Jadi Pemain Gratisan, Paul Pogba Segera Pulang ke Juventus

Kepergian Paul Pogba dari Manchester United membuat Juventus ketiban untung. Sang raksasa Serie A kini bisa mendatangkan eks pemain bintangnya secara gratis pada musim panas.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 24 Jun 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2022, 18:30 WIB
Foto: Barisan 11 Pemain Mahal yang Pernah Didatangkan Klub Top Eropa dengan nilai Transfer di atas 100 Juta euro
Paul Pogba. Gelandang asal Prancis berusia 29 tahun ini didatangkan Manchester United dari Juventus pada awal musim 2016/2017 dengan nilai transfer mencapai 105 juta euro. Akhir musim 2021/2022 Paul Pogba tidak memperpanjang kontraknya bersama Manchester United dan pergi secara gratis. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Juventus makin mengukuhkan posisinya sebagai raja transfer gratisan. Sang raksasa Serie A kembali mendaptkan jasa pemain papan atas, tanpa mengeluarkan biaya transfer sepeser pun.

Dilansir dari Mirror Juventus kabarnya telah berhasil mengamankan tanda tangan eks bintang Manchester United (MU) Paul Pogba. Pemain internasional Prancis itu hengkang dari Old Trafford usai menghabiskan masa kontraknya bersama Setan Merah.

Perekrutan Paul Pogba membawa keuntungan tersendiri bagi Si Nyonya Tua. Skuad asuhan Massimiliano Allegri bakal diperkuat oleh gelandang top dunia secara gratis. Padahal, Juventus pernah menjual Pogba dengan harga mahal pada 2016.

Laporan menyebut kontrak Juventus dan Paul Pogba akan ditandatangani usai sang pemain kembali dari liburan musim panas. Kesepakatan antara kedua belah pihak rencananya bakal diumumkan secara resmi dalam dua minggu ke depan.

Paul Pogba sejatinya sudah bolak-balik berkarier di Juventus dan Manchester United. Ia pertama kali menginjakkan kaki di Turin setelah berpisah dengan Setan Merah pada 2012.

Empat tahun berseragam Juventus, Pogba dipulangkan ke Old Trafford melalui kesepakatan senilai 90 juta poundsterling pada 2016. Pesepak bola berusia 29 tahun tersebut diyakini bisa membantu MU mengembalikan kejayaannya.

Akan tetapi, masa kontrak Paul Pogba berakhir pada penghujung Juni. Pihak klub memilih untuk tak memperpanjang masa kerja pemain bintangnya. Pogba pun dikabarkan kembali berlabuh di markas Juventus sebagai free agent.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pogba di MU

Foto: 5 Pemain yang Dibeli Manchester United dengan Harga Terlalu Mahal, Tampil Angin- Anginan dan Sering Blunder
Paul Pogba - Manchester United harus merogoh kocek dalam untuk memulangkan mantan pemainnya ini dari Juventus yang kala itu bernilai 90 juta oounds. Namun, sekembalinya ke Old Trafford, Pogba tak pernah benar-benar mampu mengeluarkan penampilan terbaiknya. (AFP/Paul Ellis)

Paul Pogba memiliki catatan tak terlalu buruk selama membela MU. Pemain yang ikut membantu Prancis memenangkan trofi Piala Dunia 2018 itu tampil dalam 233 pertandingan di semua kompetisi, serta memberi kontribusi 39 gol dan 51 assist untuk Setan Merah.

Pogba juga sukses mempersembahkan gelar Liga Europa dan Piala Liga Inggris bagi klubnya. Namun, keberadaan Paul Pogba rupanya menimbulkan perdebatan di kalangan pengamat.

Sejumlah pihak menilai Manchester United gagal memaksimalkan bakat sang pemain. Pasalnya, pihak klub meletakkan Pogba di antara pemain tambahan yang sama-sama berpotensi.

Sementara itu, pandangan lain menyebut Paul Pogba merupakan sosok pemain yang gagal mencapai puncak performa bersama Setan Merah selama berkarier di Liga Inggris.


Ajang Pembuktian

MU Ditahan Imbang Watford Tanpa Gol
Gelandang Manchester United, Paul Pogba membawa bola dari kawalan pemain Watford, Hassane Kamara pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di di Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu (26/2/2022). MU bermain imbang dengan Watford 0-0. (AP Photo/Rui Vieira)

Melansir laporan Mirror, prestasi Paul Pogba bersama Manchester United memang sedikit di bawah ekspektasi. Legenda MU Roy Keane pun tak ragu menkritik sang pemain dengan menyebut deretan trofi yang belum ia menangkan di Setan Merah.

“Saya pikir, ketika Manchester United mengontrak Paul Pogba, (tujuannya) bukan untuk bermain di Liga Europa atau memenangkan Piala Liga,” ujar Keane, dikutip dari Mirror.

Akan tetapi, kepindahan ke Serie A bisa menjadi ajang pembuktian bagi Paul Pogba. Pemain asal Prancis itu punya kesempatan untuk menunjukkan bahwa Manchester United patut menyesal karena tak memberinya kontrak baru.

“Pikiran saya adalah untuk menunjukkan kepada Manchester United bahwa mereka melakukan kesalahan dengan tak kunjung menawarkan saya kontrak (baru),” ujar Pogba dalam film dokumenternya yang berjudul The Pogumentary, seperti dilansir dari Mirror.


Pengganti Pogba

​Frenkie de Jong - Barcelona - Manchester United - MU
Gelandang Barcelona ​Frenkie de Jong merupakan salah satu target utama Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2022. (Pau BARRENA / AFP)

Di sisi lain, MU harus fokus menemukan pengganti Paul Pogba. Klub yang finis di peringkat enam klasemen Liga Inggris musim lalu itu semula berniat menyewa jasa Frenkie de Jong. Namun, Setan Merah harus melalui jalan terjal untuk mendatangkan sang pemain.

Gelandang Barcelona konon lebih memprioritaskan klub yang berlompetisi di Liga Champions. De Jong juga sebelumnya pernah menegaskan keinginan untuk bertahan di Camp Nou, ketimbang pindah ke Old Trafford.

“Saya cukup percaya diri (bahwa saya bisa sukses di Barcelona). Saya tidak takut. Saya senang bekerja dengan Ten Hag di Ajax. Akan tetapi, saya lebih suka tinggal di Barcelona,” ujar pesepak bola berusia 25 tahun tersebut.

“(Barcelona) selalu menjadi klub impian saya sampai sekarang. Selama saya tidak mendengar kabar apapun dari manajemen klub, saya berasumsi tidak ada hal yang terjadi,” katanya lagi, seperti dilansir dari Metro pada awal bulan ini.


Alternatif

MU diklaim mulai menyiapkan nama alternatif kalau-kalau pihaknya gagal memboyong Frenkie de Jong. Correio da Manha melaporkan Erik ten Hag kini melirik pemain FC Porto Fabio Vieira. Pemuda berusia 22 tahun itu tampil luar biasa sepanjang musim 2021/2022.

Ia diketahui mampu mencatatkan tujuh gol dan 16 assists dalam 39 penampilan di berbagai kompetisi. Harga Vieira pun jauh lebih murah dibanding De Jong. Meski masih terikat kontrak tiga tahun, klausul pelepasan Vieira di Porto kabarnya hanya mencapai 12,7 juta poundsterling.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya