5 Hal yang Perlu Diketahui Jelang Duel Mike Tyson Vs Roy Jones Jr

Mike Tyson dan Roy Jones Jr bakal bertarung lagi setelah 15 tahun pensiun dari tinju profesional.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 17 Nov 2020, 19:15 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2020, 19:15 WIB
Mike Tyson
Mike Tyson. (AFP/James Gilbert)

Liputan6.com, Jakarta Tidak sampai dua pekan lagi, Mike Tyson sudah 15 tahun pensiun bakal kembali naik ring lagi. Si Leher Beton itu bakal berhadapan dengan Roy Jones Jr di California, Amerika Serikat, 28 November 2020.

Ini merupakan penampilan perdana Mike Tyson sejak meninggalkan dunia tinju profesional pada tahun 2015 lalu. Mantan juara dunia kelas berat itu pamit setelah kalah dari Kevin McBride pada 11/6/2005. 

Kembalinya Mike Tyson tentu sangat dinantikan oleh para pencinta tinju di dunia. Maklum, sejak era Muhammad Ali berakhir, Mike Tyson merupakan primadona dalam dunia tinju kelas berat.   

Karier Tyson sangat fenomenal. Pria asal daerah kumuh di Brooklyn, Amerika Serikat, itu merupakan juara dunia tinju kelas berat termuda sepanjang sejarah. Rekor ini dicatatnya saat mengalahkan Trevor Berbick pada 22 November 1986. Saat itu, Tyson baru berusia 20 tahun 4 bulan, dan 22 hari. 

Sejak saat itu, namanya terus berkibar di panggung tinju profesional. Satu per satu lawan yang disodorkan promotor berhasil dipukul jatuh oleh Tyson. Selain gelar juara dunia tinju kelas berat versi WBC, Tyson juga berhasil merebut gelar yang sama untuk badan tinju WBA dan IBF. 

Sayang, kesuksesannya di atas ring membuat kehidupannya tidak terkendali. Mike Tyson akrab dengan obat-obatan dan sempat mendekam di penjara akibat tindak pidana pemerkosaan. 

Sebelum pensiun, Tyson juga mencatatkan noda dalam karier bertinjunya saat menjalani duel rematch melawan Evander Holyfield, 28 Juni 1997. Dalam laga ini, Tyson yang frustrasi menggigit satu per satu telinga Holyfield pada ronde ketiga. Wasit pun mendiskualifikasi Tyson dari pertandingan tersebut.

Nama Holyfield sebenarnya sempat mencuat saat pertama kali Tyson menyampaikan keinginannya naik ring lagi, pada bulan Agustus lalu. Namun trilogi mereka tidak terwujud karena Tyson memilih Jones jr. 

Lalu apa saja yang perlu diketahui dari pertandingan Mike Tyson vs Jones Jr, pada 28 November nanti?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini


Partai Ekshibisi

Mike Tyson terus mempersiapkan diri menghadapi duel amal melawan Roy Jones Jr
Mike Tyson terus mempersiapkan diri menghadapi duel amal melawan Roy Jones Jr (Instagram)

Pertarungan Mike Tyson melawan Roy Jones Jr hanyalah ajang ekshibisi saja. Artinya, pertarungan sengaja didesain tidak sekompetitif pertarungan tinju profesional biasanya. Duel akan berlangsung hanya 8 ronde saja di mana wasit tidak akan membiarkan keduanya melepas pukulan mematikan.

Pertarungan akan berlangsung di California, Amerika Serikat, pada 28 November 2020. Duel ini bakal di bawah pengawasan Komisi Atlet Negara Bagian California. 

 


Untuk Tujuan Amal

Mike Tyson Vs Evander Holyfield
Mike Tyson dan Evander Holyfield kembali berduel di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas pada 28 Juni 1997. Akan tetapi, laga akbar ini harus dihentikan pada ronde ketiga, karena Tyson menggigit kuping Holyfield. (AFP/JOHN GURZINSKI)

Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr, digelar untuk tujuan amal. Pendapatan yang diperoleh bakal disumbangkan kepada yang membutuhkan. Karena itu, Tyson meminta publik tidak berburuk sangka. 

"Tidak ada yang perlu khawatir saya akan bertambah kaya, cemburu atau mengatakan saya melakukannya untuk uang," kata Tyson.

"Saya tidak mendapatkan apapun. Saya hanya merasa baik bisa melakukan ini," ujarnya menambahkan.

 


Sempat Diundur

Pertarungan Mike Tyson melawan Roy Jones Jr sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada 12 September 2020 lalu. Namun pihak Tyson memutuskan untuk memundurkannya ke 28 November demi mendapatkan pemasukan yang lebih besar. Keputusan ini nyaris membuat Roy Jones Jr mundur.

 


Sama-sama Kepala Lima

Roy Jones Jr calon lawan Mike Tyson di laga amal, 28 November mendatang
Roy Jones Jr calon lawan Mike Tyson di laga amal, 28 November mendatang (Ethan Miller/AFP)

Baik Mike Tyson maupun Roy Jones Jr sama-sama sudah tidak muda lagi. Tyson saat ini sudah berumur 54 tahun, sementara lawannya hanya tiga tahun lebih muda. 

 


Tampil di markas LA Lakers

Pertarungan Mike Tyson melawan Roy Jones Jr bakal berlangsung di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Venue ini juga dikenal sebagai kandang juara bertahan NBA, LA Lakers. 

Menyusul pandemi virus Corona COVID-19 yang belum mereda di Amerika Serikat, pertandingan kemungkinan besar digelar tanpa penonton. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya