Jerman Susah Payah Tekuk Skotlandia

Sempat tampil sama skuat 2-2, Jerman menyudahi pertandingan dengan skor 3-2.

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 08 Sep 2015, 03:44 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2015, 03:44 WIB
Timnas Jerman
MENANG - Timnas Jerman meraih kemenangan tipis saat menghadapi Skotlandia di laga lanjutan Grup D kualifikasi Piala Eropa 2015. (Reuters / Lee Smith)

Liputan6.com, Glasgow - Jerman harus susah payah menumbangkan Skotlandia di pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016. Sempat tampil sama skuat 2-2, Jerman menyudahi pertandingan dengan skor 3-2.

Bertanding di Hampden Park, Glasgow, Senin 7 September 2015 atau Selasa dinihari WIB, Jerman dan Skotlandia saling berbalas gol di babak pertama. Adalah Thomas Muller yang membuka keunggulan Jerman di babak pertama, tepatnya di menit 18. Tapi Skotlandia mampu menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Mats Hummels. 

Bola liar hasil tendangan bebas, mengenai dada Hummels dan masuk ke gawang Jerman, yang dikawal Manuel Neuer. Tapi hal itu tidak meruntuhkan mental bertanding Der Panzer.

Jerman kembali memimpin melalui Muller di pertengahan babak pertama. Tim Panser membalikkan kedudukan menjadi 2-1 via gol tandukan Muller. Bola sebenarnya bisa disapu pemain belakang. Sial buat Skotlandia, wasit mengesahkan gol pemain Bayern Munich ini.

Skotlandia vs Jerman

Menjelang turun minum, Skotlandia menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol James McArthur. Bola tendangan McArthur tidak mampu dijangkau oleh kiper Jerman, Manuel Neuer.

Di menit awal babak kedua, Ilkay Gundongan yang membuat gol di menit 54 dari tendangan jarak dekat untuk membuat Jerman kembali memimpin menjadi 3-2. Setelah itu, pertandingan cenderung monoton. Pertahanan ekstra kuat yang diperagakan Skotlandia arahan Gordon Strachan membuat Jerman sedikit menemui kesulitan menambah gol.

Skotlandia vs Jerman

Sampai peluit panjang dibunyikan, tidak ada tambahan gol tercipta. Jerman memimpin dengan skor 3-2. Sebenarnya, Jerman bisa menang lebih besar. Pasalnya, tim besutan Joachim Low ini tampil menekan dengan total 16 tembakan ke arah gawang. Sedangkan, Skotlandia hanya melakukan 5 kali tembakan.

Dari penguasaan bola, Jerman memimpin jauh 70% berbanding 30% milik Skotlandia. Tapi Jerman masih sulit untuk menambah gol.

Dengan hasil ini, Jerman semakin kokoh di klasemen grup D dengan 19 poin. Jerman masih terpaut 2 poin dari tetangga Polandia yang mengemas 17 poin. Sedangkan, Skotlandia semakin sulit untuk tampil di Piala Eropa tahun depan setelah menempati peringkat 4 mengemas 11 poin. (Rjp/Ary)

Susunan Pemain

Jerman: M. Neuer, J. Boateng, M. Hummels, J. Hector, B. Schweinsteiger, M. Ozil (C. Kramer), T. Kroos, I. Gundogan, M. Gotze (A. Schurlle), E. Can, T. Muller

Skotlandia: D. Marshall, A. Hutton, C. Mulgrew, R. Martin, G. Hanley, S. Maloney (I. Anya), S. Brown (S. Brown), J. Morrison, J. McArthur, J. Forrest (M. Ritchie), S. Fletcher

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya