5 Kesepakatan Juventus dan AC Milan di Pasar Transfer

Juventus dan AC Milan kerap jual beli pemain.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Agu 2018, 06:48 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2018, 06:48 WIB
Juventus
Leonardo Bonucci tinggalkan AC Milan dan kembali ke Juventus. (Twitter Juventus)

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa Serie A, Juventus dan AC Milan, kembali berbisnis di pasar transfer. Keduanya terlibat pada perpindahan tiga pemain yakni Gonzalo Higuain, Leonardo Bonucci dan Mattia Caldara.

Lewat laman resmi masing-masing, Juventus maupun AC Milan menyatakan bahwa Higuain dan Caldara menyeberang ke I Rossoneri. Sedangkan Bonucci kembali ke pangkuan I Bianconeri.

Kesepakatan dua klub ini sangat jarang terjadi di Eropa. Biasanya klub tidak akan melepas pemain kunci ke rival domestik. 

Nyatanya, praktik ini acap terjadi di Italia. Ketiga pemain tersebut bukanlah yang pertama pindah langsung dari Juventus ke AC Milan atau sebaliknya. Sebelumnya, ada beberapa nama lainnya yang lebih dulu melakukannya.

Siapa saja mereka? Berikut lima nama tenar tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Roberto Baggio

Ballon d'Or
Roberto Baggio. (AFP/Gerard Julien)

Baggio bergabung dengan Juventus pada tahun 1990 dari Fiorentina. Ia kemudian meraih kesuksesan di sana dengan memenangkan gelar Serie A, Piala UEFA, dan Coppa Italia.

Meskipun begitu, Baggio akhirnya dijual ke AC Milan pada tahun 1995 untuk memberi jalang kepada Alessandro Del Piero. Selama dua musim di Milan, Baggio hanya meraih satu gelar Serie A.


Edgar Davids

Edgar Davids
Edgar Davids. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Setelah namanya mencuat di Ajax, Davids pindah ke Italia bersama AC Milan. Namun, gelandang berjuluk The Pitbull itu gagal bersinar karena tak bisa menembus tim inti Rossoneri.

Davids kemudian dibeli Juventus pada tahun 1997. Ia menjadi pemain inti Marcelo Lippi dan ikut menyumbangkan tiga gelar Scudetto serta dua Piala Supercoppa Italia.


Filippo Inzaghi

img_pippo_inzaghi-3.jpg
Filippo Inzaghi. (AFP PHOTO/OLIVIER MORIN)

Juventus membeli Inzaghi pada tahun 1997 setelah tampil sangat mengesankan bersama Atalanta. Ia bersinar bersama Si Nyonya Tua dengan mengantarkan klub meraih gelar Serie A dan Supercoppa Italiana.

Meskipun begitu, Inzaghi dijual ke AC Milan pada tahun 2001 karena kedatangan David Trezeguet. Inzaghi menjadi bagian dari kesuksesan Milan saat memenangkan dua Scudetto dan dua gelar Liga Champions.


Christian Abbiati

img_abbiati-220911.jpg
Christian Abbiati. (AFP PHOTO/CHRISTOF STACHE)

Abbiati memperkuat Milan selama 15 tahun sejak 1998 hingga 2016. Selama periode tersebut, kiper Italia itu merasakan beberapa gelar termasuk tiga trofi Serie A dan satu Liga Champions.

Selama berkostum Milan, Abbiati sempat dipinjamkan ke Juventus pada musim 2005/06. Namun, ia hanya bermain 19 kali sebelum kembali ke Milan.


Andrea Pirlo

Pembelian Gratis Klub Seria A Italia
Andrea Pirlo. (AFP/Giuseppe Cacace)

Gelandang asal Italia tersebut tidak diperpanjang kontraknya oleh AC Milan karena dianggap masanya sudah habis. Juventus kemudian bergerak cepat untuk menampung Pirlo.

Keputusan Bianconeri tersebut ternyata sangat tepat. Sebab, Pirlo ikut mengantarkan Juventus meraih empat Scudetto secara beruntun.

 

Sumber: Bola.net

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya