Terens Owang Puhiri, Pemain Baru Timnas Indonesia yang Pernah Mendunia Lewat Kecepatan Berlari di Lapangan

Terens Owang Puhiri merupakan seorang yang berjasa pada saat Indonesia VS Timor Leste

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Feb 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2022, 12:30 WIB
Terens Owang Puhiri, PBFC, TSC2016
Terens Owang Puhiri, PBFC, (13/12/2015). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Liputan6.com, Jakarta Nama Terens Owang Puhiri mencuri perhatian dalam laga uji coba timnas Indonesia melawan Timor Leste yang berlangsung Minggu (30/1/2022). Dia merupakan satu dari trio pemain Papua, yang berhasil menjebol gawang lawan pada pertandingan yang berhasil dimenangkan Indonesia dengan skor 3-0 itu. 

Terens mencetak gol pada menit ke-14 memanfaatkan umpan dari Ricky Kambuaya. Ramai Rumakiek yang juga berasal dari Papua kemudian menggandakan keunggulan timnas Indonesia pada menit ke-41 disusul gol dari Ricky Kambuaya melalui aksi individu yang dilanjutkan tembakan teruruk pada menit ke-72.

 

Terens sebenarnya bukan wajah baru bagi sepak bola Indonesia. Pemain kelahiran Jayapura, 13 Oktober 1996 itu sudah cukup lama menghiasi wajah sepak bola Tanah Air. Bermain di posisi sayap, pemain yang pernah bermain di klub Thailand itu dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan luar biasa. 

Empat tahun lalu, kecepatan Terens bahkan sempat mendunia saat dia mencetak gol ke gawang Mitra Kukar pada lanjutan Liga 1, 23 Oktober 2017. Saat itu, Terens masih memperkuat klub Borneo FC. 

Saat itu, Terens melakukan solo run dengan kecepatan spektakuler dari daerah pertahanan sendiri sebelum akhirnya berhasil memperdayai kiper Naga Mekes. (Ikuti beritanya di sini). Aksi ini mendapat sorotan dari media-media luar yang takjub dengan kecepatan berlari Terens pada laga tersebut. 

Bahkan media Inggris, DailyMail, menduga Terens lebih cepat dari pemain Manchester City, Leroy Sane, yang tercepat di Liga Inggris. Sane diketahui punya kecepatan lari hingga 35,48 km per jam (22.05 mph)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Bermain di Liga Thailand

FOTO: Persib Bandung Ditahan Imbang Borneo FC di Liga 1
Gelandang Borneo FC Terens Owang Puhiri (kanan) berusaha melewati pemain Persib Bandung saat laga pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (23/9/2021). Laga berakhir dengan skor 0-0. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Terens kemudian meninggalkan Borneo FC dan dipinjamkan ke klub Thailand, Port FC pada tahun 2018.

Terens menjalani debut bersama Port FC pada turnamen pramusim bernama Leo Cup 2018 lalu. Pada laga tersebut, Terens unjuk kebolehan mengelabui pemain lawan dan kecepatannya dalam mengejar bola. 

Namun kariernya di Negeri Gajah Putih tidak terlalu menjanjikan dan lebih banyak ditempatkan di bangku cadangan. Sebelum akhirnya kembali ke Borneo FC, Terens hanya bermain sebanyak 11 kali saja. 

Saat ini, Terens menjadi andalan Borneo FC di ajang BRI Liga 1 2021/2022. Sepanjang memperkuat Borneo FC sejak 2015 lalu, Terens sudah tampil sebanyak 119 kali dan mencetak 23 gol. 


Dipanggil ke Timnas Indonesia

Penampilannya yang konsisten bersama Borneo FC kemudian mengantarnya ke timnas Indonesia. Pelatih Timnas, Shin Tae-yong tergoda untuk melihat kemampuannya hingga memanggilnya untuk memperkuat timnas Indonesia saat menghadapi Timor Leste pada FIFA Matchday, yang berlangsung  2 kali pekan lalu.

Ini merupakan kali pertama Terens merasakan atmosfer pertandingan bersama timnas di level senior. Sebelumnya, pengalaman Terens memperkuat Merah Putih hanya di level U-16 dan U-18 saja. 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya