Utamakan Keselamatan, IBL Buka Opsi Dengan Format Gelembung Terpusat

Melihat penyebaran Covid-19 di Bandung, IBL membuka opsi untuk melanjutkan kompetisi dengan format gelembung (bubble).

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Feb 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2022, 08:00 WIB
Foto: Comeback di Kuarter keempat, Pelita Jaya Pecundangi West Bandits Solo untuk Sapu Bersih Kemenangan di 4 Laga Awal IBL 2022
Sempat tertinggal dari West Bandits Solo hingga kuarter ketiga, Pelita Jaya berhasil comeback di kuarter keempat dan jadi pemenang di akhir laga dengan skor 87-81. Kemenangan tersebut merupakan yang keempat alias sapu bersih di 4 laga awal seri I IBL 2022. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - IBL Tokopedia 2022 membuka opsi untuk melanjutkan kompetisi dengan format gelembung terpusat. Langkah ini menyusul penghentian sementara Seri 2 IBL di Bandung karena banyaknya kasus positif Covid-19. 

Kompetisi IBL sudah pernah menerapkan sistem gelembung total pada musim 2021. Tahun lalu kompetisi ini digelar pada dua tempat, yaitu Robinson Cisarua Resort, Bogor, untuk lokasi pelaksanaan musim reguler dan Britama Arena Mahaka Square untuk babak play-off.

“Musim IBL Tokopedia 2022 masih panjang dan bagaimana kita tetap harus upaya serta selalu optimis untuk kembali memulai dan menyelesaikan musim,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah yang dikutip Liputan6.com pada laman resmi IBL. 

"Format bubble (gelembung) terpusat seperti yang pernah IBL lakukan sebelumnya menjadi opsi, terutama di tengah kembali ketidakpastian situasi Covid-19 belakangan ini," tambah Junas. 

Sejauh ini IBL telah menyiapkan beberapa opsi tempat untuk pelaksanaan pertandingan dengan konsep gelembung. Namun, liga yang direncanakan kembali bergulir awal Maret ini memberikan waktu kepada setiap tim yang pemainnya positif Covid-19 untuk pulih dan bergabung dengan tim. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fokus Kepada Kesehatan dan Keselamatan

Amartha Hangtuah Jakarta Vs Indonesia Patriots
Pemain Amartha Hangtuah Jakarta, Anton Davon Waters Sr. (kanan) berebut bola dengan pemain Indonesia Patriots, Julian Alexandre Chalias saat laga lanjutan Seri 1 IBL 2022 di Hall Basket GBK, Senayan, Kamis (20/01/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di sisi lain, manajemen IBL juga terus melakukan pemantauan kepada para atlet dan personil yang terpapar agar semua bisa kembali sehat. 

“Dari pantauan harian terhadap perkembangan Covid-19 baik di lingkungan IBL dan juga di luar, manajemen IBL melakukan pertemuan dengan para klub dan memutuskan untuk lebih fokus kepada keselamatan saat ini dan bagaimana formula terbaik untuk kelanjutan musim” kata Junas Miradiarsyah. 


Seri 2 Tertunda

IBL Tokopedia 2022 menunda seluruh pertandingan di Seri 2 yang dijadwalkan bergulir 3-5 Februari 2022 karena ditemukan kasus positif Covid-19. Langkah ini diambil sebagai upaya mitigasi agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19 di kompetisi basket terbesar Tanah Air.  

 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya