NEC Indonesia dan Sinar Mas Land Gandengan Kurangi Dampak Perubahan Iklim

NEC Indonesia dan Sinar Mas Land, melalui anak perusahaannya PT Samakta Mitra, telah memulai kemitraan strategis untuk mengurangi dampak perubahan iklim dengan memanfaatkan Pembiayaan Adaptasi dan teknologi visualisasi mitigasi bencana.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 23 Okt 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 16:00 WIB
NEC Indonesia dan Sinar Mas Land Kembangan Adaptation Finance (Source:Sinarmas Land))
NEC Indonesia dan Sinar Mas Land Kembangan Adaptation Finance (Source:Sinarmas Land))

Liputan6.com, Jakarta NEC Indonesia dan Sinar Mas Land, melalui anak perusahaannya PT Samakta Mitra, telah memulai kemitraan strategis untuk mengurangi dampak perubahan iklim dengan memanfaatkan Pembiayaan Adaptasi dan teknologi visualisasi mitigasi bencana. 

Dikutip melalui Sinarmas Land, Rabu (23/10/2024) Pembiayaan Adaptasi adalah inisiatif yang dikembangkan oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), dirancang untuk menilai risiko dan dampak bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko lebih awal, merencanakan strategi mitigasi, dan mendorong ketahanan bisnis yang lebih besar.

Nota Kesepahaman (MoU) untuk memulai studi bersama tentang Pembiayaan Adaptasi di Indonesia antara Sinar Mas Land dan NEC Indonesia ditandatangani oleh Irvan Yasni, CEO Teknologi dan Bisnis Sinar Mas Land, dan Joji Yamamoto, Direktur Utama NEC Indonesia, di Kampus Biomedis, BSD City, pada 15 Oktober 2024. Yutaka Ukegawa, Wakil Presiden Eksekutif Korporat NEC Corporation, dan Mulyawan Gani, Chief Transformation & Data Officer Sinar Mas Land, juga hadir dalam acara tersebut.

Irvan Yasni, CEO Teknologi dan Bisnis Sinar Mas Land (kedua dari kiri), bersama Joji Yamamoto, Direktur Utama NEC Indonesia (kedua dari kanan), menandatangani Nota Kesepahaman untuk memulai studi bersama tentang Pembiayaan Adaptasi di Indonesia, disaksikan oleh Mulyawan Gani, Chief Transformation & Data Officer Sinar Mas Land (paling kiri), dan Yutaka Ukegawa, Wakil Presiden Eksekutif Korporat NEC Corporation (paling kanan).

“Kolaborasi ini menandai langkah penting dalam mewujudkan inisiatif Pembiayaan Adaptasi untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Kami percaya bahwa teknologi dan solusi yang ditawarkan oleh NEC dapat berkontribusi dalam mengembangkan solusi keuangan adaptif yang dapat diterapkan di berbagai sektor," kata dia. 

"Kami menantikan kemitraan ini dengan anak perusahaan Sinar Mas Land, PT Samakta Mitra," tambah dia.

Sebelumnya, NEC telah menerapkan solusi serupa di Jepang, didukung oleh perusahaan asuransi besar. Keberhasilan upaya ini menekankan potensi signifikan dari kolaborasi ini untuk memberikan dampak positif bagi industri jasa keuangan di Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan iklim yang semakin meningkat.

NEC Indonesia dan Sinar Mas Land Ciptakan Solusi Pembiayaan Adaptasi untuk Mitigasi Perubahan Iklim

NEC Indonesia
PT NEC Indonesia (NEC Indonesia) ikut ambil bagian dalam acara “World Financial Innovation Series (WFIS) 2022” yang akan digelar pada 4-5 Oktober 2022 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Irvan Yasni menambahkan, “Pembiayaan Adaptasi memberikan peluang besar untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan aman dalam menghadapi risiko bencana akibat perubahan iklim.

Bersama NEC Indonesia, kami akan melakukan studi bersama tentang Pembiayaan Adaptasi untuk mengembangkan studi kasus yang mengantisipasi langkah-langkah adaptasi dan solusi terhadap perubahan iklim di berbagai sektor. Dengan menerapkan teknologi pemetaan risiko bencana dan perubahan iklim, perusahaan asuransi dapat memperkirakan potensi kerugian dan mengurangi risiko yang ada, sehingga memungkinkan upaya mitigasi yang lebih efektif.”

Melalui kolaborasi ini, Sinar Mas Land dan NEC Indonesia akan mengembangkan solusi visualisasi risiko yang mampu memetakan potensi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan siklon tropis. 

Dengan demikian, inisiatif ini akan mempercepat adopsi solusi mitigasi risiko bencana di antara perusahaan asuransi, bank, dan perusahaan investasi. Selain itu, ini juga mendukung perlindungan yang lebih baik bagi masyarakat dan infrastruktur di masa depan.

Dengan memanfaatkan solusi berbasis data, analisis prediktif, dan kecerdasan buatan (AI), NEC Indonesia akan mengidentifikasi potensi ancaman, menilai dampak lingkungan, dan memberikan rekomendasi mitigasi risiko yang lebih efektif. Teknologi ini memungkinkan alokasi dana yang lebih strategis dan berkelanjutan, sehingga Pembiayaan Adaptasi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, komunitas bisnis, dan lingkungan.

Tentang Sinar Mas Land & NEC Indonesia

Kantor NEC Indonesia.
Kantor NEC Indonesia.

Tentang PT NEC Indonesia

NEC pertama kali mendirikan kantor perwakilan di Jakarta pada tahun 1968. Hingga kini, PT NEC Indonesia terus berperan penting dalam menyediakan solusi ICT inovatif untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kualitas hidup individu serta komunitas.

Sebagai penyedia teknologi informasi dan komunikasi terkemuka, PT NEC Indonesia menawarkan layanan dan teknologi kelas dunia, termasuk jaringan telekomunikasi, identifikasi biometrik, solusi cerdas untuk bank dan layanan keuangan lainnya, transportasi publik dan logistik, ritel, manufaktur, serta aplikasi pemerintah dan infrastruktur untuk mendukung perjalanan transformasi digital. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://id.nec.com/.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 50 tahun. Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di seluruh Indonesia.

Dengan dukungan tim manajemen yang solid, Sinar Mas Land dikenal sebagai pengembang kota mandiri (melalui Pengembangan BSD City) dan pelopor dalam pengembangan konsep perumahan terkluster. Selain itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor dalam pengembangan proyek Strata Mall/Trade Center (ITC) yang inovatif di Indonesia.

Sinar Mas Land terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan di Bursa Singapura. Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Jepang, Aeon, Itochu, Mitsubishi Corporation, Hongkong Land, serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.sinarmasland.com.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya