Sempat Unggul, Persipura Gagal Curi Poin di Kuwait

Laga leg kedua semifinal Piala AFC akan digelar pada 30 September mendatang di Stadion Mandala Jayapura.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 17 Sep 2014, 01:47 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2014, 01:47 WIB
img_persipura.jpg
Striker Persipura Jayapura, Boaz Solossa dalam salah satu selebrasi golnya.

Liputan6.com, Kuwait City - Persipura gagal mencuri poin setelah takluk 2-4 dari Al-Qadsia dalam laga leg pertama semifinal Piala AFC, Selasa (16/9/2014). Padahal Tim Mutiara Hitam sempat unggul 2-1 di babak pertama.

Tuan rumah langsung tampil menekan sejak wasit memulai pertandingan. Hasilnya pada menit ke-11, Danijel Subotic sudah mampu menjebol gawang Persipura. Sundulan kerasnya memanfaatkan umpan silang Saif Al Hashan.

Persipura terus ditekan oleh tuan rumah setelah kebobolan. Namun pada menit ke-21, mereka mampu membuat pendukung tuan rumah terdiam setelah Titus Bonai mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Mantan pemain Semen Padang itu melepaskan tendangan terarah dari dalam kotak penalti mengarah ke pojok gawang. Skor pun menjadi 1-1.

Al-Qadsia kembali punya peluang pada menit ke-23. Tapi Subotic yang sudah berdiri bebas di depan gawang terlalu lama menguasai bola sehingga gagal menghasilkan gol.

Delapan menit kemudian, justru Persipura yang mampu mencuri gol. Berawal dari umpan satu dua yang dilakukan Boaz Salossa dan Imanuel Wanggai membuat pertahanan Al-Qadsia kocar-kacir. Akibatnya Talal Al Amer justru membuat gol bunuh diri dan membuat Persipura unggul 2-1.

Tuan rumah terus menekan Persipura untuk mengejar ketinggalan. Pada menit ke-45, tembakan jarak jauh Saleh Al Sheikh membentur gelandang Persipura, Lim Joon Sik. Beruntung kiper Yoo Jae-Hoon melakukan penyelamatan gemilang. Persipura pun menutup babak pertama dengan skor 2-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Di babak kedua, tempo permainan yang tinggi tetap dikembangkan tuan rumah. Baru semenit laga berjalan, Shehu Abdulahi melakukan tembakan jarak jauh, tapi masih bisa diselamatkan Jae-Hoon.

Jae-Hoon kembali menjadi penyelamat Persipura pada menit ke-58. Ia mampu membuat penyelamatan gemilang setelah Subotic melakukan sundulan dari dalam kotak penalti dengan keras.

Akhirnya Persipura harus kebobolan pada menit ke-63. Saif Al Hashan mampu melepaskan diri dari kawalan pemain Persipura setelah mendapat terobosan dari Subotic. Tanpa ampun ia melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hanya butuh semenit bagi Al-Qadsia untuk membalikkan keadaan. Serangan balik cepat yang mereka lakukan membuahkan gokl dari Bader Al Mutowa. Kedudukan pun berubah menjadi 3-2 untuk tuan rumah.

Unggul satu gol tak membuat Al-Qadsia menurunkan tekanan. Pada menit ke-78, Subotic mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Al Hashan. Skor pun  berubah menjadi 4-2.

Persipura sempat punya peluang pada menit ke-81 melalui Ferinando Pahabol. Tapi tembakannya dari sudut sempit masih membentur mistar gawang.

Hingga akhir laga Al-Qadsia pun unggul dengan skor -42. Laga leg kedua semifinal Piala AFC akan digelar pada  30 September mendatang di Stadion Mandala Jayapura.

Al Qadsia: Nawaf Al Khaldi; Khaled Al Qahtani, Alvaro Silva, Amer Al Fadhel, Abdullah Shehu/ Dhary (85), Saleh Al Sheikh, Saif Al Hashan/ Sultan (84), Fahed Al Ebrahim, Talal Al Amer, Bader Al Mutowa, Daniel Subotic

Persipura: Yoo Jae Hoon; Fandri Imbiri, Ruben Sanadi, Yohanis Tjoe, Gerald Pangkali/ Ian Kabes (73), Imanuel Wanggai/ Izaac (84), Robertino Pugliara, Lim Jun Sik, Tinus Pae, Titus Bonai, Boaz Solossa/ Pahabol (79).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya