Jokowi Pastikan Bandara IKN Bisa Dipakai Masyarakat Umum

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, pembangunan Bandara IKN terus berjalan meski pengerjaannya mengalami perlambatan.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 24 Sep 2024, 14:50 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 14:50 WIB
Jokowi Pastikan Bandara IKN Bisa Dipakai Masyarakat Umum
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan lapangan udara di Ibu Kota Nusantara atau Bandara IKN nantinya terbuka secara komersial untuk publik luas. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan lapangan udara di Ibu Kota Nusantara atau Bandara IKN nantinya terbuka secara komersial untuk publik luas. 

Meskipun pengerjaannya mengalami keterlambatan, tetapi Jokowi bilang progresnya terus berjalan. Untuk sementara, Bandara IKN memang diperuntukan bagi pendaratan pesawat presiden dan para aparatur di ibu kota baru tersebut. 

"Kita cek kemarin sudah bisa didarati ya nanti akan kita coba nanti untuk mendarat di IKN. Itu bukan bandara VVIP, tapi bandara komersial yang nanti diharapkan bisa digunakan masyarakat umum," ujarnya usai peresmian proyek smelter bauksit SGAR di Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga memastikan Bandara IKN nantinya bisa melayani penerbangan komersial. Untuk itu, dirinya telah menawarkan bandara tersebut untuk dikerjasamakan dengan investor dalam dan luar negeri melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

Menhub memaparkan dua skema operasi Bandara IKN. Untuk tahap awal, lapangan udara tersebut masih bersifat VVIP sebagai tempat pendaratan pesawat presiden dan untuk kepentingan IKN. 

Sementara untuk penerbangan komersial kini masih dalam tahap pembahasan. Selain untuk masyarakat umum, pengembangan Bandara IKN juga disiapkan untuk dikolaborasikan dengan investor

"Kita ada pemikiran dan pak presiden sudah setuju, ini untuk umum yang bisa digunakan untuk umrah, untuk penerbangan yang jarak jauh. Dari IKN sampai ke Eropa, ke Amerika," ujar Menhub saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta beberapa waktu lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penjajakan Tarik Investasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian Perhubungan)

"Dan kami sedang bicara dengan investor dalam dan luar negeri, sebenarnya ini jadi satu kesempatan juga untuk melakukan KPBU," dia menambahkan. 

Menhub juga telah melakukan penjajakan dengan sejumlah perusahaan untuk menarik investasi. Namun, ia belum mau menyampaikan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Dia juga berharap pengembangan Bandara IKN untuk penerbangan komersial ini bakal dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya di bawah presiden terpilih, Prabowo Subianto. 

"Insya Allah kalau diterima. Kan dasar pemikiran bisa lain-lain, tapi common apabila kalau kita bisa kita lakukan dengan KPBU akan lebih bagus," ungkap dia.


Jokowi Akan Mendarat Perdana di Bandara IKN dengan Pesawat Kepresidenan Hari Ini

Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Foto: Kementerian Perhubungan/Kemenhub)
Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Foto: Kementerian Perhubungan/Kemenhub)  

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan kembali berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). Jokowi akan mendarat perdana di Bandara IKN, dengan menggunakan pesawat kepresidenan RJ85 dari Pontianak, Kalimantan Barat.

"Siang ini rencana Bapak Presiden akan mendarat perdana di Bandara IKN. Beliau akan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju ke Bandara IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (24/9/2024).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa Kementerian Perhubungan akan kembali melakukan uji kelaikan fungsi bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Jumat, 20 September 2024.

"Besok itu dilakukan uji coba yang formal. Selama ini Kemenhub sudah melakukan uji coba menggunakan beberapa pesawat di landasan pacu Ibu Kota Nusantara," ucap Menhub Budi Karya di Tangerang, Kamis.

Ia menyebutkan dalam tahapan pengujian fungsi bandara di IKN pihaknya akan mencoba mendaratkan pesawat tipe Boeing 777-300ER seperti jenis pesawat kepresidenan.

"Uji coba menggunakan pesawat yang sama besarnya dengan pesawat yang digunakan Presiden," katanya.

Budi juga mengungkapkan jika tahapan uji coba kelayakan bandara IKN bisa berhasil dengan didarati oleh pesawat tipe yang besar seperti pesawat Boeing. Maka, keesokan hari atau luasannya bandara tersebut akan secara resmi dapat dibuka dan dipergunakan.

"Kami sangat berhati-hati untuk membangun bandara itu, dan insyaallah nanti akan menjadi tempat yang sangat strategis karena jaraknya tidak jauh dari kawasan IKN," kata dia.

 


Jokowi Ingin Segera Mendaratkan Pesawatnya di Bandara IKN

Penampakan Pesawat Kepresidenan Merah-Putih
Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba dengan pesawat kepresidenan untuk melakukan kunjungan kerja di pangkalan TNI AU Iswahjudi, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). Ini kemunculan perdana setelah pesawat Kepresidenan ini dicat menjadi warna merah putih. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur masih dalam proses finalisasi. Uji coba terakhir Bandara IKN masih terus dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta pilot penerbang pesawat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, saat kedatangannya ke IKN kemarin sesungguhnya dirinya sudah ingin mencicipi bandara tersebut. Mamun sayangnya, otoritas terkait menyampaikan bahwa Bandara Nusantara belum siap untuk pendaratan pesawat kepresidenan.

“Saya kemarin sebetulnya sudah pengen turun di airport baru, tetapi belum memungkinkan harus dicoba lagi dengan pesawat yang sama,” ujar Jokowi saat meresmikan Hotel Nusantara Swissotel dan Ground Breaking Mall Duty Free Nusantara di IKN, Jumat (13/9/2024).

Jokowi menjelaskan, saat ini bandara Nusantara masih terus dilakukan uji coba landing dan take off dari pesawat-pesawat lainnya, sehingga dalam waktu dekat diyakini bandara bisa segera beroperasi.

Nantinya, lanjut presiden, ketika bandara sudah bisa digunakan maka akan tercipta sebuah traffic atau hilir mudik dari arus manusia yang terpusat di IKN.

“Kalau airport ini (sudah beroperasi) bisa banyak traffic, banyak maskapai banyak yang naik dan turun di airport Nusantara ini akan menjadi keramaian di ibukota Nusantara,” kata Jokowi optimistis.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya