Tontowi / Liliyana Melenggang ke Semifinal Super Series Finals

Tontowi/Liliyana memastikan langkah ke babak semifinal BWF Super Series Finals 2017.

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 14 Des 2017, 22:01 WIB
Diterbitkan 14 Des 2017, 22:01 WIB
Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir
Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir. (Humas PP PBSI)

Dubai - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, lolos ke semifinal BWF Super Series Finals 2017 setelah mengalahkan ganda Malaysia, Tan King Meng/Lai Pei Jing, dalam dua gim langsung 21-17, 21-19 di Dubai, Kamis (15/12/2017).  

Pertandingan berjalan menarik sejak gim pertama. Tontowi/Liliyana mendapat perlawanan alot dari Tan/Lai sejak awal. Kedua pasangan sama-sama bermain agresif sehingga kejar mengejar poin berjalan ketat.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mulai bisa membuka gap pada pertengahan gim pertama. Saat interval, juara dunia 2017 tersebut unggul 11-8.

Performa Tontowi/Liliyana makin agresif setelah interval. Liliyana menyulitkan ganda Malaysia berkat permainan apik di depan net. Tan/Lai kerap kesulitan atau tertipu oleh penempatan shuttlecock oleh Liliyana. Gim ini berhasil dimenangi Tontowi/Liliyana dengan margin empat poin.

Gim kedua berjalan lebih menarik. Ganda Malaysia berusaha memegang kendali, namun upaya mereka selalu kandas karena Tontowi/Liliyana menunjukkan pertahanan solid. Namun, saat interval Tan/Lai berhasil unggul tipis 11-10.

Setelah interval kejar-mengejar poin masih terjadi. Tontowi/Liliyana unggul 17-14, namun skor berhasil disamakan oleh ganda Malaysia.

Pada kondisi krusial ini, Tontowi/Liliyana berhasil main tenang dan taktis. Mereka akhirnya menyudahi pertandingan ini setelah memenangi gim kedua dengan skor tipis 21-19.

Kemenangan tersebut sudah cukup membawa Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ke semifinal. Tiket ke babak empat besar sudah aman masuk genggaman karena peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2017 tersebut juga memenangi laga pertama Grup B kontra ganda Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Ini merupakan kali pertama Owi/Butet melangkah ke semifinal BWF Super Series Finals untuk kali pertama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya