Peran Suker dalam Kesuksesan Kroasia di Piala Dunia 2018

Legenda timnas Kroasia, Davor Suker buka suara soal keberhasilan lolos ke Final Piala Dunia 2018.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 14 Jul 2018, 06:36 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2018, 06:36 WIB
Davor Suker
Davor Suker (AFP)

Liputan6.com, Moskow - Legenda timnas Kroasia, Davor Suker buka suara soal keberhasilan lolos ke Final Piala Dunia 2018. Menurut Suker, salah satu kunci kesuksesan itu adalah kepercayaan yang ia berikan selaku Ketua Asosiasi Sepak bola Kroasia (HNS).

"Saya memberikan semuanya rasa percaya. Saya melayani mereka dan memberikan pelatih independensi. Saya tak pernah mempertanyakan keputusan pelatih dan kontinuitas adalah sangat penting," kata Suker seperti dilansir Marca.

Kroasia mencetak sejarah dengan lolos ke Final Piala Dunia untuk pertama kali. Sebelum ini, prestasi tertinggi mereka dalah lolos ke semifinal Piala Dunia 1998.

Ketika itu, Suker adalah ujung tombak timnas. Sayang, Suker dan kawan-kawan gagal ke final usai dikalahkan tuan rumah, Prancis.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta Mengejutkan

Prediksi Prancis vs Kroasia
Prancis vs Kroasia (Liputan6.com/Abdillah)

Selain Suker, yang turut punya andil pastinya adalah pelatih Zlatko Dalic. Pelatih berusia 51 tahun ini menjadi otak di balik kesuksesan Kroasia.

Namun siapa sangka, penunjukkan Dalic ternyata terjadi dengan cepat. Suker mengatakan, HNS melantik Dalic setelah hanya tujuh jam berdiskusi.

"Jam tujuh, kami berbicara dengan beberapa kandidat. Pada pukul 10, pagi hari berikutnya dia menerima dan pada sore harinya, dia ke Kiev untuk menemani tim nasional," kata Suker.


Partai Final

Partai Final Prancis Vs Kroasia sendiri akan berlangsung Minggu (15/7/2018) akhir pekan ini. Partai ini akan jadi ajang balas dendam Kroasia terhadpa kekalahan 20 tahun lalu.

Lima duel terakhir Prancis Vs Kroasia

Prancis 0-0 Kroasia

Kroasia 2-2 Prancis

Kroasia 0-2 Prancis

Prancis 3-0 Kroasia

Prancis 2-1 Kroasia

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya