Prediksi Indonesia Vs Vietnam: Ujian Sesungguhnya

Vietnam di laga sebelumnya berhasil mengalahkan Korea Utara 5-2.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Okt 2016, 10:20 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2016, 10:20 WIB
Timnas Indonesia
Timnas Indonesia berlatih di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta- Tim nasional (timnas) Indonesia bakal menjalani laga uji coba keduanya dalam persiapan jelang Piala AFF 2016 dengan melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Minggu (9/10/2016), sore WIB. Laga ini bakal menjadi ujian sesungguhnya Tim Garuda sebelum turun di Piala AFF November-Desember mendatang.

Menyebut laga melawan Vietnam sebagai ujian sesungguhnya bagi Indonesia tidaklah berlebihan. Pasalnya, skuat berjulukan The Gloden Stars ini baru saja mengalahkan Korea Utara dengan skor telak 5-2 dalam laga uji coba di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Kemenangan atas Korut mengindikasikan bahwa permainan Vietnam mengalami perkembangan belakangan ini. Sebab, Korut merupakan salah satu negara kuat di Asia lantaran pernah lolos ke putaran final Piala Dunia 2010.

Tak hanya kemenangan melawan Korut, Vietnam juga tercatat tidak terkalahkan dalam tiga laga terakhir. Mereka menang melawan Syria (2-0), Singapura (3-0) dan Korut (5-2), sedangkan laga lain berakhir imbang 2-2 melawan Hongkong.

"Bisa mengalahkan Korut tentu bukan tim yang sembarangan. Kita mau menang, tapi jelas itu bukan hal mudah," kata asisten pelatih Timnas, Wolfgang Pikal, Sabtu (8/10/2016).

Catatan apik ini wajib membuat Timnas Indonesia waspada. Apalagi Tim Merah Putih juga memiliki waktu yang singkat dalam mempersiapkan tim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Modal Apik

Andik Vermansyah Boaz Solossa
Andik Vermansyah dan Boaz Solossa masih jadi andalan Indonesia. (Liputan6.com/Boy Harjanto)

Meski begitu, Indonesia tetap memiliki modal yang apik setelah meraih kemenangan telak 3-0 melawan Malaysia pada laga uji coba di Stadion Manahan, beberapa waktu lalu. Kemenangan ini sekaligus menjadi comeback bagi Indonesia pasca lepas dari sanksi FIFA.

Demi melanjutkan tren kemenangan, Riedl lebih teliti dalam memanggil pemain. Dia memanggil nama-nama baru seperti Jandia Eka Putra, Jefri Kurniawan, Hery Prasetyo dan meninggalkan pemain seperti Irsyad Maulana, Dedi Gusmawan, Dendi Sulistyawan dan Indra Kahfi Adhyasa.

"Kalau Vietnam memang biasa main cepat dengan tempo tinggi. Namun dengan TC tiga hari tidak mungkin memaksakan permainan tempo tinggi 90 menit. Nanti kami atur tempo kapan main menyerang, pressing dan ball posesion," terangnya.

Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki rekor pertemuan yang sangat baik ketika melawan Vietnam. Dari 20 pertemuan Boaz Salossa dan kawan-kawan meraih delapan kemenangan, delapan kali imbang dan empat kali menelan kekalahan.

Kemenangan terbesar Indonesia atas Vietnam terjadi di Hanoi pada ajang Tiger Cup 2004 atau yang sekarang dikenal dengan Piala AFF. Garuda menang 3-0 atas Vietnam berkat gol yang dicetak Mohammad Mauly Lessy, Boaz Salossa, dan Ilham Jayakusuma.


Prakiraan susunan pemain:

Indonesia (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Benny Wahyudi, Yanto Basna, Fachrudin Wahyudi, Abdul Rachman, Andik Vermansyah, Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana Andriatmoko, Zulham Malik Zamrun, Irfan Haarys Bachdim, Boaz Theofilius Erwin Solossa

Vietnam (4-4-2): Trần Nguyên Mạnh; Troung Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Dinh Tien Thanh, Nguyen Minh Tung, Pham Thanh Luong, Nguyen Trong Hioang, Ngo Hoang Thinh, Nguyen Huy Hung, Le Cong Vinh, Le Van Thang

(Yosef Deny Pamungkas)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya