Muenchen Vs Real Madrid: Gol Tercepat di Liga Champions Tercipta

Laga seru dan sengit bakal terhampar di Allianz Arena saat tim tuan rumah Bayern Munich meladeni Real Madrid, Kamis (13/4/2017) dinihari WIB

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 11 Apr 2017, 19:20 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2017, 19:20 WIB
Bayern Munich Vs Real Madrid
Striker Bayern Muenchen Roy Makaay usai menciptakan gol ke gawang Real Madrid. Itu adalah gol tercepat dalam sejarah Liga Champions (scoopnest.com)

Liputan6.com, Jakarta - Laga seru dan sengit bakal terhampar di Allianz Arena saat tim tuan rumah Bayern Muenchen meladeni salah satu seteru abadinya di Eropa, Real Madrid dalam leg pertama Babak 8 Besar Liga Champions, Kamis (13/4/2017) dinihari.

Berbicara mengenai laga Muenchen Vs Real Madrid, gol 10 detik Roy Makaay ke gawang Iker Casillas di Liga Champions 2007, menjadi salah satu yang paling dikenang. Bagaimana tidak, gol itu menahbiskan Makaay sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Champions.

Bukan hanya itu, gol tersebut jadi titik mula kebangkitan FC Hollywood sehingga membalikkan keadaan dan lolos ke perempat final. Muenchen pada leg pertama kalah 2-3 dari Real Madrid di Santiago Bernabeu. Muenchen pun setidaknya butuh satu gol tanpa kebobolan untuk lolos ke perempat final.

Semangat membalikan keadaanlah yang tampaknya langsung membuat Oliver Kahn dan kawan-kawan langsung tancap gas. Empat pemain Muenchen langsung berada di daerah Madrid begitu kick off dilakukan Raul Gonzalez dan kawan-kawan.

Hasilnya, Roberto Carlos panik dan kehilangan bola. Hasan Salihamidzic yang menempel ketat Carlos tak mau kehilangan kesempatan. Pemain asal Bosnia Herzegovina itu melewati Carlos dan menyisir sisi kiri pertahanan Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Umpan Salihamidzic

Salihamidzic lalu mengirim umpan silang pada Makaay yang langsung menendang bola ke pojok kiri gawang Iker Casillas. Gol itu terjadi saat pertandingan baru berumur 10 detik. Ribuan suporter Bayern yang memadati Allianz Arena pun bersorak gembira.
Pemain Muenchen, Hasan Salihamidzic (kiri) bersitegang dengan Fabio Cannavaro di Liga Champions 2007. (AFP/Javier Soriano)

Gol itu mengawali kemenangan 2-1 Muenchen atas Real Madrid. Satu gol Muenchen lainnya dicetak oleh Lucio (66'). Sementara, sebiji gol Madrid lahir lewat penalti Ruud van Nistelrooy di menit 89. Agregat memang sama 4-4, namun Muenchen lolos ke perempat final karena unggul produktivitas gol tandang.

"Gol awal mengubah total pertandingan. Semua rencana dan persiapan kami sia-sia. Setelah hanya 11 detik, kami harus menghadapi situasi yang tak menguntungkan. Itu adalah situasi yang sangat sulit," kata Pelatih Real Madrid saat itu, Fabio Capello.


Belum Terpecahkan

Hingga kini, gol 10 detik milik Makaay belum terpecahkan. Pemain Muenchen lainnya, David Alaba pernah hampir memecahkan gol tersebut.

David Alaba pernah hampir memecahkan rekor Roy Makaay. (AFP/Lukas Barth)

Hal itu terjadi saat Muenchen menjamu Juventus di Liga Champions 2013/14. Alaba menciptakan gol saat pertandingan baru berusia 24 detik.  Namun itu bukanlah gol kedua tercepat yang pernah tercipta di Liga Champions.

Gol kedua tercipta di musim 2011 di pertandingan Bayer Leverkusen Vs Valencia. Adalah gelandang Valencia, Jonas yang menciptakan gol ke gawang kiper Leverkusen, Bernd Leno di detik 10,96.

Lima gol tercepat di Liga Champions

1. Gol Roy Makaay (Bayern Vs Real Madrid): 10,42 detik
2. Gol Jonas (Leverkusen Vs Valencia): 10,96 detik
3. Gol Gilberto Silva (Arsenal Vs PSV Eindhoven): 20,7 detik
4. Gol Diogo Rincon (Dynamo Kiev Vs Fenerbahce): 24,00 detik
5. David Alaba (Bayern Vs Juventus): 24,18 detik

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya