IBL 2021 Dipersingkat Jadi 3 Bulan, Tanpa Pemain Asing

IBL 2021 dipastikan tidak akan memakai pemain asing imbas dari pandemi Covid-19.

oleh Thomas diperbarui 29 Nov 2020, 07:30 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2020, 07:30 WIB
Ilustrasi Basket Ball
Ilustrasi bola basket IBL (ilustrasi/tarkbball.com)

Liputan6.com, Jakarta- IBL 2021 rencananya akan bergulir mulai 15 Januari 2021. Karena pandemi virus corona Covid-19 belum hilang, IBL melakukan beberapa penyesuaian di musim yang baru.

Musim 2021 akan berlangsungnya hanya selama tiga bulan saja. IBL 2021 direncanakan selesai pada 22 Maret. Kompetisi terpaksa dipadatkan karena dilangsungkan dengan sistem bubble atau gelembung.

"IBL 2021 berlangsung sampai Maret karena harus menyesuaikan dengan ajang FIBA dan juga bulan puasa. Meski demikian jumlahnya pertandingan tetap sama," ujar direktur utama IBL, Junas Miradiarsyah saat berbincang dengan media secara virtual, Sabtu (28/11/2020) siang.

IBL 2021 akan diikut 12 tim. Ada dua klub baru yang ikutan yakni West Bandit Solo dan Bali United. Nantinya ke-12 tim akan dibagi menjadi dua grup (merah dan putih). Klub yang tergabung di grup yang sama bertemu dua kali, sedangkan tim beda grup bersua sekali di musim reguler.

Musim reguler IBL hanya ada empat seri. IBL 2021 akan dibagi jadi dua fase. Yang pertama tiga seri pertama. Seri keempat akan dilangsungkan pada fase kedua berbarengan dengan play-off dan final.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Tanpa Pemain Asing

Ilustrasi Bola Basket
Ilustrasi Bola Basket/Unsplash

"Serinya kami padatkan menjadi empat dari biasanya delapan. Namun satu serinya jadi lebih panjang menjadi enam hari per seri. Ini karena kita masih pakai sistem gelembung, biar tidak merepotkan pemain dan tim. Rencananya seri awal di Jakarta," lanjut Junas.

Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19 IBL dengan berat hati memutuskan tak memakai pemain asing di musim 2021. Pemain asing baru akan hadir lagi musim berikutnya.

Prosedur baru dari pemerintah Indonesia untuk orang asing yang masuk ke tanah air di situasi pandemi Covid-19 menjadi kendala terbesar. Para pemain asing ini harus dikarantina selama 14 hari sebelum bisa berkumpul dengan timnya.


Naturalisasi

Sebagai gantinya IBL mengizinkan klub mendaftarkan pemain naturalisasi. Syaratnya pemain tersebut sudah punya paspor Indonesia selama satu tahun.

IBL juga menyiapkan langkah startegis untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. "Jika ada pemain yang positif maka akan ditunda pertandingannya. Dalam 3 hari kita cek ulang semua yang dilokasi," imbuh Junas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya