2018: Real Madrid, Liverpool dan Juventus Jadi Sorotan

Liverpool dan Juventus di ambang mencatatkan rekor tak terkalahkan di liga Inggris dan Italia.

oleh Defri Saefullah diperbarui 29 Des 2018, 17:15 WIB
Diterbitkan 29 Des 2018, 17:15 WIB
Liverpool Vs Napoli
Liverpool di ambang rekor 20 kali tak terkalahkan kalau menang lawan Arsenal dini hari nanti (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Liverpool dan Juventus bisa mengukir catatan ciamik saat 2018 segera berakhir dan berganti 2019. Fenomena kedua klub menjadi catatan sepak bola yang menarik sepanjang 2018 ini.

Ada pula kisah Real Madrid yang sukses menorehkan sejarah menjadi klub satu-satunya yang meraih gelar juara Liga Champions selama tiga musim beruntun. Real Madrid menorehkan itu usai kalahkan Liverpool 3-1 di laga final yang berlangsung di Wales.

Sedangkan di kompetisi reguler, Liverpool dan Juventus mencatatkan fenomena ciamik. Hingga menjelang tutup tahun pada Senin (31/12/2018) nanti, keduanya belum terkalahkan.

Liverpool menorehkan catatan sempurna dengan 16 kali menang 3 kali imbang. Liverpool juga sudah mencetak 43 gol dan hanya kebobolan 7 gol.

Sedangkan Juventus menorehkan 16 menang 2 kali imbang dari 18 pekan yang sudah dilalui di Liga Italia. Juventus hanya mencetak 36 gol dan kebobolan 10 gol.

Dua klub ini merupakan klub tradisional dengan fans fanatik di seluruh dunia. Kecuali Juventus yang sudah tujuh kali beruntun jadi juara serie A, keberadaan Liverpool yang jadi pemuncak klasemen menjelang pergantian tahun sungguh menjadi kabar gembira.

Bagaimana tidak. Liverpool sudah paceklik gelar sejak 1990 dan penantian yang lama itu bisa saja terbayarkan pada akhir musim ini.

Pemain Liverpool, Virgil van Dijk bersama Fabinho merayakan kemenangan atas Newcastle pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (26/12). Liverpool menang 4-0 atas Newcastle. (AP/Jon Super)

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp meminta pasukannya tidak jemawa dan lupa diri. Menurut dia keunggulan 6 poin dari posisi dua belum menentukan apa-apa.

"Kami harus memperbaiki diri dalam segala hal. Masih banyak hal yang akan ditunjukkan pemain," ujar Klopp.

Manajer asal Jerman ini juga membantah Liverpool dalam tekanan. Dia meyakini bukan dia yang tertekan saat ini, tapi Guardiola.

"Tak ada tekanan. Saya memang tak pernah merasa jadi pimpinan. Semua ini bisa beda kalau liga menyisakan 5 pertandingan lagi," ujar Klopp.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penentuan

Juventus vs Atalanta
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Atalanta pada laga Serie A di Stadion Atleti Azzurri, Bergamo, Rabu (26/12). Ronaldo menyelamatkan Juventus dari kekalahan dalam laga yang berakhir dengan skor 2-2. (Paolo Magni/ANSA via AP)

Laga Liga Inggris dan Italia akhir pekan ini bakal jadi penentu apakah Liverpool dan Juventus bisa menyapu bersih liga tanpa kekalahan selama setengah musim. Liverpool akan menguji ketangguhan mereka melawan Arsenal dini hari nanti.

Sedangkan Juventus akan menghadapi Sampdoria untuk merampungkan setengah musim tanpa kekalahan. Bagi Liverpool, target tanpa kekalahan semusim bukan target utama.

Liverpool lebih membidik untuk tampil konsisten dan memberikan yang terbaik hingga akhir musim nanti. Klopp mengatakan timnya bukanlah pemburu posisi puncak klasemen atau jadi target buruan tim lain. Mereka hanya ingin jadi tim terbaik.

"Kami hanya klub sepak bola yang ingin memberikan musim terbaik di hidup kami. Kami ingin lolos ke Liga Champions dan kami membangun itu," ujarnya.

Sementara itu, Juventus menunjukkan tren penurunan meski belum terkalahkan hingga pekan ke-18. Itu mulai terlihat saat mereka kalah 1-2 dari Young Boys di Liga Champions yang juga menjadi penanda kekalahan pertama mereka musim ini di seluruh kompetisi.

2. Cristiano Ronaldo (Juventus) - 11 gol dan 5 assist (AFP/Marco Bertorello)

Setelah itu, Juventus hanya mampu menang tipis lawan Torino dan As Roma sebelum diimbangi Atalanta akhir pekan lalu.

Pada saat ini, kecuali laga besok karena saya tak tahu bagaimana akhirnya, tim ini telah mengoleksi 16 kemenangan dan dua hasil imbang - itu bukan apa-apa. Dan kami finis di posisi pertama pada grup Liga Champions," ujar Allegri dikutip dari Football Italia.

"Jadi bila saya mendengar tentang Juventus sedang dalam masa krisis, mungkin panettone-nya (roti khas Italia yang sering dihidangkan pada Natal) kurang. Kecuali jika anda bercanda, saya bisa menerimanya," katanya.

 


Tim Terbaik

Ronaldo Cetak Gol ke-5.000 Juventus di Serie A
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (kanan) mendekati Giorgio Chiellini usai mencetak gol ke gawang Torino dalam Serie A Italia di Stadion Olimpiade, Turin, Italia, Sabtu (15/12). Gol Ronaldo menjadi gol ke-5.000 Juventus di Serie A. (Marco BERTORELLO/AFP)

Pada akhirnya torehan di 2018 masih harus dibuktikan pada akhir musim nanti atau sekitar Mei 2019. Siapa yang bakal jadi juara di liga masing-masing menjadi hal paling penting dibandingkan semuanya.

Juventus, Real Madrid dan Liverpool masih sama-sama berpeluang untuk menjadi juara di liga masing-masing. Mereka juga berpeluang menjadi juara Liga Champions yang tentunya akan menyempurnakan musim mereka.

2018 akan menjadi kenangan yang indah kalau diakhiri dengan rekor tak terkalahkan. Mampukah Liverpool dan Juventus melakukannya?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya