Resep Sukses Kemenangan Persib di Maladewa

aung Bandung itu menang tipis 1-0 atas New Radiant di Maladewa, kemarin.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 30 Apr 2015, 13:32 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2015, 13:32 WIB
Makan Konate dan M Ridwan di Laga Persib Bandung vs New Radiant
Makan Konate dan M Ridwan di Laga Persib Bandung vs New Radiant (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Liputan6.com, Maladewa - Persib Bandung telah memastikan satu tiket berlaga di babak 16 besar AFC Cup. Klub berjuluk Maung Bandung itu menang tipis 1-0 atas New Radiant di Maladewa, kemarin.

Gol tunggal kemenangan tim asuhan Emral Abus itu dicetak oleh Muhammad Ridwan pada menit ke-14. Kemenangan tersebut membuat Maung Bandung kokoh di puncak klasemen dengan mengemas 11 poin.

Persib pun menyusul Persipura yang juga telah memperoleh satu tiket ke perdelapan final. Lolosnya kedua wakil asal Indonesia ini adalah angin segar bagi dunia persepakbolaan tanah air yang tengah dirundung masalah akhir-akhir ini.

Berikut analisa pertandingan New Radiant vs Persib berdasarkan statistik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Next

Persib Bandung vs New Radiant
Persib Bandung vs New Radiant (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Kesabaran

Kedua kesebelasan sama kuat dalam ball possession, yakni 50:50. Namun di laga tersebut, Maung Bandung lebih banyak berada di bawah tekanan. New Radiant selaku tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal laga.

Dengan Villiam Macko sebagai motor serangan, tim polesan Hassan Hameed membongkar lini pertahanan Persib melalui sektor sayap. Mereka juga sesekali melakukan percobaan tembakan jarak jauh, tapi akurasinya jarang menemui sasaran.

Maung Bandung sendiri pada pertandingan ini bermain sabar dengan menerapkan strategi defensif yang mengandalkan serangan balik. Strategi yang diterapkan oleh juara bertahan Liga Super Indonesia (ISL) ini terbukti sukses dan berbuah hasil karena gol yang disarangkan oleh Ridwan pada menit ke-14 merupakan hasil dari skema serangan balik.

Meski lebih banyak menunggu lawan di wilayah pertahanan sendiri, jumlah umpan sukses yang dilakukan Pangeran Biru berhasil mengimbangi New Radiant. Berdasarkan statistik, Persib tercatat memiliki persentase umpan sukses 77% (303 umpan sukses dari 391 total umpan). Sedangkan New Radiant memiliki persentase umpan sukses 76% (300/394).


Next

Persib Bantai New Radiant di Laga Perdana AFC Cup 2015
Persib Bandung meraih kemenangan 4-1 atas New Radiant pada pertandingan perdana penyisihan Grup H AFC Cup 2015, di Stadion Si Jalak Haroepat, Bandung, Rabu (25/2/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Berhasil Mengamankan Kemenangan

Setelah Persib mencetak gol, New Radiant semakin mendominasi. Sepanjang pertandingan ini, New Radiant melakukan percobaan tembakan sebanyak 15 kali. Rinciannya, 5 tembakan mengarah ke gawang, 7 tembakan meleset, dan 3 sisanya berhasil dimentahkan lini pertahanan Persib yang dikomandoi oleh Vladimir Vujovic.

Sedangkan Persib melakukan percobaan tembakan sebanyak 8 kali, dengan 5 tembakan meleset, 2 tembakan diblok, dan hanya satu yang mengarah ke gawang, sekaligus menjadi gol penentu kemenangan Maung Bandung.

Umpan satu-dua yang diperagakan pemain New Radiant tidak berhasil membongkar pertahanan Persib yang di laga ini bermain disiplin dan taktis. Pun demikian dengan upaya New Radiant melalui umpan silang. Tercatat dari total umpan silang sebanyak 28 kali dengan persentase kesuksesan sebesar 25% (7 kali umpan silang sukses) tak ada satupun yang akhirnya berbuah gol.


Next

Vladimir Vujovic
Vladimir Vujovic (Liputan6.com / Okan Firdaus)

Man of the Match: Vladimir Vujovic

Keberhasilan Persib menorehkan clean sheet pada laga ini tak lepas dari penampilan gemilang bek jangkung, Vladimir Vujovic yang mengawal jantung pertahanan.

Bek asal Montenegro ini tampil sangat baik dalam menjalankan tugasnya dengan catatan 14 menang duel udara, 11 sapuan, 5 intersep, dan 2 tekel sukses. Duetnya bersama Ahmad Jufriyanto di lini pertahanan menjadi tembok tebal yang tidak mampu ditembus oleh para pemain New Radiant.

Sementara itu, Jupe --sapaan Jufriyanto-- sendiri bermain tak kalah baik dengan catatan 9 menang duel udara, 8 sapuan, 3 intersep, dan 2 blok.

Babak penyisihan grup AFC Cup masih menyisakan satu pertandingan lagi. Laga terakhir Persib melawan Ayeyawady United akan menentukan siapa yang menjadi juara grup H. Tim yang menjadi juara grup akan memiliki keuntungan karena berhak menjadi tuan rumah pada babak 16 besar, yang belum menggunakan sistem home-away.


Next

LabBola
LabBola

Grafik Persib melawan New Radiant

 http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/865327/original/070155600_1430370418-New_Radiant_vs_Persib.jpg

Naufal Hani - Labbola

Baca juga:
Kisah Cinta Ramdani Lestaluhu dengan Sepak Bola dan Persija
Pacquiao Malas Pukul KO Mayweather, Tapi...
Gelandang Dortmund Sudah Siap Gabung Manchester United
Kapten MU Jadi Pesepak Bola Terkaya di Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya