Cetak Hattrick, Messi Lewati Salah di Perburuan Sepatu Emas

Lionel Messi berpeluang besar mempertahankan gelar Sepatu Emas Eropa.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 30 Apr 2018, 15:40 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2018, 15:40 WIB
Liverpool, Stoke City
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, mendapat pengawalan ketat dari pemain Stoke City pada lanjutan Premier League, Sabtu (28/4/2018). Laga ini berakhir dengan hasil imbang 0-0. (Martin Rickett/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi tampil gemilang saat Barcelona bertemu Deportivo La Coruna pada lanjutan La Liga, Minggu (29/4/2018) atau Senin dini hari WIB. Dalam duel ini, Messi mencetak hattrick untuk melengkapi kemenangan 2-4 yang diraih Blaugrana di Estadio Municipal de Riazor. 

Kemenangan ini sekaligus membawa Barcelona mengunci gelar La Liga musim ini. Barca sudah tidak terkejar di puncak klasemen setelah mengemas 86 poin dari 34 pertandingan. 

Kemenangan ini sekaligus memanaskan rivalitas Messi dan Mohamed Salah dalam perburuan gelar Sepatu Emas Eropa musim ini. Messi yang sebelumnya berada di bawah Salah, kini kembali memimpin setelah menambah koleksi golnya ke gawang Deportivo La Coruna. 

Sebelum Barcelona bertandang ke markas Deportivo La Coruna, Messi masih tertinggal dua gol dari Salah. Namun berkat hattrick-nya, Messi kembali merebut puncak klasemen dengan koleksi 32 gol dan 64 poin. Sedangkan Salah di urutan kedua dengan 31 gol dan 62 poin. 

Menyusul koefisien yang sama antara La Liga dan Liga Inggris membuat persaingan Messi dan Salah semakin sengit. Tentu saja tanpa mengurangi peluang Ciro Immobile (Lazio) yang menguntit di posisi ketiga dengan 29 gol dan 58 poin atau striker Bayern Munchen, serta Robert Lewandowski yang berada di urutan keempat dengan koleksi 28 gol dan 56 poin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peluang Messi

Top Scorer Liga Champions,
Lionel Messi menjadi salah satu kandidat top scorer Liga Champions 217-2018. Hingga babak 16 besar Messi baru mengoleksi enam gol, dan masih tertinggal jauh dari Ronaldo. (AP/Manu Fernandez)

Sementara itu, peluang Messi untuk merasakan kembali gelar bergengsi ini semakin terbuka lebar mengingat Barcelona masih menyisakan empat pertandingan lagi di pentas La Liga. Sementara, Salah hanya punya dua laga bersama Liverpool untuk menambah pundi golnya.

Messi sendiri sudah empat kali meraih gelar sepatu emas Eropa. Pada musim 2009/10, Messi berhasil mengemas 34 gol. Ketajaman Messi semakin menjadi pada musim berikutnya. Dia mencatat rekor 50 gol saat merebut gelar sepatu emas pada musim kompetisi 2011-12. 

Selanjutnya, Messi meraih sepatu emas pada musim 2014-15 dengan koleksi 48 go. Penghargaan sama diraih tahun lalu, dengan jumlah gol yang menurun, yakni 46 gol. 

Messi Tiga Gol, Barcelona Pastikan Gelar Juara Liga Spanyol
Striker Barcelona Lionel Messi merayakan golnya bersama rekan setimnya Jordi Alba saat bertandang ke kandang Deportivo dalam pertandingan La Liga Spanyol di stadion Riazor, Spanyol (29/4). (AFP/Miguel Riopa)

Dilema Messi

Sebelum musim berakhir, Barcelona akan bertandang ke markas Levante dan menjamu Real Madrid, Villarreal, dan Real Sociedad. Messi tentu saja ingin sekali tampil di empat laga tersisa. Namun, La Pulga juga menghadapi dilema bila terlalu memaksakan diri. 

Pasalnya, Piala Dunia 2018 tinggal sebentar lagi. Turnamen akbar ini mulai bergulir Juni mendatang. Messi tentu perlu memikirkan kebugarannya menghadapi hajatan ini. Apalagi, tahun ini kemungkinan bakal menjadi kesempatan Messi membawa gelar bagi Argantina.  

Nasib yang sama juga mengintai Salah. Pemain asal Mesir ini juga harus membagi konsentrasinya karena Liverpool masih tampil di semifinal Liga Champions. Padahal, kesempatannya menambah pundi gol dalam perebutan sepatu emas Eropa hanya menyisakan dua laga lagi, yakni saat Liverpool bertemu Chelsea dan Brighton. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya