Hebat, Perenang Jepang Rebut Kemenangan Perdana Usai Sembuh dari Leukemia

Rikako Ikee kembali menapaki prestasi sebagai perenang yang sempat terganggu oleh penyakit leukemia.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 22 Feb 2021, 18:30 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2021, 18:30 WIB
Rikako Ikee
Rikako Ikee saat tampil pada sebuah kejuaraan di Tokyo, Jepang, tahun lalu (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Atlet asal Jepang, Rikako Ikee benar-benar petarung sejati. Vonis kanker Leukemia yang pernah menimpanya tidak menghalangi langkahnya untuk tetap mengukir prestasi di lintasan renang

Februari 2019 lalu menjadi momen yang tak terlupakan dalam hidup Ikee. Di usia yang belum genap 20 tahun, Ikee didiagnosa menderita leukemia, salah satu jenis kanker yang paling ditakuti. 

Meski demikian, harapannya tidak pernah pupus. Ikee memutuskan untuk menepi sejenak dari kolam renang dan menjalani terapi pengobatan selama 10 bulan di rumah sakit.

Kerja keras dan tekadnya untuk sembuh akhirnya berbuah hasil. Dia dinyatakan sembuh dan segera menekuni kembali profesi yang sempat ditinggalkannya, yakni sebagai atlet renang

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini


Kemenanan Perdana

Rikako Ikee, Si Cantik Peraih Enam Emas Asian Games 2018
Perenang Jepang, Ikee Rikako berpose usai dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Tak hanya meraih medali, Rikako juga tercatat sukses memecahkan enam rekor pada Asian Games 2018. (Juni Kriswanto/AFP)

Sejumlah kejuaran telah diikuti Ikee sejak tahun lalu. Namun seperti dilansir dari Marca, tahun ini Ikee akhirnya berhasil memenangkan nomor 50 meter gaya kupu-kupu di ajang Tokyo Open.

Ikee menorehkan catatan waktu 25,77 detik. Ikee hanya terpaut 0.26 detik dari pemegang dua medali emas Olimpiade asal Prancis, Marie Wattel. 

 


Berangsur Pulih

Rikako Ikee
Perenang Jepang, Rikako Ikee, meraih gelar Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 setelah meraih enam medali emas dan mencetak enam rekor renang. (AFP/Martin Bureau)

"Saya merasa seperti tengah berangsur-angsur pulih," katanya usai menyelesaikan lomba. 

"Saya tidak menyangka bisa berenang di bawah 26 detik, dan saya sangat terkejut," katanya. 

Saat ini, masih ada harapan Ikee bisa mendapat tempat di Olimpiade Tokyo 2020. 

 


Bintang Asian Games 2018

Rikako Ikee merupakan salah seorang perenang andalan Jepang. Namanya sempat mencuat pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, Indonesia. Pada pesta olahraga multieven se-Asia tersebut, Ikee berhasil merebut enam medali emas dan dua perak. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya