Jelang Final Piala Presiden 2017, PBFC Laporkan Akun @MafiaWasit

Pusamania Borneo FC (PBFC) menggugat pemilik akun Twitter @MafiaWasit kepada pihak berwajib.

oleh Risa Kosasih diperbarui 08 Mar 2017, 12:00 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2017, 12:00 WIB
Pusamania Borneo FC (PBFC) saat berhadapan dengan Persib Bandung
Pusamania Borneo FC (PBFC) saat berhadapan dengan Persib Bandung (PSSI-FAI)

Liputan6.com, Jakarta - Jelang final Piala Presiden 2017, Pusamania Borneo FC (PBFC) membuat laporan kepada kepolian terhadap kicauan akun Twitter anonim, @MafiaWasit. Akun tersebut digugat lantaran dianggap melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam rilis resmi klub yang diterima Liputan6.com pada Selasa (7/3/2017) malam tadi Head Media Officer PBFC Abe Hedly mengungkapkan pihaknya telah mengumpulkan bukti terkait dugaan pelecehan yang dilakukan @MafiaWasit.

"Ya, benar kami akan laporkan akun Twitter mafia wasit ke pihak kepolisian, disertai bukti-bukti yang kami anggap sudah menyalahi hukum di republik ini. Ini akan jadi pelajaran bagi pemegang akun tersebut agar bisa lebih berhati-hati. Kami yakin pihak kepolisian bisa memproses kasus ini dan mengungkap siapa sosok dibalik itu," ucap Abe.

Ada beberapa pasal yang jadi pertimbangan manajemen PBFC sehingga melaporkan akun tersebut ke kepolisian, yakni Pasal 27 UU ITE 1 dan 3, Pasal 28 UU ITE 2 dan Pasal 32 UU ITE 1. Pasal-pasal lain bisa saja bertambah jika dalam proses pengembangan ditemui bukti baru.

Abe mengungkapkan akun Twitter @MafiaWasit  telah menyerang secara personal pemilik klub, Nabil Husein, dalam sebuah kicauan yang diunggah pada Oktober 2016 lalu. Gambar Nabil yang dibuat dalam sebuah koreografi oleh suporter Pesut Etam diubah menjadi sosok seorang penyanyi dangdut Indonesia, Nassar.

"Awalnya kami tidak terlalu memperdulikan hal ini, karena bagi kami ada hal yang lebih penting, hanya saja makin kesini, akun tersebut kebablasan, sehingga perlu dilakukan pencegahan agar tidak berimbas lebih jauh, terutama soal citra tim kami yang digiring ke arah negatif," tutur Abe.

"Sebenarnya bukan hanya kami yang dirugikan, banyak pihak lain juga dibahas di akun tersebut, hanya saja kami menyikapi serius kasus ini dengan memperkarakan pemegang akun itu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duel Berat

Pusamania Borneo FC (PBFC) saat berhadapan dengan Persib Bandung
Pusamania Borneo FC (PBFC) saat berhadapan dengan Persib Bandung (PSSI-FAI)


PBFC tengah bersiap menghadapi final Piala Presiden 2017 melawan Arema FC. Keduanya bakal bertemu pada Minggu (12/3/2017) di Stadion Pakansari, Bogor.

Ini bakal menjadi tantangan berat buat PBFC bisa kalahkan Arema FC di laga final Piala Presiden. Namun PBFC sudah melalui pertarungan berat seperti kalahkan Persib Bandung di semifinal lalu.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya