Beras Impor Vietnam Buat Heran Dahlan Iskan

Persoalan beras impor asal Vietnam mencuat setelah adanya perbedaan status resmi tidaknya komoditas pangan tersebut.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 28 Jan 2014, 15:29 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2014, 15:29 WIB
beras-130634-b.jpg
Beredarnya beras impor asal Vietnam di pasaran masih menyisakan tanda tanya. Hingga kini belum ada kepastian mengenai status beras impor yang kabarnya memperoleh kini resmi dari instansi terkait.

Persoalan makin runyam karena pemerintah mengklaim tidak ada satupun importasi beras pada tahun 2013 mengingat kecukupannya cadangan beras dari para petani lokal.

Menanggapi perdebatan tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku heran dengan apa yang menjadi temuan Bea Cukai beberapa waktu lalu. "Saya juga lagi bertanya, heran kok bisa seperti itu," kata Dahlan saat di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Dahlan mengaku langsung menghubungi Perum Bulog begitu mengetahui adanya temuan beras impor asal Vietnam yang beredar di pasar induk Cipinang, Jakarta. Bulog selama ini merupakan BUMN yang mendapatkan wewenang dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan beras nasional.

"Bulog juga nggak tahu apa-apa, dia (Bulog) nggak merasa impor, nggak merasa, mereka juga merasa aneh," tegasnya.

Seperti diketahui, dalam kunjungan ke pusat penjualan beras di Pasar Induk Cipinang beberapa hari lalu, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi bersama Menko Perekonomian Hatta Rajasa mendapatkan keluhan dari seorang pedagang beras yang melaporkan adanya beras impor asal Vietnam yang masuk ke pasar tersebut.

Pedagang beras tersebut bahkan sempat beradu mulut dengan para menteri terkait adanya surat resmi dari Kementerian Perdagangan yang mengizinkan impor beras tersebut. Bayu yang menerima keluhan, langsung membantah adanya izin resmi itu.

Namun pihak Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, justru membenarkan adanya importasi beras Vietnam ke Indonesia. Instansi penjaga arus masu keluar barang dari dan keluar negeri ini mengaku mengizinkan masuknya beras tersebut karena adanya izin resmi dari pihak Kemendag. (Yas/Shd)

Baca juga

Hatta Minta Kemendag Jelaskan Status Beras Impor Vietnam

Kemendag Akui Buka Keran Impor Beras Vietnam tapi Jenis Khusus

Pemerintah Geram Beras Vietnam Bisa Masuk Pasar RI

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya