Jadi Pahlawan Tim di Piala Super Eropa 2021, Kiper Chelsea Jelaskan Situasi Jelang Adu Penalti

Chelsea mengalahkan Villarreal dan sukses memboyong Piala Super Eropa 2021. Tuchel jelaskan pergantian Edouard Mendy-Kepa Arrizabalaga

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 12 Agu 2021, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2021, 07:00 WIB
Chelsea vs Villarreal
Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga menyelamatkan tembakan terakhir saat adu penalti pertandingan sepak bola Piala Super UEFA antara Chelsea dan Villarreal di Windsor Park di Belfast, Irlandia Utara, Rabu, 11 Agustus 2021. (AP Photo/Peter Morrison)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea tampil sebagai juara Piala Super Eropa 2021 usai kalahkan Villarreal 6-5 lewat adu penalti di Windsor Park, Kamis dinihari WIB (12/8/2021). Sebelumnya kedua tim bermain imbang hingga perpanjangan waktu.

Jelang adu penalti, pelatih Chelsea menarik keluar kiper Mendy dan digantikan Kepa Arrizabalaga. Hasilnya, Kepa tampil sebagai pahlawan tim setelah berhasil menggagalkan tendangan Raul Albiol.

Usai pertandingan, manajer Chelsea Thomas Tuchel mengungkapkan soal penggantian Edouard Mendy dengan Kepa sebelum kemenangan adu penalti melawan Villarreal.

Tuchel menjelaskan bahwa dia dan tim ruang belakangnya telah memeriksa data untuk melihat kiper mana yang akan lebih siap dalam adu penalti.

"Itu tidak spontan. Kami membicarakannya dengan para penjaga gawang setelah pertandingan piala pertama melawan Barnsley. Kami memiliki beberapa statistik. Kami sudah siap," kata Tuchel kepada BT Sport seperti dikutip BBC Sport:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fantastis

Chelsea vs Villarreal
Cesar Azpilicueta dari Chelsea memegang trofi Liga Champions saat ia merayakan dengan rekan satu timnya sebelum dimulainya pertandingan persahabatan antara Chelsea dan Tottenham di stadion Stamford Bridge di London, Rabu, 4 Agustus 2021. (AP Photo/Matt Du

"Kepa memiliki persentase terbaik dalam menyelamatkan penalti, para analis dan pelatih kiper menunjukkan datanya kepada saya. Kami berbicara kepada para pemain bahwa ini bisa terjadi ketika kami bermain di pertandingan sistem gugur. Sungguh fantastis bagaimana Edouard menerimanya," ujarnya..

"Ada bukti bahwa Kepa lebih baik dalam disiplin ini. Mereka adalah pemain tim. Edouard tidak menunjukkan kebanggaan untuk tidak turun lapangan. Dia senang melakukannya untuk tim dan mengambil ini untuk tim," kata Tuchel.


Senang

Kepa Arrizabalaga menjadi pahlawan Chelsea dalam babak adu penalti ketika mengalahkan Kepa Arrizabalaga pada Piala Super Eropa di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis (12/8/2021) dini hari WIB.
Kepa Arrizabalaga menjadi pahlawan Chelsea dalam babak adu penalti ketika mengalahkan Kepa Arrizabalaga pada Piala Super Eropa di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis (12/8/2021) dini hari WIB. (AP/Peter Morrison).

Di tempat terpisah Kepa menambahkan: “Ini bukan situasi yang biasa tetapi kami sampai pada adu penalti setelah Edouard melakukan pekerjaan yang fantastis. Akhirnya kami menang dan kami sangat senang."

"Saya siap karena saya tahu ini bisa terjadi. Saya mencoba untuk siap secara mental dan fisik."


Bantu Tim

Skor Kacamata Akhiri Laga Chelsea Vs Man United
Kiper Chelsea, Edouard Mendy menginstruksikan rekannya saat bertanding melawan Manchester United pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge Stadium di London, Inggris, Minggu (28/2/2021). Tambahan satu poin tidak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen . (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Sedangkan Mendy mengaku senang meski posisinya digantikan Kepa. “Saya senang karena kami menang. Saya tahu sejak tahun lalu bahwa jika Kepa datang ke lapangan, dia akan membantu tim."

"Ini adalah upaya tim. Kami bermain untuk Chelsea dan untuk sukses. Kami melakukan ini hari ini bersama-sama."


Tampil Baik

Manchester City vs Chelsea
Raheem Sterling dari Manchester City gagal melewati kiper Chelsea Edouard Mendy pada pertandingan final Liga Champions di Stadion Dragao di Porto, Portugal, Sabtu, 29 Mei 2021. (AP Photo / Manu Fernandez , Pool)

Mendy sendiri sebenarnya memulai pertandingan dan bermain dengan baik, dengan membuat empat penyelamatan. Namun, dia akhirnya ditarik keluar satu menit sebelum perpanjangan waktu selesai.

Pertaruhan itu membuahkan hasil saat Kepa menyelamatkan upaya dari Aissa Mandi dan Raul Albiol, memberi the Blues kemenangan Piala Super kedua mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya