Profil Persija: Bongkar Pasang Skuat Terakhir?

Persija Jakarta berbenah menghadapi ISC. Trofeo Persija menjadi ajang untuk mengkur kekuatan skuat.

oleh Rejdo Prahananda diperbarui 07 Apr 2016, 21:30 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2016, 21:30 WIB
Persija Jakarta
Persija Jakarta melakoni laga uji coba di Stadion Bea Cukai, Rawamangun (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta menjadi tuan rumah Trofeo Persija. Event ini menjadi agenda tahunan sejak 2011 lalu. Pada 2016 ini, turnamen segitiga ini berlangsung pada (9/4/2016). Selama bergulir sejak lima tahun lalu, Persija baru sekali tampil sebagai juara, di edisi perdana.

PSM Makassar dan Bali United menjadi tim undangan di Trofeo Persija 2016. 'Sohib kental', Arema Cronus absen setelah tahun lalu keluar sebagai juara bersama dengan Sriwijaya FC. Singo Edan telah tiga kali tampil di Trofeo Persija sejak 2011.

Sang pemangku hajat masih diperkuat pemain -pemain yang loyal seperti Amarzukih, Ismed Sofyan, Ramdani Lestaluhu dan kiper Andritany Ardhyasa. Persija juga merekrut mantan pemain Egi Melgiansyah. Mantan pemain Timnas U-23 Indonesia ini pernah bergabung dengan Macan Kemayoran edisi 2013-2014 sebelum pindah ke PBFC. Selain Egi, pemain yang kembali adalah Rudi Setiawan. Pemain jebolan SSB Serpong ini sempat dipinjamkan ke Martapura FC.  

Baca Juga

  • WAG's Inter Milan Didenda karena Bermulut Tajam
  • Di ISC 2016, Bali United Butuh 6 Pemain Baru
  • Pendukung Persib Bantu Biaya Pengobatan Bocah Korban Tabrak Lari

Sedangkan, untuk pemain asing, pelatih anyar Persija, Paulo Camargo merekrut Wellington, Patrick da Silva, dan Mekan Nasyrov. Sebelum merumput di Persija, Patrick sempat bergabung dengan klub Australia, Sydney FC. Selain itu, dia juga pemain berpengalaman bermain di Asia seperti di Liga Vietnam dan Singapura.

Khusus Mekan, pemain asal Turkmenistan ini sempat merasakan iklim sepak bola Indonesia. Mekan sempat menjadi bagian dari Persik Kediri (2009-2010), Persibo Bojonegoro (2011-2012). Pemain 33 tahun ini pernah memperkuat Barito Putera.

Menyonsong Trofeo Persija, Macan Kemayoran terus bongkar pasang skuat. Dalam tiga turnamen besar di tanah air, Piala Presiden, Piala Jenderal Sudirman, hingga Piala Bhayangkara, taring tim Ibukota ini belum terlihat. Pada Piala Presiden, Persija tersisih di fase grup. Sedangkan, di Piala Jenderal Sudirman,  langkah Persija sampai perempat final. Kemudian, di Piala Bhayangkara, tim yang identik dengan warna oranye ini tersisih di fase grup.

Terlepas dari kegagalan ini, Camargo optimistis Persija mampu berbicara di Trofeo yang menurutnya menjadi batu loncatan untuk tim menatap Indonesia Super Competition (ISC). Menurut Camargo, Trofeo sebagai pun ajang pemanasan sebelum turun di event sesungguhnya.

"Saya membutuhkan banyak laga. Berikutnya, Trofeo Persija, dan ini akan bagus untuk tim. Klub-klub peserta punya kualitas. Bali United, PSM Makassar, mereka punya gaya bermain yang beda. Ini ujian sesungguhnya tim jelang kompetisi selanjunya," ucapnya.

Pelatih asal Brasil ini pun mengaku puas dengan komposisi pemain dimiliki. Terutama dengan pemain lokal. Isyarat bongkar-pasang skuat terakhir?

Camargo ingin pemain asing lebih punya peran dan bisa menyesuaikan diri dalam tim. "Pemain lokal? Saya sangat puas. Namun, pemain asing harus lebih adaptasi lagi. Karena fisik mereka masih kurang oke. Namun, hari demi hari, mereka berkembang dengan baik, terutama Patrick Da Silva. Dia membuat saya senang," kata pelatih bernama lengkap Paulo Wesley Silva Camargo itu dilansir dari situs resmi klub.

Daftar Skuat Persija di Trofeo Persija 2016

1. Ismed Sofyan
2. Andritany Ardhiyasa
3. Ramdani Lestaluhu
4. Amarzukih
5. Maman Abdurrahman
6. Gunawan Dwi Cahyo
7. Novri Setiawan
8. Fimransyah
9. Rudi Setiawan
10. Reky Rahayu
11. Rizky Darmawan
12. Andik Rendika Rama
13. Ade Jantra
14. Fandi Ahmad
15. Aldi Al Achya
16. Tanjung Sugiarto
17. Reza Aldi
18. Rio Ramadika
19. Rizal Umainailo
20. Kenji Adhicara
21. Wellington
22. Patrick Da Silva
23. Ismed Sofyan
24. Egi Meigiansyah
25. Mekan Nasyrov

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya