MU Pilih Erik Ten Hag sebagai Manajer Baru, Ini Alasannya

Erik ten Hag sudah mengesankan dewan klub dengan visi dan motivasi jangka panjangnya untuk MU selama proses wawancara.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 22 Apr 2022, 00:05 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2022, 00:05 WIB
Erik ten Hag
Erik ten Hag telah menandatangani kontrak tiga tahun sebagai manajer baru Manchester United atau MU. (AFP / Gabriel Bouys)

Liputan6.com, Manchester - Erik ten Hag akhirnya dipilih sebagai manajer baru Manchester United. Pelatih asal Belanda tersebut mengalahkan sejumlah kandidat lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, MU punya sejumlah kandidat untuk posisi manajer di Old Trafford. Mauricio Pochettino dari Paris Saint-Germain adalah salah satunya.

Kemudian ada Manajer Chelsea Thomas Tuchel, Julen Lopetegui dari Sevilla, dan pelatih timnas Spanyol Luis Enrique. Untuk Enrique, dia menolak meninggalkan timnas Spanyol sampai setelah Piala Dunia 2022.

Mengutip Ace Football, Kamis (21/4/2021) Setan Merah juga pernah mewawancarai Lopetegui dan Pochettino. Sementara Tuchel, kedua belas tidak pernah berkomunikasi.

Selama beberapa minggu terakhir, Ten Hag telah menjadi favorit sebagai suksesor Ole Gunnar Solskjaer. Dia telah membuat dewan klub terkesan dengan visi dan motivasi jangka panjangnya selama proses wawancara.

"Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa," kata direktur sepak bola Manchester United John Murtough.

"Terkenal karena timnya yang atraktif, sepak bola menyerang, dan komitmen terhadap pemain muda."

"Dalam percakapan kami dengan Erik menjelang penunjukan ini, kami sangat terkesan dengan visi jangka panjangnya untuk mengembalikan Manchester United ke level yang kami inginkan untuk bersaing, dan dorongan serta tekadnya mencapai itu," ucap Murtough melanjutkan.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Erik karena dia fokus untuk mencapai akhir musim yang sukses di Ajax dan berharap dapat menyambutnya di Manchester United musim panas ini."

 

Simak klasemen Liga Inggris di halaman berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komentar Erik ten Hag

Foto: Berkat Polesan Erik ten Hag, 5 Pemain Ajax yang Bersinar pada Musim Ini
Pelatih Ajax Erik ten Hag resmi menjadi manajer Manchester United atau MU mulai musim panas 2022. (AFP/ANP/Remko De Waal)

Erik ten Hag sudah menandatangani kontrak tiga tahun sebagai manajer Manchester United hingga Juni 2025. Dia menjadi suksesor Ole Gunnar Solskjaer mulai musim panas 2022.

Kesepakatan MU dengan Ten Hag juga mencakup opsi untuk memperpanjang satu tahun lagi. Juru strategi asal Belanda itu secara resmi mengambil peran tersebut di akhir musim.

Man Utd bakal membayar klausul rilis 2 juta euro atau sekitar Rp 31,2 miliar dalam kontrak Ten Hag di Ajax. Ajax dikabarkan telah mengizinkan pelatih berusia 52 tahun itu untuk memutuskan transfer bersama klub.

"Merupakan kehormatan besar untuk ditunjuk sebagai manajer Manchester United dan saya sangat senang dengan tantangan di depan," kata Ten Hag kepada situs Manchester United.

"Saya tahu sejarah klub hebat ini dan semangat para penggemar. Dan saya benar-benar bertekad untuk mengembangkan tim yang mampu memberikan kesuksesan yang pantas mereka dapatkan."

"Akan sulit untuk meninggalkan Ajax setelah tahun-tahun yang luar biasa ini, dan saya dapat meyakinkan para penggemar kami tentang komitmen penuh saya serta fokus untuk membawa musim ini ke akhir yang sukses sebelum saya pindah ke Manchester United," ucap Ten Hag menambahkan.


Bangun skuad

Latihan Ajax Jelang vs Benfica di Liga Champions
Erik ten Hag resmi menjadi suksesor Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United atau MU mulai musim panas 2022. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Keputusan Manchester United menunjuk Erik ten Hag tidak main-main. Setidaknya juara Liga Inggris 20 kali itu telah menyiapkan anggaran sebesar 200 juta pound atau sekitar Rp 3,74 triliun untuk sang manajer baru.

Dana tersebut untuk belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini. Dengan demikian, Ten Hag dapat memperkuat skuad Setan Merah.

Daily Mirror mengklaim jika Eric Bailly, Phil Jones, Alex Telles, Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Aaron Wan-Bissaka bisa dijual musim ini. Penjualan mereka akan membebaskan Setan Merah dari beban gaji.

Pemain lain yang juga akan meninggalkan Old Traffrod ialah Paul Pogba, Jesse Lingard, Edinson Cavani, Juan Mata, Nemanja Matic, dan Lee Grant. Mereka akan pergi ketika kontraknya berakhir pada Juni mendatang.

Ten Hag dikabarkan diyakini sudah memiliki daftar pemain yang akan dibawanya ke Old Trafford. Mereka di antaranya Anthony dan Jurrien Timber, anak asuhnya di Ajax.


Peringkat

ilustrasi liga inggris
ilustrasi liga inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya