Fakta Menarik Pekan ke-28: Tim Lima Besar Kompak Tersandung

Arema, Madura United, Persipura, Sriwijaya FC, dan Bhayangkara FC gagal menang.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Nov 2016, 05:00 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2016, 05:00 WIB
Liputan6.com, Jakarta - Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, presented by IM3 Ooredoo, telah menyelesaikan laga pekan ke-28. Total tercipta 19 gol dari sembilan pertandingan. Jumlah gol tersebut mengalami penurunan dibanding pekan ke-27 yang tercipta 22 gol.

Pada pekan ini sorotan tertuju kepada lima tim penghuni papan atas klasemen yang keseluruhannya gagal meraih poin penu. Tercatat Arema Cronus, Madura United dan Persipura Jayapura kompak mengalami kekalahan dari lawannya.
 

Sedangkan Bhayangkara FC dan Sriwijaya FC yang berada di posisi keempat dan kelima juga tersandung usai ditahan imbang lawan.

Hal menarik lainnya datang dari klub Ibukota, Persija Jakarta. Klub berjulukan Macan Kemayoran ini berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Persiba Balikpapan di Stadion Manahan Solo.

Kemenangan ini membuat Persija berhasil menghentikan tren tak pernah menang dalam empat laga terakhir di TSC 2016. Sayangnya hal ini tidak diikuti oleh Bali United yang kembali takluk usai dikalahkan Mitra Kukar 1-3 di Stadion Aji Imbut.

Berikut adalah fakta menarik pekan ke-28 TSC 2016:

1. Pekan ke-28 terjadi penurunan produktivitas gol jika dibandingkan dengan pekan ke-27. Dari sembilan pertandingan hanya 19 gol tercipta, berbanding cukup jauh dengan pekan sebelumnya yang menghasilkan 22 gol.

2. Dari sembilan pertandingan yang dilakoni, tidak ada tim yang berstatus tuan rumah yang menderita kekalahan. Rinciannya tujuh menang dan dua seri dialami oleh tim tuan rumah.

3. Perseru Serui masih mampu mempertahankan rekor tidak terkalahkan di kandang ketika menang tipis 1-0 atas Arema Cronus.

4. Tim yang berada di peringkat pertama hingga kelima semuanya gagal meraih kemenangan pada pekan ini. Arema, Madura United dan Persipura kompak mengalami kekalahan, sementara Bhayangkara FC dan Sriwijaya ditahan imbang tim lawan.

5. Persija Jakarta berhasil menghentikan tren empat pertandingan tak pernah menang usai menaklukkan Persiba Balikpapan 1-0 di Stadion Manahan, Solo.

6. Cristian Gonzales tercatat sebagai pemain WNI di TSC 2016 yang paling tajam. Dia telah mengemas 12 gol. Di belakang dia adalah Boaz Solossa dengan 11 gol dan Ferdinand Sinaga dengan 10 gol.

7. Empat top skorer sementara yang berada di atas semua bomber asing dan sama-sama berasal dari Brasil. Mereka adalah  Alberto Goncalves (Sriwijaya FC - 18 gol), Marcel Sacramento (Semen Padang - 17 gol), Luis Carlos Junior (Barito - 16 gol) dan Thiago Furtuoso (Bhayangkara FC - 15 gol).

8. Kemenangan Persib 2-0 atas Persipura sekaligus menghentikan catatan buruk tidak pernah menang saat melawan Mutiara Hitam di Bandung dalam kurun waktu 12 tahun terakhir.

9. Jafri Sastra berhasil memenangi duel melawan pelatih Minang lainnya, Indra Sjafri ketika Mitra Kukar mengalahkan Bali United dengan skor akhir 3-1 di Stadion Aji Imbut.

10. Hingga pekan ke-28, gelaran TSC 2016 telah menghasilkan total 631 gol serta 44.021 kartu kuning dan kartu merah yang telah dikeluarkan wasit.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya