Harga Minyak Mentah Akhirnya Pulih Usai Anjlok Parah hingga di Bawah USD 69 per Barel

Harga minyak mentah telah pulih setelah Brent sempat jatuh di bawah USD 69 per barel untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun pada 10 September.

oleh Arthur Gideon diperbarui 21 Sep 2024, 09:12 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 09:10 WIB
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)
Harga minyak mentah berjangka Brent ditutup turun 39 sen atau 0,52% menjadi USD 74,49 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka WTI AS ditutup turun 3 sen atau 0,4% menjadi USD 71,92 per barel. Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak mentah ditutup lebih rendah pada perdagangan Jumat. Namun jika dilihat secara mingguan, harga minyak mentah mencatatkan kenaikan selama dua pekan berturut-turut.

Kenaikan harga minyak dunia selama dua pekan ini didorong oleh pemangkasan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS) dan penurunan pasokan minyak mentah di AS.

Mengutip CNBC, Sabtu (21/9/2024), harga minyak mentah berjangka Brent ditutup turun 39 sen atau 0,52% menjadi USD 74,49 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka WTI AS ditutup turun 3 sen atau 0,4% menjadi USD 71,92 per barel.

Tanda-tanda perlambatan ekonomi China yang merupakan konsumen utama minyak membuat harga mencapai mengalami tekanan yang dalam. Namun untuk minggu ini, kedua patokan ditutup naik lebih dari 4%.

Harga minyak telah pulih setelah Brent sempat jatuh di bawah USD 69 per barel untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun pada 10 September.

"Pasar menyimpulkan bahwa level di bawah USD 70 dikombinasikan dengan dana lindung nilai yang memegang rekor keyakinan lemah pada harga minyak mentah dan produk bahan bakar yang lebih tinggi akan membutuhkan resesi untuk dibenarkan, risiko yang dibantu oleh pemotongan suku bunga AS minggu ini," kata analis komoditas Saxo Bank, Ole Hansen.

Harga naik lebih dari 1% pada hari Kamis, sehari setelah keputusan bank sentral AS untuk memangkas suku bunga setengah poin persentase.

Pemotongan suku bunga biasanya meningkatkan aktivitas ekonomi dan permintaan energi, tetapi beberapa analis khawatir tentang kelemahan di pasar tenaga kerja AS.

"Pemotongan suku bunga AS telah mendukung sentimen risiko, melemahkan dolar, dan mendukung minyak mentah minggu ini," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

"Namun, butuh waktu hingga pemotongan suku bunga mendukung aktivitas ekonomi dan pertumbuhan permintaan minyak," tambahnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi AS

Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)

Bank Sentral AS memproyeksikan penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin pada akhir tahun ini, penurunan sebesar satu persen poin tahun depan, dan penurunan setengah persen poin pada 2026.

"Keputusan The Fed untuk memangkas suku bunga dan dampak dari Badai Francine adalah dua hal yang menopang pasar saat ini," kata Tim Snyder, kepala ekonom di Matador Economics.

"Pemikiran tentang penurunan 50 hingga 75 basis poin lainnya membuat pasar berharap akan adanya stabilitas ekonomi," tambahnya.

Sekitar 6% produksi minyak mentah dan 10% produksi gas alam di Teluk Meksiko AS berhenti beroperasi setelah Badai Francine, kata Biro Keselamatan dan Penegakan Lingkungan AS pada hari Kamis dalam pembaruan terakhirnya tentang badai tersebut.

Dukungan tambahan untuk harga minyak datang dari penurunan persediaan minyak mentah AS ke level terendah dalam satu tahun minggu lalu.

 


Ketegangan Timur Tengah

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, yang meningkatkan risiko gangguan pasokan, semakin mendorong pasar minyak. Israel mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka telah menewaskan seorang komandan tinggi Hizbullah dan tokoh senior lainnya dalam gerakan Lebanon dalam serangan udara di Beirut karena kekhawatiran akan perang yang lebih luas meningkat.

Namun, Presiden AS Joe Biden mengatakan mencapai kesepakatan gencatan senjata Gaza tetap realistis, mengatakan kepada wartawan: "Kita harus terus melakukannya."

Di China, produksi kilang melambat selama lima bulan berturut-turut pada bulan Agustus dan pertumbuhan produksi industri mencapai titik terendah dalam lima bulan.

China juga mengeluarkan kuota ekspor bahan bakar ketiga dan kemungkinan terakhirnya untuk tahun ini, menjaga volume tetap sesuai dengan level tahun 2023.

"Langkah ini menunjukkan bahwa margin kilang terlalu lemah untuk membenarkan peningkatan aktivitas," kata Analis StoneX Alex Hodes dalam sebuah catatan pada hari Jumat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya