Proyek Transportasi BRT-LRT Bandung Raya Bakal Ditawarkan di WJIS 2024

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Nining Yuliastiani menuturkan, pada WJIS 2024, secara total ada 210 proyek investasi.

oleh Agustina Melani diperbarui 17 Sep 2024, 23:57 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 23:57 WIB
Gedung Sate, Bandung
Proyek transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya bakal ditawarkan pada ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2024. (Dikdik Ripaldi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) Jawa Barat akan menawarkan proyek transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya pada ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2024 atau WJIS 2024.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Nining Yuliastiani setelah  acara Bewara Jawa Barat (BEJA) Volume 10 bertajuk WJIS 2024 di Gedung Sate Bandung, Selasa (17/9/2024), seperti dikutip dari Antara.

Nining mengatakan, angkutan massal itu menjadi salah satu proyek yang ditawarkan terkait connectivity di WJIS 2024 kepada peserta calon investor.  "BRT maupun LRT masih terbuka masih open investasinya dalam operasionalnya," ujar Nining.

Nining menuturkan, dalam WJIS 2024 ini, secara total ada 210 proyek investasi yang terbagi atas 170 proyek potensial dan 40 proyek ready to offer pada WJIS 2024 yang berada di kawasan Rebana. Ia menuturkan, kawasan Rebana dan sekitarnya terutama Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) memang butuh dikembangkan lebih lanjut untuk pemerataan pembangunan.

"Rencananya kawasan Rebana ini adalah koridor lanjutan dari industei yang ada di Karawang, Bekasi. Artinya menjadi supply chain bagi yang eksisting sekarang," tutur dia.

Nining mengatakan, dalam gelaran tersebut, akan dilakukan talkshow yang berkaitan dengan supply chain atau rantai pasok yang akan mengungkap kepastian akan ketersediaan kebutuhan industri di masa depan, yang dalam hal ini, memaksimalkan UMKM sebagai penyedia kebutuhan industri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemitraan dengan UMKM

UMKM Diajak Manfaatkan Fasilitas GSP Ekspor Produk ke AS
Pekerja membuat mebel di kawasan Tangerang, Selasa (3/11/2020). Kementerian Koperasi dan UKM mengajak para pelaku UMKM yang telah siap mengekspor untuk memanfaatkan Generalized System of Preference (GSP). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Di sini kita berusaha untuk bisa mengedepankan, kaitannya kemitraan dengan IKM atau UMK yang ada di Jawa Barat ini untuk bisa masuk ke dalam supply chain industri besar ataupun yang berorientasi ekspor," ujar Nining.

Dia menuturkan, hal ini harus disiapkan bagaimana UMKM memiliki daya saing dan kompetensi dalam memenuhi kebutuhan industri. "Untuk bisa menjadi penyuplai atau kemudian menyediakan suplai terhadap proses produksi yang ada, ataupun bahan baku yang diperlukan," kata dia.

Nining berharap, nantinya industri yang masuk kebutuhannya dapat dipenuhi oleh UMKM secara penuh. "Sehingga UKM kita terlibat lebih aktif. Itu nanti yang kita lakukan di West Java Investment Summit," ujar dia.

WJIS 2024 dijadwalkan akan dilaksanakan pada Kamis, 19 September 2024 dengan ada 210 proyek yang ditawarkan.


Urai Kemacetan di Bandung, Jokowi Minta Pemprov Jawa Barat Kaji LRT

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (23/8/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut angkat bicara perihal rencana harga BBM naik untuk subsisi jenis Pertalite.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Jawa Barat segera mengkaji rencana Light Rail Transit (Lintas Raya Terpadu/LRT) yang akan mengintegrasikan Bandung Selatan dengan utara. Hal ini juga sekaligus mengurai kemacetan.

Permintaan Jokowi itu disampaikan saat rapat terbatas mengenai integrasi transportasi public di Istana Kepresidenan, Rabu (27/9/2023) seperti dikutip dari Antara.

Pejabat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin menuturkan, untuk mengimplementasikan rencana itu, pihaknya akan segera berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan untuk menggali lebih detil LRT. Hal ini agar kajiannya tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Bey menambahkan, Presiden Jokowi juga meminta Jabar untuk menggencarkan agar transformasi kendaraan pribadi ke transportasi public terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Arah Presiden semua transportasi sebaiknya terintegrasi untuk memudahkan dan memindahkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi publik,” ujar dia.

 

 


Harus Ada Inovasi Khusus

Ia menuturkan, diharapkan kemacetan di kawasan metropolitan seperti Bandung Raya dan Jabodetabek dapat dikurangi dan kerugian akibat kemacetan itu dapat didegrasdasi yang sampai mencapai puluhan bahkan ratusan triliunan rupiah.

“Jadi presiden mengingatkan harus ada inovasi khusus dalam pembangunan atau terintegrasinya transportasi publik,” ujar Bey.

Selain itu, Jokowi menginstruksikan kereta cepat Whoosh dari Stasiun Tegalluar dengan transportasi lainnya ke Kota Bandung. Bey menuturkan, Presiden Jokowi ingin Whoosh terhubung dengan feeder, terutama transportasi jenis kereta di stasiun-stasiun sekitar, untuk mempermudah akses masyarakat.

“Kita tahu Whoosh sudah terintegrasi dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Kota Bandung menggunakan kereta feeder. Titik lainnya seperti Tegalluar juga segera ada kereta feeder ke Kota Bandung atau tujuan sekitarnya,” tutur Bey.

Infografis LRT Jabodebek
Infografis LRT Jabodebek (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya