Asian Games Diharapkan Dorong Ekonomi Nasional

Pertumbuhan ekonomi Jakarta tumbuh 0,34 persen, dengan Sumatera Selatan tembus hingga 0,5 persen, berkat Asian Games.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Agu 2018, 22:50 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2018, 22:50 WIB
Mural Asian Games Hiasi Kolong Jembatan Layang Tol
Pejalan kaki melintasi mural Asian Games 2018 yang menghiasi kolong Jembatan Layang Tol Bintaro, Jakarta, Senin (13/8). Mural tersebut untuk sosialisasi dan mendukung Asian Games. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 dalam hitungan hari berlangsung di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Event empat tahunan itu mulai bergulir 18 Agustus mendatang.

Seluruh atlet hingga kini terus giat berlatih. Pembenahan infrastruktur serta fasilitas rutin dilakukan demi suksesnya Asian Games 2018.

Sementara itu, kabar terakhir menyebutkan bahwa sebanyak 20 kontingen negara peserta Asian Games 2018 mulai menempati Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, jelang delapan hari sebelum upacara pembukaan pesta multicabang olahraga tertinggi di Asia itu.

Inasgoc mencatat 20 negara yang telah menempati Wisma Atlet Kemayoran menghuni sekitar 300 kamar tersedia. Kontingen Iran menjadi kontingen terbanyak yang hadir di Kemayoran dengan jumlah total 251 atlet dan ofisial.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan 10 GOR dan dua Venue Asian Games (Liputan6.com/M Radityo)
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan 10 GOR dan dua Venue Asian Games (Liputan6.com/M Radityo)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro optimistis momen Asian Games 2018 berpotensi memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Perkiraan awal kita pertumbuhan ekonomi di Jakarta mencapai 0,34 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Sedangkan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan diprediksi tembus hingga 0,5 persen," ujar Bambang Brodjonegoro usai menjadi pembicara simposium diaspora yang digagas Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Jakarta, Senin 13 Agustus 2018.


Berjalan Lancar

Pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun ini memang menyita perhatian banyak pihak, termasuk para buruh nasional yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Presiden KSPI, Said Iqbal, menegaskan masyarakat buruh KSPI mendukung jalannya Asian Games yang tertib dan damai.

"Kehormatan bagi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Nilai yang baik tercermin dari suksesnya pelaksanaan Asian Games. Indonesia harus juara," tutur Said Iqbal belum lama ini di Jakarta.

Asian Games 2018 berlangsung sejak 18 Agustus hingga 2 September. Sebanyak 45 negara peserta berjuang menjadi yang terbaik dengan mengikuti 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya