Mau Swasembada Pangan, Anggaran Pertanian Perlu Ditambah

Partai Hanura beralasan tambahan anggaran diperlukan untuk pembukaan lahan sawah baru dan tercapainya swasembada pangan.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 20 Agu 2013, 15:10 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2013, 15:10 WIB
sawah130731c.jpg
Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendesak pemerintah menambah anggaran Kementerian Pertanian. Upaya tersebut dilakukan untuk merealisasikan program swasembada pangan.

"Anggaran Kementerian Pertanian perlu dinaikkan agar bisa membuka lahan sawah dan mewujudkan swasembada pangan," kata Juru Bicara Hanura, Nurdin Tampubulon saat memberikan pandangan fraksi di gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Di samping itu, partai Hanura juga meminta pemerintah untuk segera membangun konektivitas di sektor pertanian. Sehingga mempermudah distribusi dan pemasaran berbagai komoditas pertanian di dalam negeri.

Nurdin pun mengkritisi kebijakan pemerintah melalui impor beberapa kebutuhan bahan pokok. Pasalnya Indonesia merupakan negara agraris yang sangat kaya dengan sumber daya alam.

"Indonesia negara agraris, punya sumber daya alam melimpah, bukan dengan impor," lanjutnya.

Dalam Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN 2014) mengalokasikan anggaran di sektor pertanian sebesar Rp 15,5 triliun.

Angka ini jauh lebih rendah dari anggaran tujuh kementerian/lembaga, antara lain Kementerian Pertahanan sebesar Rp 83,4 triliun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp 82,7 triliun, Kementerian Pekerjaan Umum dengan alokasi anggaran Rp 74,9 triliun. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya