Rossi Belum Pede Bisa Menang di MotoGP Prancis

Rossi masih berkutat dengan ban yang akan dipakai di balapan MotoGP Prancis nanti.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Mei 2017, 14:00 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2017, 14:00 WIB
Valentino Rossi
Ekspresi kekecewaan Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, usai mendapatkan hasil buruk pada latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Spanyol 2017. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Liputan6.com, Le Mans - Hasil sesi latihan bebas pertama dan kedua buat Valentino Rossi bersikap pesimistis bisa merebut kemenangan pada balapan seri kelima di Grand Prix Prancis akhir pekan ini. Ramalan cuaca di Sirkuit Le Mans menjadi salah satu faktor penyebab juara dunia tujuh kali MotoGP kurang percaya diri.

Sudah bukan rahasia lagi jika kondisi cuaca di Le Mans seringkali berubah-ubah (hujan, berangin, kondisi trek dingin, dan panas). Hal itulah yang menyebabkan Rossi kesulitan untuk menentukan pilihan ban yang akan digunakannya pada akhir pekan nanti.

Akibatnya, Rossi hanya mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 40.894 detik selama latihan bebas hari pertama berlangsung, Jumat (19/5/2017). Ini terjadi lantaran di tengah FP1, para pembalap terpaksa kembali ke paddock untuk mengganti ban basah dengan kompon yang agak lebih lunak.

"Penting bagi kami untuk meningkatkan kepercayaan diri setelah berjuang di Jerez. Saya secara konsisten kompetitif, terutama di sore hari, dan bisa melakukannya lebih baik tapi saya terlambat memasang ban baru dan membutuhkan beberapa putaran lagi untuk menyelesaikannya sampai saya menemukan suhu yang tepat," kata Rossi seperti dikutip dari GPOne, Sabtu (20/5/2017).

Tapi bagaimanapun Rossi saat ini merupakan pembalap yang mampu memimpin klasemen MotoGP usai empat seri tanpa kemenangan sejak Nicky Hayden pada 2006. Tapi nilai yang dikumpulkan The Doctor (62 poin) ternyata jumlah poin terendah yang pernah diraih seorang rider di kelas tertinggi usai empat seri pertama, sejak sistem poin yang ada sekarang diberlakukan pada 1993. (David Permana)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya