Resmikan Tol Solo-Yogyakarta Seksi Kartasura-Klaten, Jokowi Kenang Masa Kuliah Naik Motor

Presiden Joko Widodo meresmikan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis.

oleh Septian Deny diperbarui 19 Sep 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 17:15 WIB
Jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka fungsional pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 dalam rangka menyambut Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). (Tira/Liputan6.com)
Jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka fungsional pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 dalam rangka menyambut Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). (Tira/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meresmikan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis.

“Alhamdulillah sore ini jalan tol ruas Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Seksi 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km sudah selesai dan siap dioperasikan,” kata Jokowi dikutip dari Antara, Kamis (19/9/2024).

Ia mengatakan pembangunan tersebut dilakukan dari tahun 2021 dan selesai pada tahun 2024 dengan menelan anggaran sebesar Rp5,6 triliun.

Presiden mengatakan dengan keberadaan tol akan meningkatkan aksesibilitas dan mengefisienkan waktu tempuh kendaraan dari Solo menuju Yogyakarta.

“Dulu waktu saya kuliah Solo-Jogja naik motor seingat saya 50 menit sudah sampai, sekarang dengan mobil bisa 3-3,5 jam, bahkan sampai 6 jam pernah,” katanya.

Menurut dia, lamanya waktu tempuh tersebut menjadi fakta di lapangan.

“Padahal kita butuh daya saing, kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi. Tol ini akan mengefisienkan waktu tempuh dari Kartasura menuju ke Jogja,” katanya.

Ia memperkirakan dengan adanya tol waktu tempuh akan lebih singkat, menjadi kurang lebih 30-50 menit.

“Karena belum jadi ya kita memperkirakan, namun ini akan mengurangi jalan nasional yang sangat ramai. Kita harapkan jadi pengungkit ekonomi daerah dan memicu pertumbuhan ekonomi baru di sekitar pintu tol,” katanya.

Sementara itu, pada peresmian jalan tol tersebut Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Selain itu, juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Kunjungi Jateng, Akan Resmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam gelaran Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition atau IIGCE di JCC Senayan, Rabu (18/9/2024) (Youtube sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam gelaran Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition atau IIGCE di JCC Senayan, Rabu (18/9/2024) (Youtube sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024). Dia diagendakan menghadiri Pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII hingga meresmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta.

Jokowi dan rombongan bertolak ke Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi akan menghadiri sejumlah acara. Salah satunya, peresmian Pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII dan Seminar Nasional 2024 yang digelar di Hotel Alila, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

"Presiden Jokowi juga akan melakukan peresmian Jalan Tol Ruas Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo Seksi I Kartasura - Klaten. Peresmian tersebut dipusatkan di Gerbang Tol Banyudono, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan persnya, Kamis (19/9/2024).

Konstruksi jalan tol Yogyakarta-Solo tahap 1 segmen Kartasura- Klaten sepanjang 22,3 kilometer telah selesai. Menurut rencana, bagian awal ruas Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo itu akan diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (19/9) di gerbang tol Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Informasi yang dikutip dari akun Instagram @jasamargajogjasolo_official, ada beberapa perubahan pemberlakuan gerbang tol yang wajib diketahui pada saat Jalan Tol Yogyakarta - Solo dibuka nanti,

Di antaranya adalah Gerbang Tol Banyudono yang menjadi pengganti Gerbang Tol Colomadu sebagai akses pintu masuk jalan tol lalu lintas dari jalan arteri Solo Semarang untuk tujuan Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Begitu juga sebaliknya, lalu lintas dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Yogyakarta Solo, bisa keluar melalui pintu Gerbang Tol Banyudono menuju jalan arteri Solo Semarang.


Persingkat Waktu Tempuh

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jalan Tol Jogja-Solo)
Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jalan Tol Jogja-Solo) Segmen Kartasura (Akses Gerbang Tol Colomadu)-Jl. Sawit sepanjang 6 Km dibuka tanpa tarif alias gratis untuk mendukung pelayanan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H. (Dok. Jasa Marga)

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah mengatakan, kehadiran jalur bebas hambatan antara Kartasura dengan Klaten ini diharapkan bisa meningkatkan konektivitas dan mempersingkat waktu tempuh Yogyakarta dengan kota kota sekitar, khususnya Surakarta, Klaten dan sekitarnya.

Menjelang peresmian, pihaknya telah memperkenalkan manfaat jalan bebas hambatan tersebut kepada masyarakat. Yakni dengan menggelar acara Jasjos Gowes & Run yang diikuti 700 peserta dari berbagai kalangan.

Dikatakan Rudy, acara tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkenalkan jalan tol Yogyakarta-Solo bagi masyarakat luas. Tol ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah serta berperan penting dalam mendukung perekonomian lokal.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi tentang persiapan pengoperasian jalan tol Yogyakarta-Solo. Tol ini akan mempercepat perjalanan antara Yogyakarta dan Klaten, mempermudah akses ke berbagai wilayah, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sepanjang koridor tol," katanya.

Lanjut Rudy, dengan terus melakukan sosialisasi berbagai manfaat dari proyek strategis seperti jalan tol Yogyakarta-Solo, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan solusi inovatif bagi masyarakat sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya