Petinju Kelas Berat Wladimir Klitschko Pensiun

Wladimir Klitschko dipastikan batal menjalani rematch melawan Anthony Josua.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 03 Agu 2017, 16:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2017, 16:00 WIB
Wladimir Klitschko
Ekspresi Wladimir Klitschko saat bertanding melawan Tyson Fury dalam perebutan gelar juara dunia tinju kelas berat WBA, IBF, WBO dan IBO di Duesseldorf, Jerman, (28/11/2015). (AFP/Patrik Stollarz)

Liputan6.com, Jakarta Keputusan mengejutkan diutarakan oleh petinju kelas berat, Wladimir Klitschko. Pria asal Ukraina itu memutuskan pensiun setelah 21 tahun berkarier di dunia tinju profesional. 

Keputusan ini sekaligus membatalkan rencana pertarungan ulang Klitschko melawan Anthony Josua yang dijadwalkan berlangsung 11 September 2017. Sebelumnya, Klitsckho kalah TKO saat bertemu Josua di Stadion Wembley, Inggris. 

"Saya sudah meraih semua yang saya impikan dan sekarang saya ingin mengawali karier kedua saya setelah olahraga," kata Klitschko, seperti dilansir BBC.  

Klitschko menjalani debutnya di tinju profesional pada tahun 1996. Sepanjang karier Klitschko telah menjalani 69 laga dengan 64 kali menang (53KO) dan 4 kali kalah (4KO).

Sebelum terjun ke tinju profesional, Klitschko mengawali kariernya dari amatir. Petinju berusia 41 tahun tersebut merupakan pemegang medali emas Olimpiade Atlanta 1996. 

Memasuki dunia profesional, Klitschko menjelma menjadi monster menakutkan. Dia bahkan sempat kesulitan untuk menemukan lawan berarti dan menjadi petinju kelas berat dengan rekor mempertahankan gelar terlama kedua setelah Joe Louis.

Sepanjang karier, Klitschko mengamankan 18 gelar dan bertahan sebagai petinju kelas berat teratas hingga sembilan tahun tujuh bulan. "Saya tidak pernah membayangkan bahwa meraih kesuksesan yang luar biasa di karier bertinju saya," beber Klitschko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya