Pesta Enam Gol, Brasil Tunggu Lawan di Final

Brasil belum kebobolan satu gol pun di Olimpiade 2016.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 18 Agu 2016, 01:52 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2016, 01:52 WIB
Timnas Brasil
Neymar dan Gabriel Jesus adalah kunci kemenangan 6-0 Brasil atas Honduras di semifinal Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. (Reuters)

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Performa luar biasa diperlihatkan Brasil saat menghadapi Honduras pada semifinal cabang sepak bola putra Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Tim asuhan Rogerio Micale itu menghujam gawang Honduras enam gol tanpa balas.

Honduras tak kuasa menghadapi dominasi Brasil dalam duel semifinal di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (17/8/2016). Apalagi, mereka sudah dikejutkan dengan gol cepat Neymar da Silva meski laga belum genap berjalan satu menit.

Sebalinya, gol cepat Neymar justru mengangkat kepercayaan diri Brasil. Tepat di menit 26, mereka sudah menggandakan keunggulan lewat aksi Gabriel Jesus yang menerima umpan Luan Guilherme. Gabriel pun langsung mencetak gol kedua setelah berkolaborasi dengan Neymar di menit 35.

Setelah unggul 3-0 di babak pertama, Brasil semakin nyaman menjalani sisa pertandingan. Namun, mereka tetap memperagakan gaya yang agresif. Buktinya, gol keempat langsung tercipta di menit 51. Peran Neymar kembali diperlihatkan lewat sodoran umpan cantik yang dimaksimalkan Marquinhos.

Luan pun tak puas hanya mencetak assist buat Gabriel. Ia juga mencatatkan namanya di papan skor setelah mengkonversi umpan Felipe Anderson di menit 79. Gol penutup Brasil dilesakkan Neymar lewat penalti di menit 90+1.

Kemenangan 6-0 atas Honduras membuat Brasil sukses mempertahankan catatan clean sheet mereka sepanjang Olimpiade 2016. Meski sempat paceklik gol di dua laga awal, kini Brasil sudah mengoleksi 12 gol setelah mencetak kemenangan besar di tiga laga terakhir.

Jauh lebih penting, kemenangan atas Honduras mengantarkan Selecao ke final untuk kali kedua beruntun setelah Olimpiade 2012. Kini, Brasil tinggal menunggu pemenang duel antara Nigeria dan Jerman. Lalu, Brasil akan melakoni laga final pada Minggu (21/8/2016) dinihari WIB.

Susunan Pemain:

Brasil (4-4-2): Weverton; Marquinhos, Caio (Luan 58), Santos, Zeca, Augosto (Rafinha 77), Luan, Walace, Neymar, Gabriel, Jesus (Anderson 68)

Honduras (5-4-1): Lopez; Palacios, Garcia, Espinal, Vargas (Salas 46), Paz, Pereira, Acosta (Banegas 72), Lozano (Benavidez 46), Quioto, Elis

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya