Lewat Gambar Kartun, Erick Thohir Beri Ucapan HUT ke-79 TNI

Ucapan HUT ke-79 TNI disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 05 Okt 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 13:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-79 TNI melalui akun instagram resmi  @erickthohir, Sabtu (5/10/2024). (Arief/Liputan6.com)
Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-79 TNI melalui akun instagram resmi @erickthohir, Sabtu (5/10/2024). (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan ucapan pada momen Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI 2024). Tak banyak yang diucapkan Erick Thohir, sebatas sebuah apresiasi.

Ucapan HUT ke-79 TNI itu disampaikan Erick melalui akun Instagram pribadinya. Dia terlihat menyisipkan ucapan selamat dan mengapresiasi kerja TNI.

"Terima kasih untuk pengabdian dan dedikasi yang tak kenal lelah untuk terus menjaga kedaulatan Indonesia," tulis Erick Thohir melalui akun Instagram @erickthohir, Sabtu (5/10/2024).

Dalam unggahannya itu, Erick menampilkan sebuah gambar animasi yang memuat sejumlah pemuda berseragam TNI. Selain itu, ada sekitar 7 anak kecil yang turut dalam lokasi serupa.

Terlihat, di sisi kiri ada sebuah layar televisi yang menampilkan sebuah pertandingan sepakbola. Sementara itu, di sisi berlawanan, ada gambar Erick Thohir mengepalkan tangan.

"Selamat ulang tahun ke-79 TNI!," pungkas Erick Thohir.

Naik MRT hingga Transjakarta Cuma Bayar Rp 1

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tatif khusus di sejumlah moda transportasi pada peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 TNI. Pengguna dikenakan harga khusus sebesar Rp 1 setiap perjalanan.

Kebijakan itu hanya berlaku pada Sabtu, 5 Oktober 2024, hari ini.

"Rayakan Sabtu murah meriah dengan naik angkutan umum seharga 1 rupiah," tulis akun Instagra @dishubdkijakarta, dikutip Sabtu (5/10/2024).

Ada tiga moda transportasi yang berlakukan tarif Rp 1. Yakni Transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta. Ketiganya memiliki tarif tersendiri di hari biasa.

Sementara itu, layanan lainnya seperti Mikrotrans, Transjakarta Cares, Layanan Penugasan Transjakarta, dan Layanan gratis bagi masyarakat tertentu, tarifnya tidak berubah.

Sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 133 Tahun 2018, layanan tersebut sudah memiliki tarif Rp 0, tetap berlaku sesuai tarif awal tersebut.


Momen HUT ke-79 TNI, Jokowi Sampaikan Terima Kasih ke Prabowo Subianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Ma’ruf Amin dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto datang bersamaan menghadiri acara HUT TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Foto: BPMI Setwapres).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpipih, Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan amanat saat HUT ke-79 TNI di Lapangan Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

"Secara khusus, saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto sekaligus sebagai Presiden Terpilih," kata Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-79 TNI di Lapangan Monas, Sabtu.

Menurut dia, Prabowo memiliki kontribusi besar di bidang pertahanan Indonesia. Jokowi mengatakan Prabowo selama lima tahun menjadi Menhan telah meningkatkan pertahanan Indonesia serta memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNIM

"(Prabowo) telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan, dengan memodernisasi Alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan diancah global, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Jokowi menilai peningkatan pertahanan Indonesia sangat penting karena tantangan dunia kedepan tak semakin mudah.

Mulai dari, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang berkembang cepat, ancaman siber yang semakin berbahaya, hingga tensi geopolitik yang semakin memanas.

"Belum lagi perang yang tidak hanya konvensional, tapi juga perang ekonomi dan perang dagang. Itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan," tutur Jokowi.


Ucapkan Terima Kasih ke TNI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2024). (Foto: Tangkapan layar Youtube Puspen TNI).

Di sisi lain, Jokowi juga berterima kasih kepada TNI atas loyalitas dan pengabdiannya kepada masyarakat dan negara.

Dia merasakan betul kontribusi TNI dalam menjaga persatuan negara dan stabilitas politik.

"10 tahun pemimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis," ungkap Jokowi.

Infografis Kilas Balik Pemisahan Polri-TNI hingga Lahirnya UU Polri
Infografis Kilas Balik Pemisahan Polri-TNI hingga Lahirnya UU Polri (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya