3 Alasan Liverpool Belum Terkalahkan Musim Ini

Liverpool berpotensi menjadi juara Liga Inggris karena sudah memimpin jelang hari Natal.

oleh Defri Saefullah diperbarui 23 Des 2018, 07:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2018, 07:00 WIB
Kegembiraan Jurgen Klopp Usai Liverpool Taklukkan Everton
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp tersenyum sambil menghampiri bek Virgil van Dijk usai pertandingan melawan Everton pada lanjutan Liga Inggris di Anfield Stadium (2/11). Liverpool menang tipis atas Everton 1-0. (AFP Photo/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Liverpool masih kokoh berada di puncak klasemen Liga Inggris. Hingga pertandingan jelang Natal melawan Wolverhampton, Sabtu (22/12/2018) dini hari WIB, Liverpool belum terkalahkan.

Pada pertandingan pekan ke-18 itu, Liverpool sukses menang 2-0. Dua gol Liverpool disarangkan oleh Mohamed Salah dan Virgil van Dijk.

Dengan kemenangan ini, Liverpool makin kokoh di puncak klasemen dengan 48 poin. Berdasarkan catatan 9 Liga Inggris terakhir, 8 dari tim yang memimpin hingga Natal sukses menjadi juara Liga Inggris.

Masalahnya, Liverpool dihantui trauma kegagalan juara Liga Inggris meski memimpin di saat hari Natal. Saat itu, blunder Steven Gerrard sangat menentukan kegagalan Liverpool.

Di luar itu, ada 3 alasan mengapa Liverpool belum terkalahkan hingga pekan ke-18. Berikut rinciannya seperti dikutip sportskeeda:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Pertahanan Lebih Baik

Liverpool-Virgil Van Dijk
Bek Liverpool, Virgil Van Dijk memeluk pelatihnya Jurgen Kloop usai pertandingan melawan Everton di Piala FA di Anfield, Inggris (5/1). Bek termahal Liverpool ini mencetak gol penentu kemenangan Liverpool 2-1 atas Everton. (AP Photo / Rui Vieira)

Penyerangan adalah pertahanan terbaik. Sir Alex Ferguson sempat berujar serangan membuat MU menang, dan pertahanan sudah memberinya gelar juara.

Ini pula yang sudah ditunjukkan Liverpool musim ini. Selain memiliki tiga penyerang yang brilian, Liverpool juga punya pertahanan yang solid.

Kehadiran Virgil van Dijk dan Alisson Becker dari AS Roma paling berpengaruh di pertahanan Liverpool. Statistik bisa buktikan ketangguhan Liverpool.

Dari 32 laga Liga Inggris, Liverpool hanya kebobolan 17 kali. van Dijk diantaranya mampu membuat gawang Liverpool tak kebobolan atau cleansheet sebanyak 17 kali.


2. Kedalaman Skuat Lebih Baik

Liverpool vs Manchester United
Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri, merayakan gol ke gawang Manchester United pada laga Premier League di Anfield, Minggu (16/12/2018). (AFP/Paul Ellis)

Tim juara biasanya memiliki kedalaman skuat yang sangat baik. Ini pula yang dimiliki Liverpool musim ini.

Kehadiran Xherdan Shaqiri, Fabinho, Alisson Becker dan Naby Keita makin memperkaya tim Liverpool. Virgil van Dijk yang datang lebih awal membuat The Reds sempurna.

Pembelian Liverpool juga jitu. Contohnya Shaqiri dan Fabinho yang tampil brilian saat melawan MU.

Ini dulu yang dimiliki Manchester City. Namun The Citizens kini dihadang masalah cedera pemain.


1. Kemampuan Individual

Liverpool, Mohamed Salah
Mohamed Salah bermain apik saat Liverpool mengalahkan Wolverhampton Wanderers pada pekan ke-18 Premier League, di Stadion Molineux, Sabtu (22/12/2018) dini hari WIB. (AP Photo/Rui Vieira)

Satu hal yang menonjol dari Liverpool musim ini yaitu adanya pemain yang menonjol dalam hal kemampuan individual. Pemain-pemain ini bisa mengubah keadaan dengan cepat lewat permainan mereka.

Mohamed Salah, Firmino dan Mane diantaranya mutiara-mutiara yang dimiliki Liverpool. Ketiga penyerang The Reds ini bisa memberi teror ke pertahanan lawan dengan kualitas mereka.

Sedangkan stabilitas permainan dijaga oleh dua pemain senior seperti James Milner dan Jordan Henderson. Jangan dilupakan pula Liverpool punya dua fullback hebat.

Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson bisa merobek pertahanan lawan lewat skill mumpuni yang mereka miliki.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya