5 Kiper Terhebat yang Bawa Negaranya Juara Piala Dunia, Ada yang Main hingga 44 Tahun

Kiper hebat lebih dari sekadar menjaga gawang, melainkan mampu membaca permainan dengan sangat baik. Nah, siapa saja lima kiper terhebat di dunia yang pernah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia? Berikut daftarnya:

oleh Muhammad Yanto diperbarui 29 Jun 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2022, 11:00 WIB
Foto Piala Eropa: 5 Pemain Tertua Timnas Italia Sepanjang Sejarah Euro, Termasuk Gianluigi Buffon dan Dino Zoff
Dino Zoff. Kiper legendaris Italia ini berusia 38 tahun, 3 bulan dan 24 hari saat menghadapi Republik Ceko di Euro 1980, 21 Juni 1980. Ia memutuskan pensiun pada tahun 1983 dan telah mencatatkan 112 caps bersama Timnas Italia sepanjang kariernya. (FIFA.com)

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember. Sebanyak 32 tim sudah siap bersaing demi meraih gelar juara paling bergengs ini.

Piala Dunia 2022 Qatar merupakan turnamen edisi ke-22. Sejak awal turnamen ini digelar, ada banyak kiper atau penjaga gawang yang luar biasa.

Mereka dipuja karena penyelamatan, kelincahan dan refleks yang baik. Selain itu juga karena ketenangan di bawah tekanan, dan keterampilan kepemimpinan mereka.

Penjaga gawang adalah salah satu posisi paling penting dalam sepak bola dan merupakan satu-satunya posisi yang dibutuhkan dalam sebuah tim.

Tugas utama penjaga gawang adalah mencegah tim lawan mencetak gol - menendang, menangkap, menyundul, meninju, dan bahkan menghentikan jalannya bola menuju gawang.

Namun, kiper hebat lebih dari sekadar menjaga gawang, melainkan mampu membaca permainan dengan sangat baik.

Nah, siapa saja lima kiper terhebat di dunia yang pernah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia? Berikut daftarnya:

1. Gordon Banks

Gordon Banks dipuja sebagai kiper terbaik yang pernah bermain untuk Inggris. Selama 20 tahun karirnya, ia dianugerahi Penghargaan Kiper Terbaik FIFA sebanyak enam kali, berturut-turut.

Dia juga diberikan berbagai penghargaan 'legendaris' lainnya, termasuk Bintang Kekaisaran Britania Raya (OBE).

Banks adalah anggota penting dari tim Inggris yang memenangkan Piala Dunia 1966. Dia mencatatkan clean sheet di semua pertandingan, kecuali semifinal melawan Portugal dan final melawan Jerman Barat

Banks dikenal karena penyelamatan akrobatiknya dan kemampuannya yang luar biasa untuk menahan bola agar tidak melewati garis gawang.

Penyelamatan Banks yang paling terkenal, terjadi pada putaran final Piala Dunia 1970 di Meksiko. Dia mampu menggagalkan sundulan yang tampaknya tak terbendung dan kuat oleh pemain legendaris Brasil, Pele.

Banks melompat dengan kekuatan dan kelincahan yang luar biasa untuk meregangkan ujung jarinya, kemudiam menjentikkan bola dan merubah arahnya ke atas mistar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sepp Maier

Sepp Maier
Kiper legendaris Jerman dan Bayern Munchen Sepp Maier. (AFP)

Sepp Meir dianggap sebagai salah satu kiper hebat dunia yang membuktikan kemampuan, dan konsistensinya, selama bertahun-tahun sebagai pemain internasional Jerman dan Bayern Munich.

Meir adalah penjaga gawang Bayern Munich selama lebih dari 18 tahun,. Dia mencatatkan lebih dari 500 penampilan yang menjadi bukti keandalannya dalam menjaga gawang.

Dia juga memainkan rekor 422 pertandingan Bundesliga berturut-turut, yang tetap menjadi rekor hingga hari ini.

Meir diberi julukan 'Si Kucing' karena kelincahan, fleksibilitas, refleks cepat. Prestasinya adalah terpilih sebagai yang terbaik di empat Piala Dunia berturut-turut ('66, '70, '74 dan '78).

Pada Piala Dunia ada tahun 1974, dia tampil gemilang untuk membawa Jerman Barat juara di kandangnya sendiri, Munich.

Selama Piala Dunia 1974, tim Jerman Barat hanya kebobolan tiga gol - dua di babak penyisihan grup dan satu di final melawan Belanda.


3. Dino Zoff

Pesepak Bola Tua
Kiper asal Italia, Dino Zoff, merupakan pesepak bola tertua yang berhasil meraih gelar Piala Dunia pada usia 40 tahun. Kapten Azzurri yang tampil memukau pada Piala Dunia 1982 itu berhasil meraih 112 caps bersama Italia. (AFP/Robert Delvac)

Zoff adalah kapten tertua yang mengangkat trofi Piala Dunia. Dia melakukannya saat berusia 40 tahun.

Zoff mempertahankan karir internasional selama lebih dari 15 tahun, menghasilkan 112 caps dan tampil pada empat edisi Piala Dunia ('70, '74, '78 dan '82).

Zoff berhasil membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1982. Penampilan Zoff saat itu membuat ia mendapatkan penghargaan Kiper Terbaik di Piala Dunia

Dalam kariernya, Zoff terkenal karena rekornya di tahun 70-an. Dia mencatatkan rekor kebobolan paling sedikit dalam satu musim Serie A, dan waktu bermain terlama tanpa kebobolan.


4. Gianluigi Buffon

Foto: Deretan Pemain yang Kembali ke Pelukan Si Nyonya Besar
Kiper legendaris ini sudah membela Juventus sejak 2001 silam. Namun di sela-sela perjalanan kariernya Gianluigi Buffon sempat singgah ke klub lain yakni PSG. Sayangnya, kiprahnya tak bertahan lama yakni hanya semusim saja sebelum akhirnya ia memutuskan kembali ke Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

Gianluigi Buffon memainkan sebagian besar karir klubnya di tim Juventus. Faktanya, Buffon memenangkan lebih dari dua puluh trofi dan memecahkan rekor 974 menit berturut-turut tanpa kebobolan untuk tim Juventus(mengalahkan rekor lama Dino Zoff).

Buffon mendapatkan caps pertamanya untuk tim nasional Italia pada usia di bawah 20 tahun sebagai pengganti rekan setimnya dan kiper Nomor 1, Gianluca Pagliuca.

Rekor internasionalnya sama mengesankannya. Dia meninggalkan rekor sebagai pemain yang paling sering tampil bagi tim berjuluk Gli Azzuri tersebut. Sejak debutnya pada 1997, Buffon tampil 175 kali bagi timnas Italia.

Puncak penampilannya adalah Final Piala Dunia 2006 di mana Italia mengalahkan tim Prancis di partai final. Kontribusi Buffon untuk kemenangan Italia adalah penyelamatan fantastis dengan menghalau sundulan Zinadene Zidan di perpanjangan waktu.

Buffon yang saat ini berusia 44 tahun belum memutuskan pensiun. Padahal, rekan-rekan seusiaya sudah banyak yang menjadi pelatih. Buffon saat ini bermain di Serie B untuk memperkuat Parma.


Iker Casillas

Foto: Deretan 5 Kiper dengan Jumlah Clean Sheet Terbanyak di Abad ke-21, Gianluigi Buffon Teratas
Iker Casillas. Kiper asal Spanyol yang hanya memperkuat dua klub sepanjang kariernya, Real Madrid dan FC Porto ini telah memutuskan pensiun di FC Porto pada Agustus 2020. Ditambah saat membela Timnas Spanyol, ia mampu mencetak 440 clean sheet dari total 1049 laga. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Banner Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021
Banner Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya