Punya Rekor Ciamik, Marquez Optimistis Juara MotoGP Jerman

Sejak era MotoGP pada 2002, Honda merupakan pabrikan tersukses di Sirkuit Sachsenring.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 30 Jun 2017, 13:00 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2017, 13:00 WIB
Marc Marquez, MotoGP
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Liputan6.com, Sachsenring - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez optimistis mencatat kemenangan di MotoGP Jerman, akhir pekan ini. Marquez sangat percaya diri karena dia dan timnya punya rekor ciamik di Sirkuit Sachsenring.

Sejak era MotoGP pada 2002, Honda merupakan pabrikan tersukses di Sirkuit Sachsenring. Pabrikan asal Jepang itu sudah mencatatkan 11 kemenangan di MotoGP Jerman.

Marquez sendiri merupakan pembalap terbaik di MotoGP Jerman. Dia mengoleksi kemenangan terbanyak di Sachsenring, yakni tujuh kali, sekali di kelas 125cc, dua kali Moto2, dan empat kali di MotoGP.

"Ini merupakan sirkuit yang cocok buat saya dan Honda. Kami akhirnya tiba di sirkuit yang selalu dimenangi Honda pada masa lalu," ujar Marquez yang menjuarai MotoGP Jerman sejak 2013 hingga 2016, dikutip dari Crash.

Namun untuk MotoGP Jerman tahun ini, pria berusia 24 tahun itu mengkhawatirkan dua hal yang bisa merusak ambisinya dalam meraih kemenangan kelima beruntun di Sirkuit Sachsenring. Dua hal tersebut adalah lintasan yang baru di aspal dan perubahan cuaca.

"Tahun ini berbeda dari sebelumnya. Permukaan lintasannya baru. Kita harus melihat bagaimana cara kerja ban. Satu lagi, balapan tahun lalu dipengaruhi oleh bendera karena perubahan cuaca. Semuanya bisa berubah karena dua hal itu," ucap Marquez.


Sirkuit Khusus

Sachsenring merupakan salah satu dari lima sirkuit yang unik di MotoGP 2017. Berbeda dengan sikuit-sirkuit lainnya, Sachsenring memiliki kekhususan tersendiri.

Sirkuit ini berlawanan arah jarum jam, seperti sirkuit di Austin, Aragon, Philip Island, dan Valencia. Kondisi ini yang membuat banyak pembalap kesulitan saat berada di lintasan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya