Kami akan tetap on bid seperti biasa ya, juga kami ingin kondusif. Tentu kami mendoakan rekan rekan yang turun aksi," ujar Bambang Sugiarto,Ketua GOIB.

Ketua Umum Komunitas Pengemudi Online Satu Komando Jawa Barat (Posko Jabar) Pipin Sopyan menjelaskan, juga memastikan anggotanya tetap on bid, dan beraktifitas seperti biasa, mengambil pesanan dari masyarakat. Mengenai proses penyesuaian tarif, mereka sudah menyampaikan aspirasi pada DInas Perhubungan Kota Bandung.

"Posko Jabar mengimbau anggota untuk beraktivitas seperti biasa," ucap Pipin.

Di Serang, Komunitas Ojol Serang Bersatu, juga memiliki sikap senada, tetap on bid alias melayani masyarakat seperti biasa, dan tidak mematikan aplikasi. Karena itu, jika pun ada anggota yang melakukan aksi, itu merupakan tanggung jawab pribadi, dan tidak membawa aspirasi komunitas. Komunitas Ojol Serang Bersatu mengimbau anggota tetap beraktifitas seperti biasa dan fokus memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya