Mengenal Bernard Arnault, Miliarder Pemilik Lebih dari 70 Merek Mewah Dunia

Sebagai ketua dan CEO dari LVMH, Bernard Arnault mengendalikan lebih dari 70 merek mewah terkemuka di dunia, termasuk Christian Dior, Louis Vuitton, Moët et Chandon, Hennessy, Sephora, TAG Heuer, dan Tiffany.

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 02 Sep 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 21:00 WIB
Bernard Arnault
CEO LVMH Bernard Arnault mengumumkan hasil grup tahun 2022 di markas LVMH di Paris pada 26 Januari 2023. (Stefano Rellandini/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pendiri dan CEO dari Moët Hennessy Louis Vuitton SA (LVMH) Bernard Arnault mengendalikan sekitar 50% saham perusahaan konglomerasi yang memiliki lebih dari 70 merek mewah terkemuka di dunia. Merek-merek tersebut antara lain Christian Dior, Louis Vuitton, Moët et Chandon, Hennessy, Sephora, TAG Heuer, dan Tiffany.

Dikutip dari investopedia, Senin (2/9/2024), Arnault memiliki awal karier yang tidak biasa untuk seorang CEO di industri mode. Arnault memulai kariernya sebagai insinyur dan pengembang properti di perusahaan teknik sipil milik keluarganya di kawasan industri Prancis utara.

Pada 1984, ia memiliki ambisi yang jauh melampaui konstruksi dan ia mulai melakukan serangkaian langkah berani dan kejam untuk mengambil alih perusahaan yang dapat ia tingkatkan di tingkat global.

Untuk mencapai tujuan itu, ia membeli Boussac milik konglomerat Prancis yang terkenal (tetapi bangkrut), sehingga ia dapat mengambil alih salah satu bisnis di bawah naungannya: The House of Dior, hadiah yang telah ia idamkan selama bertahun-tahun.

Setelah menjual sebagian besar aset lainnya, ia menginvestasikan kembali uang tunai tersebut ke target mewah berikutnya: Moët Hennessy dan Louis Vuitton.

Langkah Arnault berikutnya adalah permainan kekuasaan yang membuatnya terkenal di seluruh Eropa. Begitu masuk ke LVMH, ia memanfaatkan perseteruan konstan antara kedua CEO tersebut untuk mengamankan kepentingan pengendalian dan kemudian menggulingkan kedua CEO tersebut.

Setelah memenangkan perseteruan tersebut, ia menjadi Ketua CEO, dan pemegang saham mayoritas LVMH sebuah jabatan yang masih dipegangnya hingga Juli 2024.

Selama tiga dekade berikutnya, ia menggabungkan aset Boussac yang sudah tidak beroperasi (termasuk Dior) dengan merek-merek LVMH dan puluhan perusahaan yang diakuisisi untuk menciptakan konglomerat mewah paling kuat di dunia dengan pendapatan sebesar €86,2 miliar (sekitar USD 93 miliar) pada tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kembali ke Perancis

Bernard Arnault
Chairman, sekaligus Chief Executive LVMH Bernard Arnault berpose setelah presentasi program "Kehidupan" lingkungan grup (LVMH Initiatives For the Environment) pada 25 September 2019 di kantor pusat LVMH di Paris. Prancis. (ERIC PIERMONT/AFP)

Saat Bernard Arnault kembali ke Prancis pada tahun 1984, dia memulai langkah awal menuju penguasaan grup barang mewah terbesar di dunia.

Arnault memulai langkah pertamanya pada tahun 1984, saat pemerintah Prancis menawarkan subsidi kepada bisnis yang dapat menyelamatkan Boussac, sebuah kekaisaran tekstil dan ritel yang terkenal tetapi sedang merosot, yang memiliki beberapa bisnis yang berjuang di bawahnya termasuk hadiah terkenal yang diidamkan Arnault selama bertahun-tahun: Rumah Dior.

Dengan uang keluarga sebesar USD 15 juta dan USD 65 juta dari firma investasi Lazard Frères, Arnault membentuk perusahaan induk (Agache Financière) dan mengakuisisi Boussac yang bangkrut hanya untuk mendapatkan Dior.

Metode yang sangat efektif, namun dianggap kejam oleh beberapa orang, yang digunakannya untuk membalikkan keadaan Boussac membuat Arnault dikenal sebagai "kekuatan yang harus diperhitungkan dalam bisnis Prancis."

Meskipun divisi haute couture Christian Dior tidak menguntungkan pada saat Arnault mengambil alih, dia menganggap rumah mode tersebut sebagai "elemen fundamental dari prestise merek Dior." Alih-alih menjualnya, dia membentuk Christian Dior S.A. sebagai perusahaan induk dan mulai menyegarkan merek tersebut dengan perekrutan desainer muda yang mengejutkan industri.

Setelah merekrut desainer Italia Gianfranco Ferré, Arnault kembali mengejutkan Prancis pada tahun 1996 dengan menunjuk desainer Inggris John Galliano sebagai kepala Dior. Kepada para kritikus, Arnault mengatakan bahwa "talent tidak memiliki kewarganegaraan."


Mulai Akuisisi

Bernard Arnault
Chairman, sekaligus Chief Executive LVMH Bernard Arnault bersama putrinya Delphine Arnault berpose setelah presentasi program "Life" (LVMH Initiatives For the Environment) pada 25 September 2019 di kantor pusat LVMH di Paris. (ERIC PIERMONT/AFP)

Untuk melindungi citra merek "kualitas dan eksklusivitas dibandingkan kuantitas dan aksesibilitas," yang juga dianggap penting untuk prestise Dior, dia bekerja dengan tim barunya dengan mengurangi jumlah pemegang lisensi dan butik berlisensi Dior dari 280 pada tahun 1989 menjadi kurang dari 150 pada tahun 1992.

Setelah mengamankan Rumah Dior sebagai batu loncatan untuk kekaisaran masa depannya, Arnault meluncurkan program akuisisi strategis untuk mengambil alih merek-merek eksklusif yang memenuhi kriteria "hanya yang terbaik," termasuk rumah mode Christian Lacroix dan Celine, serta wewangian Dior dan Givenchy.

Seperti yang dilakukannya di Dior, dia membatalkan kesepakatan lisensi yang dianggap merugikan merek strategi yang menjadi bagian dari buku pedoman Arnault dalam akuisisi barang mewah selama 30 tahun ke depan.

Pada 1987, dengan USD 500 juta dari penjualan bisnis Boussac, Bernard Arnault mulai menginvestasikan uangnya ke dalam target mewah berikutnya: Moët Hennessy dan Louis Vuitton, dua perusahaan Prancis ikonik yang bergabung menjadi LVMH tahun itu.

Arnault awalnya berinvestasi di LVMH atas undangan CEO Louis Vuitton, Henry Racamier, yang menginginkan dukungannya untuk menguatkan posisinya melawan Alain Chevalier, CEO Moët Hennessy yang jauh lebih besar. Sejak penggabungan, terjadi pertikaian dan pertempuran hukum antara Racamier dan Chevalier dan ini menjadi kesempatan yang dibutuhkan Arnault.

Ketika Racamier menyadari bahwa sekutunya memiliki ambisi sendiri, Arnault telah melibatkan Lazard Frères, raksasa minuman keras Inggris Guinness, serta keluarga Moët Chandon dan Hennessy untuk membantunya mengamankan 45% saham pengendali di LVMH.

 


Mengelola Bakat Kreatif

Saat Arnault membangun LVMH menjadi konglomerat mewah terbesar di dunia, dia merekrut bakat desain baru untuk merek bintang yang "berbicara kepada zaman" tetapi "terasa sangat modern": dari Céline, Kenzo, Guerlain, dan Givenchy hingga Loewe, Thomas Pink, Fendi, dan DKNY.

Karena modelnya memerlukan bahwa "penyeimbang kreativitas harus perdagangan," Arnault "tidak pernah ragu untuk mengekang, atau bahkan memecat, eksekutif kreatif yang tidak menghasilkan."

Sejak hari-hari awal di Dior, dia sering mengganti eksekutif kreatif dengan bakat non-tradisional dan kemudian memindahkan mereka di berbagai mereknya untuk membantunya mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan keuntungan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya