Merah Putih Raksasa Berkibar, Indonesia Cetak 2 Gol ke Thailand

Indonesia akhirnya menang 2-1 atas Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 15 Des 2016, 06:32 WIB
Diterbitkan 15 Des 2016, 06:32 WIB
Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016
Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016 (AFF)

Liputan6.com, Jakarta Semangat Merah Putih benar-benar kental terasa di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu malam (14/12/2016). Puluhan ribu penonton dari berbagai golongan, ras, dan agama berkumpul menjadi satu demi mendukung timnas Indonesia yang bertarung melawan Thailand.

Kedua tim bertarung di leg pertama final Piala AFF 2016. Dalam duel ini, Thailand lebih diunggulkan mengingat reputasinya yang mentereng sejak babak penyisihan. Hingga semifinal, tim berjuluk The War Elephants itu selalu menang atas lawan-lawannya. Indonesia juga pernah dibantai 4-2 saat bertemu di laga perdana babak penyisihan Grup A yang berlangsung di Filipina, pertengahan November lalu.

Meski demikian, pasukan Alfred Riedl tidak minder. Sebaliknya, Tim Merah Putih berambisi memetik kemenangan di depan publik sendiri.

Namun perjuangan timnas tidak mudah. Di babak pertama, Indonesia justru tertinggal lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-33. Sundulan pemain veteran itu gagal dibendung oleh kiper Merah Putih, Kurnia Meiga. Skor 1-0 untuk Thailand bertahan hingga turun minum.

Sadar tim kesayangannya tertinggal, suporter yang hadir di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, berusaha membangkitkan semangat Boaz Solossa dan kawan-kawan. Tak lama setelah wasit meniup peluit babak kedua, sebuah bendera Merah Putih Raksasa pun membentang menutupi penonton yang berada di tribun timur, utara, dan selantan. Atraksi ini membuat bulu para penonton yang hadir merinding.

Tak hanya itu, situs berita olahraga Fox Sports bahkan sampai mengunggah rekaman video-nya di Twitter.

 

Bendera Merah Putih raksasa ini sebenarnya sudah disiapkan oleh suporter Indonesia sebelum pertandingan. Bendera ini juga sudah dibentangkan di awal laga saat lagu "Indonesia Raya" berkumandang. Gladi kotor bahkan sempat dilakukan sehari sebelum laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bendera Berkibar 2 Gol Tercipta

Suporter Timnas, Fans Indonesia, Bola.com, AFF, Timnas Indonesia
Suporter Timnas Indonesia mengibarkan bendera raksasa saat melawan Thailand pada laga Final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, (14/12/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Menariknya lagi, tidak lama setelah bendera raksasa itu terbentang, Indonesia justru berhasil menyamakan kedudukan. Pada menit ke-65, bek lincah Rizky Pora yang ikut membantu serangan tim Merah Putih mampu menjebol gawang Thailand lewat tendangan jarak jauh.

Hanya lima menit berselang, Indonesia kembali menjebol gawang tim tamu sekaligus berbalik unggul.

Tandukan Hansamu Yama Pranata gagal dijangkau kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan, dan membawa Indonesia memimpin 2-1. Skor ini bertahan hingga laga usai.

Kehadiran bendera Merah Putih raksasa di Stadion Pakansari, Bogor, setidaknya mampu mempertebal rasa nasionalisme para suporter dalam mendukung pemain yang tengah berjuang di atas lapangan.

Semuanya satu tujuan, yakni melihat Indonesia berjaya di Piala AFF 2016. Semangat Merah Putih benar-benar membakar para suporter. Leg kedua akan berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (14/12/2016). Semoga Garuda terbang lebih tinggi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya