MotoGP: Vinales Takut Kritik Michelin, Ini Alasannya

Meski mengeluhkan ban, Vinales tak pernah menyebut nama Michelin sepanjang MotoGP 2017.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 08 Mei 2017, 21:00 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2017, 21:00 WIB
MotoGP
Maverick Vinales, gagal tampil impresif pada MotoGP Spanyol 2017, Minggu (7/5/2017), sehingga harus puas finis di posisi keenam. (EPA/Roman Rios)

Liputan6.com, Jerez - Pada MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017), Maverick Vinales mendapatkan hasil yang lebih baik dari rekan setimnya, Valentino Rossi. Namun, pembalap Movistar Yamaha itu tetap tak bisa puas dengan hasilnya.

Awalnya, Vinales diprediksi bakal melaju kencang pada MotoGP Spanyol. Itu karena ia mendapatkan hasil bagus pada sesi pemanasan empat jam sebelum balapan. Kala itu, Vinales menjadi yang tercepat bersama pembalap Ducati, Jorge Lorenzo.

Sayang, hasil tersebut gagal dijadikan Vinales sebagai modal bagus saat balapan berlangsung. Sempat berjuang untuk posisi ketiga, Vinales yang start dari urutan keempat justru hanya bisa finis di posisi keenam.

Namun, ia tak seperti Rossi, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa yang secara terang-terangan melancarkan kritik kepada Michelin selaku pemasok ban. Itu karena Vinales memiliki alasan tersendiri.

"Mereka (Michelin) akan mengirimkan email jika Anda berbicara buruk soal merek. Itu logis dan normal karena semua orang ingin memiliki citra yang bagus dan dipuji semua orang. Saya adalah salah satu dari beberapa pembalap yang tak pernah mengeluh soal Michelin," ujar Vinales, dilansir Tuttomotoriweb.

Pedrosa yang notabene juara MotoGP Spanyol 2017 juga ikut mengeluhkan kinerja ban Michelin. Usai balapan, ia mengaku nyaris kecelakaan dalam beberapa momen, terutama saat melewati beberapa tikungan. Ia pun menyesalkan harus menggunakan ban depan keras yang bukan favoritnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Masalah

Senada dengan Pedrosa, Marquez juga melemparkan kritik soal performa ban. Menurut The Baby Alien, ban depan motornya terlalu soft. Akibatnya, ia pun mengalami banyak goyangan saat memacu motornya.

Untuk Rossi, sejak awal musim ia memang sudah mengeluhkan ban. Usai melakoni sesi kualifikasi MotoGP Spanyol, The Doctor menegaskan bahwa ban baru yang disediakan Michelin tak memiliki perbedaan signifikan. Di waktu yang sama, Rossi juga menganggap ban sebagai faktor penentu dalam balapan.



"Dalam dua balapan (Austin dan Jerez) ban kami sempurna di pemanasan dan tidak bekerja saat balapan. Bukan hanya saya, tapi juga Valentino. Mungkin jika Valentino finis ketiga, saya bisa mengatakan kami salah pada setting-an motor. Pada akhirnya, saya melihat banyak masalah sama seperti yang saya miliki," tegas Vinales.


Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi: 62
2. Maverick Vinales: 60
3. Marc Marquez: 58
4. Dani Pedrosa: 52
5. Andrea Dovizioso: 41
6. Johann Zarco: 35
7. Cal Crutchlow: 29
8. Jonas Folger: 29
9. Jorge Lorenzo: 28
10. Danilo Petrucci: 26
11. Scott Reddng: 26
12. Jack Miller: 21
13. Aleix Espargaro: 17
14. Alvaro Bautista: 14
15. Loris Baz: 12
16. Hector Barbera: 12
17. Andrea Iannone: 9
18. Karel Abraham: 9
19. Tito Rabat: 8
20. Alex Rins: 7
21. Bradley Smith: 3
22. Pol Espargaro: 2
23. Sam Lowes: 0
24. Takuya Tsuda: 0

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya