Pembalap Jerman Rajai Etape 3 Tour de Singkarak

Meski begitu, pembalap Jerman ini belum bisa puncaki klasemen sementara Tour de Singkarak.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Nov 2017, 12:30 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2017, 12:30 WIB
Tour de Singkarak 2017
Tour de Singkarak 2017 (Eri Naldi)

Liputan6.com, Solok - Pembalap asal Jerman Robert Muller merajai etape 3 Tour de Singkarak pada Selasa (21/11/2017). Pembalap dari tim Embrace The World Cycling kembali menduduki posisi pertama setelah pada etape pertama juga menjadi yang tercepat.

Pembalap asal Jerman yang memperkuat Embrace The World Cycling Team itu unggul 2 detik dari pembalap yang finis di urutan dua, yaitu Choon Huat Goh dari Terengganu Cycling Team dan posisi tiga Samuel Volkers dari CCN Cycling dengan waktu 04:03:59.

Sebelum menjadi yang terbaik di Dharmasraya, pembalap bernomor start 122 ini juga menjadi yang terbaik di etape pertama yang finis di Pantai Padang. Meski dua kali meraih kemenangan, Muller pada klasemen umum  Tour de Singkarak tetap terlempar dari posisi 10 besar.

Dengan kemenangan ini, Muller berhak menyadang predikat raja sprint (green jersey) setelah mampu mengumpulkan 47 poin atau mengambil alih posisi Daniel Whitehouse dan CCN Cycling Team yang saat ini tertahan di posisi dua klasemen dengan raihan 20 poin.

Untuk predikat raja tanjakan (polkadot jersey) hingga etape tiga masih dipegang pembalap asal Tabriz Shahrdary Team, Khalili Khorsid dengan raihan 15 poin. Adapun posisi dua dipegang rekan satu timnya, Ghader Mizbani yang mengumpulkan 12 poin. Ghader hingga saat ini tetap memegang yellow jersey tanda pembalap tercepat. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Pembalap Indonesia

Tour de Singkarak 2017 Bakal Berhadiah Total Rp 2,3 Miliar
Event sport tourism, Tour de Singkarak yang diselenggarakan kesembilan kalinya ini bakal menyediakan hadiah total Rp 2,3 miliar.

Adapun pembalap Indonesia tercepat di etape tiga adalah Imam Arifin dari KFC Cycling Indonesia yang finis di urutan empat dengan waktu 04:05:17. Dengan demikian, pemegang red white jersey tidak berubah, yaitu Jamal Hibatulloh.

Direktur Balap Jamaludin Mahmud menyebutkan, pembalap terbaik dari Indonesia diraih oleh Arifin Muhammad Imam dari KFC Cycling Team yang berhasil mencatat waktu 4.05.17. Disusul Kumiawan Maulana Fahrizal dari Advan Customs Cycling Team dengan catatan waktu 4.05.20.

Posisi ketiga diraih Hidayat Firman dari BRCC Banyuwangi dengan torehan waktu 4.05.20. Pada Etepe ketiga ini yang dimulai dari Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung dan Finis di Kabupaten Dharmasraya dengan jarak 161,3 kilometer ini, hanya diikuti oleh 90 pembalap.

"Karena beberapa pembalap yang ikut pada Etape 2 tersingkir lantaran gagal Finis," kata Jamaludin.


Trayek Menanjak

Tour de Singkarak 2015
Pembalap lewati trek menanjak di etape 3 tour de Singkarak (Bola.com/Arief Bagus)

Dalam balapan hari ini, pembalap akan dihadapkan dengan satu balapan menanjak dan tiga balapan dengan kecepatan penuh atau sprint. Balapan menanjak pertama akan ditemui pembalap di kawasan Tanjung Gadang, atau tepatnya di kilometer ke 38 setelah start. Balapan menanjak kategori 3 tersebut terdapat di ketinggian 311 MdPL.

Sebelumnya, pada Etape kedua, pembalap sepeda Inggris Whitehouse Daniel dari CCN Cycling Team berhasil menjadi yang tercepat di etape II Tour de Singkarak (TdS) 2017 dari Pesisir Selatan menuju Sawahlunto, Minggu, (19/11/2017).

Daniel finis terdepan dengan membukukan waktu 4 jam 3 menit dan 3 detik melewati lintasan sepanjang 155,9 kilometer.

(Surya Purnama)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya