Penjualan AEON di Indonesia Tumbuh 130%, Tahun Depan Mau Buka di Luar Jabodetabek

AEON menargetkan bisa membuka 5 toko baru di Indonesia. Hal ini untuk mempertahankan rasio pertumbuhan di Indonesia tetap naik dan positif.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 05 Sep 2024, 15:20 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 15:20 WIB
Pasca Pandemi, Rasio Pertumbuhan AEON di Indonesia Capai 130 Persen
Perusahaan retail internasional asal Jepang, AEON, mengaku rasio pertumbuhan tokonya di Indonesia semakin positif terlebih selepas pandemi COVID-19. Tercatat, rasio pertumbuhannya mencapai 130 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan retail internasional asal Jepang, AEON, mengaku rasio pertumbuhan tokonya di Indonesia semakin positif terlebih selepas pandemi COVID-19. Tercatat, rasio pertumbuhan penjualan AEON sudah mencapai 130 persen dibanding sebelum pandemi covid-19.

"Untuk rasio pertumbuban AEON semenjak pasca-pandemi atau selama endemi ini, growth tumbuh 130 persen,"ungkap President Director AEON Takahiro Osugi, saat Press Conference pembukaan Aeon di Mal Ciputra Kabupaten Tangerang, Kamis (5/9/2024).

Takahiro pun mengaku, AEON sudah berada di Indonesia sejak 2015, hingga 2024 ini sudah ada 11 toko yang beroperasi di dalam negeri. Antara lain meliputi tipe supermarket, health and beauty, hingga tipe departement store.

Sehingga, pertahunnya, AEON menargetkan bisa membuka 5 toko baru di Indonesia. Hal ini untuk mempertahankan rasio pertumbuhan di Indonesia tetap naik dan positif.

"Kalau untuk tahun depan atau 2025, strategi kami keluar dari area Jabodetabek. Misalnya kota Bandung dan beberapa kota lainnya,"ujar Takahiro.

Meski bertekad menambah terus jumlah toko baru, Takahiro mengaku, pihaknya tak asal dalam menentukan kota mana ataupun menggaet mall mana yang akan menjadi mitranya. Melainkan harus melakukan survey dan penelitian terlebih dulu, agar bisa sesuai dengan target pasar yang diharapkan.

"Seperti di Ciputra Mall ini, ini pertama kali kami membuka di area ini, namanya retail ada kekhawatiran di awal. Tapi kalau melihat antusiasme para pelanggan, ekspektasi pelanggan yang sangat besar, kami jadi merasa bahagia,"katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertama Kali Digandeng Ciputra Mall

Sementara itu, beroperasinya AEON ini merupakan hasil kolaborasi pertama antara Ciputra Group dan AEON Indonesia. Dengan kehadiran retail asal Jepang itu, Mal Ciputra Tangerang semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu destinasi belanja dan rekreasi di wilayah Tangerang. 

"Kehadiran AEON memperkuat posisi Mal Ciputra sebagai salah satu destinasi belanja dan rekreasi di wilayah Tangerang," ujar Managing Director Grup Ciputra, Budiarsa Sastrawinata.

Dia juga menyebut, dengan kehadiran AEON, Mal Ciputra akan mengalami peningkatan signifikan dalam hal kenyamanan belanja serta variasi produk yang ditawarkan dan dikenal dengan konsep ritel yang ramah lingkungan serta menyediakan produk-produk berkualitas dari Jepang.

"Ini akan menjadi daya tarik baru bagi pengunjung, sekaligus menambah nilai Mal Ciputra Tangerang sebagai tempat belanja yang lengkap dan nyaman. Sebagai bagian dari upaya untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan pengunjung, kami saat ini sedang menjalani proyek perluasan atau extension mall," ungkapnya.

Sementara pantauan di lokasi pembukaan, store AEON di dalam mal tersebut, tampak diserbu ribuan pengunjung. Mereka menginginkan berbagai sajian kuliner khas Jepang dan Korea Selatan, seperti sushi, berbagai karage, mochi, dan sebagainya.

Bahkan, pengelola toko harus menutup selama satu jam, untuk mengurai antrian yang masih ada di area luar dan dalam toko. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya