MotoGP: Rossi Sambut Folger Jadi Pembalap Penguji Yamaha

Folger dianggap memiliki pengalaman bagus di kelas MotoGP.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 09 Sep 2018, 06:24 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2018, 06:24 WIB
Jonas Folger
Jonas Folger resmi jadi pembalap penguji tim Yamaha MotoGP. (AFP/Robert Michael)

Liputan6.com, Misano - Keinginan Valentino Rossi soal sosok pengalaman untuk jadi pembalap penguji Yamaha di MotoGP akhirnya terkabul. Tim Garpu Tala telah menunjuk Jonas Folger sebagai pembalap penguji mereka.

Sejatinya, Rossi sudah cukup lama agar Yamaha segera memiliki pembalap penguji top di kelas MotoGP. Menurut The Doctor, hal itu yang ikut mempengaruhi penurunan performa Yamaha dalam dua tahun terakhir.

Bagaimana tidak, mereka sudah melewati satu tahun tanpa meraih kemenangan. Tercatat, podium juara terakhir Yamaha dipersembahkan Rossi pada MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen. Sejak itu, pencapaian terbaik para pembalap Yamaha hanya meraih podium kedua.

Pada akhirnya, Yamaha pun menjawab tuntutan The Doctor dengan mengangkat Folger sebagai pembalap penguji mereka. Dan pembalap asal Italia itu yakin langkah ini akan membawa Yamaha ke level terbaik.

"Saat ini, tim MotoGP memiliki pembalap penguji yang kompetitif. Ducati memiliki (Michele) Pirro, Honda memiliki (Stefan) Bradl. Mereka adalah pembalap yang sesungguhnya, bukan mantan pembalap. Ini sangat penting untuk membawa perbaikan. Saya senang," ujar Rossi, dikutip Tuttomotoriweb.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengalaman Bagus

Jonas Folger
Jonas Folger. (AFP/Robert Michael)

Folger sendiri saat ini tengah menganggur. Itu karena ia terpaksa absen di musim 2018 akibat sakit yang dideritanya. Posisinya sebagai pembalap Yamaha Tech 3 digantikan Hafizh Syahrin.

Meski sudah tak lama membalap, pengalamannya tetap akan berguna bagi Yamaha. Di musim 2017, sebagai seorang rookie, ia finis di urutan ke-10 di klasemen pembalap dari 13 balapan. Rapor terbaiknya adalah finis sebagai runner-up MotoGP Jerman 2017.

Kebetulan, Tech 3 tak akan lagi jadi bagian Yamaha di musim depan. Mereka sudah menjalin kontrak untuk jadi bagian KTM. Itulah mengapa Yamaha menjadikan Folger sebagai pilihan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya