Mantan Bek Real Madrid Jadi Pelatih Timnas Tiongkok

Timnas Tiongkok menunjuk eks pemain Real Madrid, Fabio Cannavaro sebagai pelatih sementara.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 16 Mar 2019, 16:00 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2019, 16:00 WIB
Fabio Cannavaro
Fabio Cannavaro ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Tiongkok. (Nelson Almeida/AFP)

Liputan6.com, Beijing - Timnas Tiongkok menunjuk Fabio Cannavaro sebagai pelatih anyar mereka untuk sementara. Cannavaro akan mempersiapkan Timnas Tiongkok untuk turnamen Piala Tiongkok yang digelar pekan depan.

Mantan pemain Real Madrid dan Juventus itu sekarang menangani klub Liga Super Tiongkok, Guangzhou Evergrande. Cannavaro hanya menjalani tugas sebagai pelatih selama turnamen empat negara itu berlangsung.

Seperti dilansir Reuters, pada 21 Maret nanti, Cannavaro akan memulai tugas ketika Tiongkok melawan Thailand di semifinal. Uruguay dan Uzbekistan juga akan saling berhadapan dalam turnamen tersebut, yang akan digelar di Nanning.

Pertandingan final Piala Tiongkok itu akan digelar pada 25 Maret 2019.Cannavaro akan mendapatkan nasihat dari Marcello Lippi, yang sebelumnya mengundurkan diri dari posisi pelatih kepala, menyusul tersingkirnya Tiongkok pada perempat final Piala Asia pada Januari lalu.

Asosiasi Sepak Bola Tiongkok tidak mengatakan apakah penunjukkan Cannavaro itu permanen atau hanya untuk durasi Piala Tiongkok saja. Namun, kans Cannavaro terbuka lebar jadi pelatih tetap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


23 Pemain

img_cannavaro-201.jpg
Fabio Cannavaro pernah menjadi juara Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia (AFP PHOTO/Filippo MONTEFORTE)

Sebanyak 23 pemain dalam skuad Tiongkok sudah dipilih untuk turnamen tersebut, tapi penyerang Wu Lei, yang menyelesaikan musim terakhir sebagai pencetak gol terbanyak pada CSL sebelum bergabung dengan Espanyol akhir Januari lalu, tidak dimasukkan ke dalam tim.

Cannavaro banyak mengambil karier kepelatihan di benua Asia. Setelah sempat menjadi asisten pelatih di Al Ahli, Cannavaro menangani Guangzhou Evergrande, Al Nassr, Tianjin Quanjian, lalu kembali ke Guangzhou Evergrande.


Juara Piala Dunia

Karier Cannavaro sebagai pemain terbilang sukses. Dia pernah memperkuat Napoli, Parma, Inter Milan, Juventus, dan Real Madrid. Bersama Timnas Italia, Cannavaro juga menjadi juara Piala Dunia 2006.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya